Parenting Islami

24 Februari 2021

Rangkaian Ayat dan Doa Meminta Keturunan, Yuk Amalkan!

Salah satu doa meminta keturunan ini dicontohkan oleh nabi ibrahim
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Salah satu dari tujuan membangun rumah tangga adalah memiliki keturunan. Kehadiaran anak akan menjadi pelengkap kebahagiaan sebuah keluarga yang ideal. Keluarga tanpa anak akan merasakan sebuah kehampaan.

Secara medis, biasanya beberapa pasangan mungkin hamil pada bulan pertama saat mencoba, sekitar 75 persen akan hamil dalam enam bulan pertama setelah pernikahan, menurut British Medical Association. Pasangan yang tidak hamil setelah satu tahun mungkin membutuhkan bantuan medis.

Bagi pasangan suami istri yang sudah menikah dalam waktu cukup lama dan belum dikaruniai anak, maka bisa melakukan beberapa cara seperti memanjatkan doa meminta keturunan kepada Allah SWT. Berikut ini beberapa doa meminta keturunan yang bisa dipanjatkan agar segera diberi momongan.

Baca Juga: Apa Sajakah Persiapan untuk Program Hamil?

Doa Meminta Keturunan

Doa Meminta Keturunan -1

Foto: Orami Photo Stock

Sebenarnya, tidak terdapat doa meminta keturunan yang dikhususkan. Hanya saja, ada beberapa ayat dan keterangan yang bisa menjadi doa meminta keturunan, yakni:

  • “Ya Tuhan Kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Baqarah: 128).
  • “Ya Rabbku, ilhamkanlah padaku untuk bersyukur atas nikmatmu yang telah Engkau karuniakan padaku juga pada orang tuaku. Dan ilhamkanlah padaku untuk melakukan amal sholeh yang Engkau ridhoi dan perbaikilah keturunanku.” (QS Al Ahqof: 15).
  • Doa Nabi Ibrahim. Istri Nabi Ibrahim yakni Sarah merupakan perempuan mandul dan sudah memasuki usia lanjut. Nabi Ibrahim lalu memanjatkan doa pada Allah SWT supaya bisa diberikan keturunan anak sholeh dengan berkata: “Rabbi habliiminashshoolihin,”. Artinya: ”Ya Tuhanku, anugerahkan kepadaku seorang anak yang termasuk orang saleh.” (QS As-Shaffat: 100).
  • Doa Nabi Zakaria. Memasuki usia lanjut, Nabi Zakaria berpikir akan segera dijemput kematian dan dalam keadaan sedih karena tidak memiliki seorang anak. Nabi Zakaria kemudian berdoa: “Robbanahablana min azwajina wazurriyatina qurrata a’yunin waj’alana lilmuttaqina imaama.” Artinya, “YaTuhanku, anugerahkan kepada kami istri-istri kami besertaketurunan kami sebagai penyenang hati kami dan jadikanlah kami imam bagi orang yang bertakwa." (Al-Furqan: 74).

Baca Juga: Ini Doa Nabi Zakaria untuk Mendapatkan Keturunan, Yuk Amalkan!

  • “Rabbi laa tadzarnii fardan wa-anta khayrual waaritsiina,”. Artinya: “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku seorang diri tanpa keturunan dan Engkaulah ahli waris yang paling baik.” (QS Al Anbiya: 89).
  • “Rabbi hab lii min ladun kadzurriyyatan thayyibatan innaka samii’uddu’aa,”. Artinya: ”Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Mu seorang anak yang baik dan sesungguhnya Engkau maha mendengar Do’a.” QS Ali Imran: 38).
  • Dan istrinya berdiri lalu dia tersenyum, maka Kami sampaikan kepadanya kabar gembira tentang (kelahiran) Ishak dan setelah Ishak (akanlahir) Ya’qub. Dia (istrinya) berkata, “Sungguh ajaib, mungkinkah aku akan melahirkan anak padahal aku sudah tua, dan suamiku ini sudah sangat tua? Ini benar-benar sesuatu yang ajaib. Mereka (para malaikat) berkata, “Mengapa engkau merasa heran tentang kekuasaan Allah? (Itu adalah) rahmat dan berkah Allah, dicurahkan kepadakamu, wahai ahlulbait! Sesungguhnya Allah Maha Terpuj lagi Maha Pemurah.” (QS Hud: 71-73).
  • “Rabbi awzi’nii an asykurani’mataka allatiian’amta ‘alayyawa’alaa waalidayyawa-an a’mala shaalihan tardaahuwa-ashlih lii fiidzurriyyatii innii tubtuilaykawa-innii mina almuslimiina,”. Artinya, “YaTuhanku, tunjukanlah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku bisa berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai. Berilah kebaikan kepadaku dengan memberi kebaikan kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang orang yang berserah diri.” (QS Al Ahqaf: 15).

Baca Juga: Apa Sajakah Persiapan untuk Program Hamil?

Tips saat Menantikan Keturunan

Doa Meminta Keturunan -2

Foto: Orami Photo Stock

Tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan seseorang akan diberikan keturunan. Jika segala iktiar serta doa meminta keturunan telah dilakukan namun belum memiliki tanda-tanda kehamilan, bersabarlah. Ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat menantikan bayi.

1. Kuatkan Keyakinan

Kekuatan doa sebanding dengan kekuatan keyakinan. Karena itu, sebelum berdoa meminta keturunan, kuatkan dulu keyakinan tentang kekuasaan Allah terhadap isi doa yang diminta. Tanamkan keyakinan secara mendalam bahwa Allah yang mangatur semua keturunan manusia.

Allah berfirman: “Hanya milik Allah kerajaan langit dan bumi. Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki. Dia memberi anak perempuan kepada siapa saja yang Dia kehendaki, dan Dia memberi anak laki-laki kepada siapa saja yang Dia kehendaki.

Atau Dia memberi sepasang anak perempuan dan laki-laki. Dia juga yang menjadikan siapa saja yang Dia kehendaki sebagai orang mandul. Sesunguhnya Dia Maha Mengetahui dan MahaKuasa.” (QS As-Syura: 49 – 50).

2. Banyak Beristighfar

Mengiringi doa meminta keturunan dengan banyak beristighfar akan semakin memperkuat doa tersebut. Sebab, Allah SWT menjanjikan banyak hal bagi orang yang banyak istighfar, salah satunya adalah anak.

Ada seseorang yang mengadu kepada Imam Hasan al-Bashri yang merupakan ulama senior dari tabi’in karena lama tidak punya anak. Orang itu meminta tolong agar Hasan mendoakannya supaya punya anak. Hasan al-Bashri mengatakan, “Perbanyak istighfar, memohonampun kepada Allah.”

Setelah ditanya, mengapa beliau memberi saran untuk banyak istighfar. Beliau menjawab, ”Saya tidak menjawab dengan logikaku. Sesungguhnya Allah berfirman di surat Nuh (yang aritnya): “Istighfarlah kepada Rabb-mu karena sesungguhnya Dia Maha Pengampun… dst.” (Tafsir al-Qurtubi, 18:302)

Panjatkan doa meminta keturunan setiap hari, terutama di waktu-waktu mustajab agar bisa disegerakan memiliki momongan.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait