Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
26 Februari 2021

Ini Doa Ketenangan Hati untuk Menghapus Kegelisahan, Yuk Panjatkan!

Biasakan membaca doa ketenangan hati ini agar terhindar dari kegusaran
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms sedang gelisah? Tidak ada salahnya coba panjatkan doa ketenangan hati di bawah ini.

Adalah sesuatu yang wajar jika seseorang merasakan kegelisahan dalam jiwanya. Merasa gusar, sedih hingga putus asa karena berbagai masalah yang menimpa tentunya bisa menimbulkan rasa stress jika tidak mendapatkan solusi dari permasalahannya tersebut.

Jika belum menemukan jalan keluar dari penyebab keresahan tersebut, ada baiknya untuk memanjatkan doa ketenangan hati kepada sang pemilik hati, Allah SWT. Sebab sebagai makhluk yang memiliki keterbatasan, hanya kepada Allah SWT umat Islam harus bergantung.

Doa dan dzikir adalah ibadah yang sangat mulia dan membuat hati menjadi lebih tenang. Sebab, hati yang tenang akan menentukan perilaku manusia. Semakin tenang diri seseorang, maka dia akan memiliki perilaku yang baik, menyenangkan, dan juga tidak gegabah dalam membuat keputusan.

Baca Juga: 4 Tips untuk Istri agar Suami Tenang Bekerja

Doa Ketenangan Hati

Doa Ketenangan Hati -1

Foto: Orami Photo Stock

Doa ketenangan hati adalah bacaan yang diamalkan seorang mukmin saat mengalami kegelisahan dalam jiwanya, baik dalam kondisi stres saat menghadapi masalah ekonomi, pekerjaan, kegagalan ataupun masalah lainnya.

Doa penenang hati ini sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT yang harus disertai dengan sikap tawadhu maupun kerendahan hati. Meminta ketenangan hati kepada pemilik hati dengan memasrahkan diri akan lebih baik hingga Allah SWT dapat memberi jawaban dari semua keresahan tersebut.

Berikut ini beberapa bacaan doa ketenangan hati yang dapat diamalkan:

1. Doa Ketenangan Hati

“Rabbanaa afrigh ‘alainaa shabran wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin,” artinya: “Ya Tuhan kami, limpahkanlah atas diri kami, serta teguhkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang kafir.” (QS Al-Baqarah: 250).

2. Doa Agar Hati Selalu Tenang

“Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dholaid daini, wa gholabatir rijali.” Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung pada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kemalasan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).”

3. Doa Ketenangan Hati yang Merasa Cukup

“Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika,” artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.” (HR Thabrani).

Baca Juga: Tenang Saja, Begini Caranya Tangani Krisis Identitas sebagai Ibu Baru

Amalan Penenang Hati

Doa Ketenangan Hati -2

Foto: Orami Photo Stock

Selain membaca doa ketenangan hati, seseorang yang sedang merasakan keresahan juga bisa menghilangkannya dengan menjalankan amanal penenang hati ini.

  • Bersabar. Dalam menghadapi masalah, usahakan untuk tetap sabar dalam menghadapinya, karena setiap masalah pasti memiliki jalan keluar. Sebagai penguat, Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.” (QS Al-Baqarah: 153).
  • Membaca dan mendengarkan Alquran. ini akan menjadi salah satu obat mustajab untuk mengatasi masalah penyakit hati. Membaca Alquran dengan baik, mendengarkannya dengan khusyuk, maka pikiran akan semakin tenang, lebih jernih, dan batin terasa lebih tentram.
  • Membaca surat Yasin. Ini juga menjadi amalan penenang hati, karena faedahnya adalah mendapatkan hati yang tenang. Usai membaca surat Yasin, dapat dianjurkan dengan membaca doa ketenangan hati agar perasaan gelisah dan keresahan hati dapat segera dihilangkan.
  • Mengerjakan shalat tahajud. Mendapat ketenangan hati tentunya akan didapatkan setelah melakukan amalan shaleh. Dalam kondisi hening, sunyi dan tenang, mengerjakan shalat tahajud akan membuat seseorang lebih khusuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam sebuah hadis, seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW: “Sholat manakah yang paling utama setelah shalat wajib?” Rasulullah menjawab: ”Shalat tahajud.” (HR Muslim).
  • Perbanyak istigfar dan dzikir. Keduanya menjadi amalan penenang hati, apalagi jika sering dilakukan. Terdapat dua amalan wirid dzikir yang dapat dilakukan agar hati menjadi tenang, pertama dzikir “Hasbunallah wa ni’mal wakiil”, dan kedua dzikir “la haula wala quwwata illa billah”. Allah SWT berfirman: “(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS Ar-Rad: 28).

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Trauma Melahirkan, Tenangkan Hati Moms

Hikmah Ketenangan Hati bagi Kesehatan

Doa Ketenangan Hati -3

Foto: Orami Photo Stock

Memiliki hati yang tenang dan dan pengelolaan stres yang baik selain bermanfaat untuk kesehatan mental, hal tersebut juga dapat menghindarkan diri dari masalah kesehatan yang berhubungan dengan stres, misalnya saja penyakit jantung, dikutip Health Harvard.

Salah satunya adalah dengan melakukan meditasi. Beberapa studi tentang manfaat mental dan fisik meditasi belum banyak dilakukan, akan tetapi ada beberapa penelitian yang dengan kuat menunjukkan bahwa latihan kuno yang menenangkan pikiran ini dapat membantu untuk:

1. Bermanfaat untuk Tekanan Darah

Menurut pernyataan dari American Heart Association yang diterbitkan dalam Hypertension mengatakan bahwa sebuah laporan yang mengumpulkan hasil dari sembilan studi, menemukan bahwa rata-rata, Meditasi Transendental menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 4,7 mm Hg dan tekanan darah diastolik sebesar 3,2 mm Hg, dibandingkan dengan pendekatan lain, yang mencakup pendidikan kesehatan, relaksasi, atau tanpa pengobatan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa meditasi dapat meningkatkan variabilitas detak jantung. Detak jantung yang sangat bervariasi adalah tanda jantung yang sehat, karena ini berarti jantung merespons dengan cepat lingkungan tubuh yang terus berubah.

2. Baik untuk Jantung

Meditasi juga dapat mengurangi reaksi stres tubuh ‘melawan atau lari’, yang menyebabkan detak jantung meningkat dan pembuluh darah menyempit karena keduanya akan membebani jantung. Meditasi juga membantu meredakan kecemasan, depresi, dan rasa sakit yang umum terjadi pada penderita penyakit jantung.

Meditasi mengaktifkan fungsi ‘istirahat dan cerna’ dalam tubuh seseorang. Mengintegrasikan latihan ke dalam rutinitas harian telah dikaitkan dengan penurunan detak jantung dan tekanan darah, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Bantu Atasi Stres

Menurut Penn's Program for Mindfulness, penelitian ekstensif telah menunjukkan bahwa pelatihan kesadaran meningkatkan mood dan kualitas hidup, meningkatkan memori kerja dan ketahanan terhadap gangguan, dan meningkatkan regulasi emosional.

Melakukan latihan meditasi harian dapat menurunkan aktivitas di dua wilayah otak ini, akibatnya dapat menenangkan pikiran, hati, dan emosi. Selain itu, seseorang yang rutin bermeditasi akan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, kecemasan yang berkurang, dan pandangan hidup yang lebih positif.

4. Mendapatkan Tubuh yang Sehat

Saat merasa panik, tertekan, atau kewalahan, semua fungsi yang dianggap ‘tidak penting’ oleh tubuh akan ditinggalkan untuk mengalihkan energi ke tempat lain. Sayangnya, tubuh tampaknya berpikir banyak fungsi penting yang dapat dibuang, seperti sistem kekebalan, pencernaan, reproduksi, dan pertumbuhan.

Oleh karena itu, meditasi dapat membantu menghentikan pesan yang salah ini. Dengan berlatih secara teratur, meditasi dapat menenangkan saraf dan membantu sistem tubuh berjalan sebagaimana mestinya, daripada beroperasi dalam mode pematian refleksif yang disebabkan oleh stress.

Beberapa manfaat kesehatan fisik dari meditasi seperti:

  • Peradangan yang menurun,
  • Peningkatan kekebalan tubuh,
  • Mengurangi gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS),
  • Meringankan gejala arthritis,
  • Peningkatan kesuburan,
  • Peningkatan fokus.

Saat memanjatkan doa ketenangan hati, mengerjakan amalan penenang hati maka bukan hanya bagian dalam diri yang lebih tenang, seluruh tubuh juga akan merasakan manfaatnya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait