Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
11 Maret 2021

3 Doa Keselamatan Agar Dijauhkan dari Mara Bahaya, Yuk Baca Moms!

Ketahui juga waktu terbaik untuk membacanya agar doa dikabulkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Shalat adalah ibadah yang menghubungkan antara Allah SWT dan umat-Nya. Selain sebagai kewajiban karena termasuk ke dalam rukun Islam, shalat juga menjadi sarana memanjatkan doa karena berisi bacaan-bacaan yang berisi harapan dan pujian. Salah satunya doa keselamatan.

Selain lewat shalat, umat Islam bisa memanjatkan doa kapan pun dan di mana pun. Apalagi sebagai makhluk yang lemah, manusia harus meminta pertolongan kepada Allah SWT salah satunya melalui doa meminta keselamatan baik di dunia maupun akhirat.

Keutamaan membacakan doa meminta keselamatan ini adalah agar orang-orang sadar bahwa doa juga bisa menjadi senjata saat tengah berada dalam kesulitan, atau justru meminta dihindarkan dari hal-hal yang akan menyengsarakan dan mengancam keselamatan diri.

Baca Juga: Doa Berbuka Puasa dan Maknanya, Yuk Ajarkan pada Si Kecil!

Doa Keselamatan

3 Doa Keselamatan -1

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa jenis doa keselamatan, tapi semua doa tersebut mengandung makna yang sama yakni meminta perlindungan kepada Allah SWT dari segala keburukan baik di dunia maupun di akhirat. Beberapa doa keselamatan tersebut yakni:

1. Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat

Doa ini dibacakan agar dilindungi oleh Allah SWT selama di dunia, dan mendapatkan keselamatan di akhirat yaitu dijauhkan dari siksaan api neraka.

“Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut. Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”

“Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada hari penghisaban.”

Doa keselamatan dunia akhirat lainnya adalah berdasarkan sabda dari Nabi Muhammad SAW: “Allaahumma Antas Salaam, Wa Minkas Salaam, Tabaaròkta Dzal Jalaali Wal Ikròòm.”

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah Tuhan yang memberi keselamatan. Dari keselamatan. Maha Suci Allah, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.” (HR Muslim).

Ada juga doa meminta keselamatan dari siksa neraka yang juga sering disebut dengan doa sapu jagat. Doa ini juga sering diucapkan oleh Rasullullah SAW. Yakni: “Ròbbanaa Aatinaa Fid Dunyaa Hasanah, Wa Fil Aakhiròti Hasanah, Wa Qinaa ‘Adzaaban Naar.”

Artinya: “Ya Rabb kami, limpahkanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa neraka.”

Nabi Luth AS juga memberikan contoh doa keselamatan untuk mendapatkan perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT. Dan doa ini terdapat dalam Alquran surat Asy Syu’ara ayat 169.

“Ròbbi Najjinii Wa Ahlii Mimmaa Ya’maluun.” artinya: “Ya Tuhanku,selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan.”

2. Doa Meminta Keselamatan dari Tipu Daya Orang Kafir

Orang kafir sejak lama berusaha untuk mengajak orang muslim ke jalan yang sesat. Berbagai cara dilakukan agar umat muslim mengerjakan perbuatan yang dilarang oleh Allah. Membaca doa keselamatan ini diharapkan agar selalu dilindungi oleh Allah SWT.

“Ròbbanaa Laa Taj’alnaa Fitnatal Lil Qòumidh Dhòòlimiin Wa Najjinaa Biròhmatika Minal Qòumil Kaafiriin." artinya: “Ya Tuhan kami, Jangan jadikan kami sasaran fitnah dan jauhkanlah kami dari sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari tipu daya orang-orang yang kafir,” (QS Yunus: 85-86).

3. Doa Minta Keselamatan dari Orang dan Penguasa yang Dzalim

Doa ini merupakan doa yang dipanjatkan oleh Nabi Musa AS yang tertera dalam Alquran agar dijauhkan dari orang-orang yang dzalim. “Ròbbi Najjinii Minal Qòumidh Dhòlimiin.” artinya: “Ya Tuhanku, selamatkanlah dan lindungilah aku dari orang-orang yang dzalim itu.” (QS At Tahrim: 11).

Selain orang-orang, ada juga penguasa yang dzalim kepada masyarakatnya. Doa meminta keselatan ini bisa dipanjatkan saat merasakan adanya ketidakberesan yang dirasakan dari hasil keputusan penguasa yang dzalim. Doa ini dipanjatkan oleh istri Firaun untuk mendapat perlindungan dari Firaun yang menjadi penguasa dzalim dan semena-mena kepada rakyatnya.

“Ròbbibni Lii ‘Indaka Baitan Fil Jannati Wa Najjinii Min Fir’auna Wa ‘Amalihi Wa Najjinii Minal Qòumidh Dhòlimiin.” artinya: “Wahai Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga, dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang Dzalim.” (QS At Tahrim: 11).

Baca Juga: 5 Doa untuk Bayi Baru Lahir, Yuk Amalkan!

Pentingnya Mengajarkan Doa Keselamatan Sejak Dini

3 Doa Keselamatan-2

Foto: Orami Photo Stock

Mengingat pentingnya doa bagi umat muslim, akan lebih baik lagi jika mulai mengenalkan berbagai doa-doa saat anak usia dini. Nantinya anak mengetahui bahwa doa adalah bentuk kepasrahan seorang hamba kepada tuhan-Nya dan juga terbiasa untuk memanjatkan doa.

Akan ada manfaat jika sudah mengenalkan dan mengajarkan doa kepada anak, misalnya:

  • Menjadi kebiasaan baik yang akan melekat hingga dewasa. Sebuah studi dari Brown University menyimpulkan bahwa rutinitas dan kebiasaan pada anak-anak tidak mungkin berubah setelah usia 9 tahun. Bagi kebanyakan anak, hal itu tetap konsisten sejak usia 9 tahun hingga akhir sekolah menengah.
  • Anak di usia dini memiliki pikiran yang masih sederhana, fresh, dan mudah mengingat suatu hal.
  • Anak memiliki kemampuan baik dalam menghafalkan banyak hal, sehingga sangat bagus jika mulai mengenalkan doa, termasuk doa minta keselamatan.
  • Memberikan ajaran tentang nilai-nilai keutamaan membaca doa juga bisa diserap serta diterima dengan baik oleh anak-anak, sehingga karakter baiknya akan terbentuk.
  • Membaca doa akan menghindarkan seseorang dari sifat sombong dan tidak berfikir bahwa mereka dapat mengatasi segala hal sendiri.

Baca Juga: Kumpulan Doa untuk Pengantin dan Maknanya, Hadiah Terindah untuk Mempelai

Waktu yang Tepat Membaca Doa Keselamatan

3 Doa Keselamatan-3

Foto: Orami Photo Stock

Sebenarnya, doa meminta keselamatan ini bisa dibacakan kapanpun dan di manapun. Tetapi, ada beberapa waktu diijabahnya doa. Waktu-waktu tersebut memiliki keistimewaan karena tidak semua orang senggang di saat itu.

Adapun waktu yang tepat untuk membaca doa keselamatan antara antara lain:

  • Setelah Adzan. Doa yang dipanjatkan setelah adzan sebaiknya dilafadzkan setelah membaca doa sesudah adzan. Memanjatkan doa saat ini besar kemungkinan akan dikabulkan.
  • Setelah Menunaikan Sholat 5 Waktu. Doa ini bisa dipanjatkan di akhir rangkaian setelah membaca dzikir agar selalu ingat dengn kebesaran dan lindungan Allah SWT.
  • Setelah Sholat Malam. Shalat tahaju biasanya dilakukan antara pukul 01:00 dini hari sampai sebelum masuknya waktu subuh. Waktu inisangat spesial karena pada umumnya orang-orang sedang terlelap saat itu, sehingga membutuhkan niat dan kuat saat melakukannya.
  • Malam Lailatul Qadar. Setiap umat muslim tentu mengetahui keistimewaan malam ini. Oleh karena itu, umat muslim berlomba-lomba memperoleh keistimewaan malam tersebut dengan beritikaf di masjid, berdzikir, dan sebagainya. Waktu ini juga bisa digunakan untuk memanjatkan doa keselamatan.

Inilah penjelasan terkait doa keselamatan yang bisa dipanjatkan agar senantiasa mendapatkan perlindungan Allah SWT.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait