Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
25 Februari 2021

Cara dan Doa Meminta Rezeki dalam Islam, Yuk Panjatkan Moms!

Panjatkan doa meminta rezeki ini beserta amalannya agar lebih berkah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, rezeki tentu harus diusahakan. Namun, selain itu juga penting bagi Moms untuk memanjatkan doa meminta rezeki karena doa akan melengkapi ikhtiar yang Moms lakukan.

Rezeki yang halal adalah sesuatu yang dinginkan oleh umat Islam. Namun, rezeki tidak hanya identik dengan harga dan uang saja. Rezeki yang baik pun bisa berupa keluarga yang tentram, pasangan yang setia, anak-anak yang saleh, kesehatan yang terjaga, dan sebagainya.

Secara garis besar, rezeki adalah segala sesuatu yang bermanfaat dan bisa dimanfaatkan untuk kelangsungan kehidupan di dunia. Karena rezeki datangnya dari Allah SWT, maka jika menginginkan untuk mendapatkan rezeki yang halal, maka wajiblah memohon kepada-Nya.

Di dalam Islam, salah satu cara untuk melancarkan rezeki adalah dengan memanjatkan doa meminta rezeki kepada Allah SWT. Rezeki yang dibuka luas, dilancarkan, dan diberkahi tentunya akan membuat kehidupan dalam rumah tangga menjadi sakinah mawaddah warahmah.

Baca Juga: Mengakrabkan Si Kecil dengan Keluarga

Doa Meminta Rezeki

Doa Meminta Rezeki -1

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa cara memanjatkan doa meminta rezeki yang bisa dilakukan dan pernah dicontohkan oleh Rasulullah SAW, yakni:

  • “Alloohumma laa sahlaillaa maaja’altahusahlaa, wa anta taj’alul haznaidzaasyi’ tasahlaa.” Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”
  • “Al-hamdulillaahilladzii rozaqonii haadza min ghairi haulin minnii walaaquwwatin, alloohumma baarikfiihi.” Artinya: “Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rezeki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah semoga Engkau berkahi pada rezekiku.”
  • “Alloohummainnii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghairi ta’abin walama syaqqatin walaadloirin walaa nashabin innaka ‘a-laakullisyai-in qodiir.” Artinya: “Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.”
  • “A’uudzubilaahilalii minassaythoonirojim. Bismilaahirrohmaanirrohiim. Bismilaahitawakkaltualallah, walahaula walaquwwata illabilaahilaliyyiladziim. Insyaalla ahuminala aminiin.”
  • “Rabbana anzil ‘alaynaa maaidatam minas samaai takuunulanaa ‘iidan li awwalina waa akhirinaa wa aayatanmin kawarzuqnaa waantaakhayrurraaziqiin.” Arti: “Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami suatu hidangan dari langit [yang hari turunannya] akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu orang-orang yang bersama kami dan orang orang yang datang sesudah kami dan menjadi tanda kekuasaan-Mu dan berilah kami rezeki, Engkau adalah pemberi rezeki paling utama.” (QS Al-Maidah: 1-114)

Baca Juga: Meski Sudah Berkeluarga, Ini 5 Hal yang Tak Boleh Moms Lupakan Pada Orang Tua

Amalan Pembuka Pintu Rezeki

Doa Meminta Rezeki -2

Foto: Orami Photo Stock

Selain memanjatkan doa meminta rezeki, ada pula amalan-amalan yang bisa dilakukan sebagai pembuka pintu rezeki. Berikut beberapa di antaranya:

1. Bersyukur

Bersyukur juga merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan selain memanjatkan doa meminta rezeki. Karena dengan selalu bersyukur, maka Allah SWT berjanji akan senantiasa menambah rezeki-Nya. Allah berfirman: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim: 7)

Allah SWT telah mengatur rezeki untuk setiap mahluknya. Namun, rezeki tidak akan datang dengan sendirinya, kecuali berusaha untuk mendapatkannya. Doa meminta rezeki yang diiringi dengan usaha yang kuat dan bersyukur akan membuat rezeki yang datang semakin berkah.

2. Sholat Berjamaah

Sholat adalah tiangnya agama. Barang siapa umat muslim yang sholat wajibnya tidak pernah ditinggalkan dan selalu dilakukan dengan berjamaah, maka Allah akan memudahkannya dalam berbagai urusan.

Rasulullah SAW bersabda:“Sesungguhnya sholat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah sholat Isya dan sholat Shubuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, maka sungguh mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Membaca Istighfar

Bacaan istighfar adalah bacaan untuk memohon ampunan Allah atas dosa-dosa dan kesalahan yang telah dilakukan. Selain memanjatkan doa meminta rezeki, membaca istighfar merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk dilakukan kapan dan dimana saja sebagai cara membuka pintu rezeki.

Salah satu istrighfar yang bisa dibacakan sesuai dengan contoh Rasulullah SAW adalah: ”Astaghfirullôhal ‘azhîm alla dzîlâilâha illâ huwalhayyulqoyyûm waatûbuilaih.”

Artinya: “Aku mohon ampunan Allah, Dzat yang tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri sendiri, dan aku bertobat kepada-Nya’, sebanyak tiga kali. Maka, Allah SWT mengampuni dosa-dosanya walaupun ia seumpama busa lautan, walaupunia (seperti) pasir yang bertumpuk- tumpuk, dan walaupun ia (seperti) bilangan hari-hari dunia.” (HR Ahmad dan Tirmidzi).

Baca Juga: Mengapa Kebiasaan Makan Malam Bersama Keluarga Penting untuk Anak?

4. Perbanyak Sedekah

Semakin banyak bersedekah, maka rezeki dari Allah akan semakin dimudahkan. Bersedekah bukan hanya dengan harta atau uang, tapi bisa juga dengan tenaga atau ilmu. Dalam hal ini yang paling penting adalah usaha dalam meringankan beban orang lain.

Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah engkau menyimpan harta (tanpa mensedekahkannya). Jika tidak, maka Allah akan menahan rezeki untukmu.”

5. Mendoakan Orang Tua

Orang tua adalah orang yang sangat berjasa kepada diri. Selain itu, ridha Allah SWT berasal dari ridha orang tua. Dengan berbakti dan selalu mendoakan kedua orang tua, maka ridha Allah SWT senantiasa merahmati dan semakin memperkuat saat berdoa meminta rezeki.

Allah SWT berfirman: “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepadadua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Ku lah kembalimu.” (QS Luqman: 14).

Deretan doa meminta rezeki hendaknya dibacakan dengan khusuk sambal mengerjakan amalan lain yang akan memberikan kekuatan pada doa tersebut.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait