Parenting Islami

25 Juni 2021

5 Doa Minta Jodoh, Yuk Panjatkan, Insya Allah Segera Dikabul

Ketahui juga amalan untuk mempercepat datangnya jodoh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Allah SWT telah menciptakan makhluknya secara berpasang-pasangan. Bila hingga saat ini belum memiliki belahan jiwa, mungkin sudah saatnya doa minta jodoh untuk lebih sering dipanjatkan di sepertiga malam atau di waktu-wakti diijabah doa lainnya.

Sebab, sejatinya Allah SWT telah menjanjikan pasangan bagi seluruh makhluk-Nya. Dalam Alquran Allah SWT berfirman: “Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (QS Adz-Dzariyaat: 49).

Menemukan pasangan yang sesuai dengan keinginan tentu akan menjadi kebahagiaan yang luar biasa. Namun, seperti apapun jodoh yang datang, itu adalah pilihan terbaik dari Allah SWT. Sebab, Allah SWT akan memberikan yang dibutuhkan, bukan hanya yang diinginkan.

Baca Juga: Jodoh Tak Kemana, 5 Artis Ini Menikah dengan Mantan Kekasih

Doa Minta Jodoh yang Baik

Doa Minta Jodoh -1

Foto: orami Photo Stock

Sebenarnya, tidak ada doa khusus untuk meminta jodoh. Meski begitu, Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang berdoa, termasuk jika seseorang berdoa untuk dipilihkan yang terbaik dalam urusan pasangan hidupnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa doa minta jodoh yang bisa dipanjatkan:

1. Surat Al-Anbiya

“Rabbi laa tadzarnii fardan wa anta Khairul waaritsiin.” Artinya: “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.” (QS Al-Anbiya: 89).

Doa ini diangkat dari kisah Nabi Zakaria yang mengalami cobaan karena belum memiliki keturunan setelah puluhan tahun. Meski begitu, ini juga bisa digunakan sebagai doa minta jodoh bagi orang yang belum diberikan pasangan hidup.

2. Surah Al-Furqan

“Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzuriyyatinaa qurrota a’yun.” Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.” (QS Al-Furqan: 74).

Doa ini dapat dilantunkan setelah salat wirid setiap selesai shalat agar Allah SWT dapat mengabulkan keinginan untuk mendapatkan pasangan ideal, sehidup se-surga.

Baca Juga: Perjodohan Tak Selalu Berakhir Buruk

3. Surah Al-Qashash

“Rabbi innii ilmaa anzalta ilayya min khoirin faqiirun.” Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.” (QS Al-Qashash: 24).

Selain untuk mendapatkan kebaikan, ayat ini juga dapat dibacakan sebagai doa minta jodoh. Sebab, kebaikan yang dimaksud dalam ayat tersebut bersifat universal. Sehingga, bisa saja diartikan bahwa kebaikan tersebut berbentuk pasangan yang shalih/shalihah.

4. Doa Minta Jodoh untuk Laki-Laki

“Robbi hablii milladunka zaujatah thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddini waddunyaa wal aakhiroh." Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dan sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia, dan akhirat.”

Doa yang satu ini dapat diucapkan oleh kaum pria setelah selesai shalat dan mengaji. Arti dari doa ini pun sangat mulia, karena isinya berkaitan dengan keinginan seorang pria untuk mendapatkan pasangan yang cocok dalam hal dunia maupun akhirat.

5. Doa Minta Jodoh untuk Perempuan

“Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban wayakuuna shoohiban lii fiddini waddunya wal aakhiroh.” Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia, dan akhirat.”

Sama seperti versi laki-laki, doa minta jodoh untuk perempuan juga dimaksudkan agar pasangan yang datang nanti sesuai dengan harapan. Namun juga tetap berserah dengan pilihan Allah SWT karena akan menjadi yang terbaik untuk urusan agama dan juga dunia.

Baca Juga: Ini 6 Tips Sukses Mencari Jodoh di Dating Apps

Amalan untuk Mempercepat Datangnya Jodoh

Doa Minta Jodoh -2

Foto: Orami Photo Stock

Selain dengan memanjatkan doa meminta jodoh, beberapa amalan berikut ini bisa dilakukan agar pasangan segera datang dengan izin Allah SWT. Sebab, doa tanpa usaha akan sia-sia, dan usaha tanpa doa akan menjadi hal yang mustahil.

Saat memanjatkan doa minta jodoh yang baik, seseorang memohon kepada Allah SWT agar dipermudah dalam menemukan pasangan. Selain itu, ikhtiar tetap dilakukan sebagai wujud berserah diri kepada Allah SWT, bahwa jodoh yang diberikan-Nya adalah yang terbaik. Amalan-amalan tersebut yakni:

  • Mengerjakan shalat tahajud. Ini adalah salah satu shalat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Selain mendapatkan pahala yang luar biasa, dapat melanjutkan dengan membaca doa minta jodoh karena termasuk dalam salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa.
  • Mengerjakan shalat hajat. Shalat ini merupakan shalat sunnah yang dilakukan saat memiliki keinginan yang ingin segera tercapai. Ini adalah salah satu cara untuk mempermudah doa agar diijabah oleh Allah SWT.
  • Menjaga wudhu. Selain dapat terbebas dari hadas kecil, hal ini juga dapat seseorang menjaga diri dari melakukan hal-hal yang berpotensi negatif dan menjurus kepada dosa. Selain itu, sering berwudhu akan membuat wajah terlihat selalu segar, berseri dan tidak kusam.
  • Memelihara shalat wajib. Karena merupakan ibadah yang paling utama, apalagi jika selalu dilakukan secara berjamaah, maka akan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan begitu, aka nada kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT pada makhluk yang sering beribadah pada-Nya.
  • Menjaga silaturahmi. Dengan sering bersilaturahmi, karena selain akan memanjangkan kasih sayang kepada sesama, bisa saja jodoh yang baik akan dipertemukan melalui sillaturahmi tersebut.
  • Berserah diri dan tawakal. Setelah mengerjakan amalan-amalan tersebut, serahkan kembali semua keputusan kepada Allah SWT. Karena semua yang terbaik menurut seseorang belum tentu baik menurut Allah SWT.

Baca Juga: Berjodoh hingga Akhir Hayat, Seperti Ini Perjalanan Cinta BCL dan Ashraf Sinclair

Hal yang Perlu Diingat Saat Mencari Jodoh

Doa Minta Jodoh -3

Foto: Orami Photo Stock

Meski telah memanjatkan doa minta jodoh dan mengerjakan amalan-amalan di atas, namun tidak ada satu pun manusia yang memahami perjalanan hidupnya. Bahkan seorang nabi sekalipun tidak dapat mengetahuinya. Karena hal itu bagian hal rahasia yang hanya diketahui oleh Allah SWT.

Dalam Alquran Allah berfirman menceritakan tentang Nabi Muhammad SAW: “Andaikan aku tahu hal yang gaib, tentu aku akan berusaha memperbanyak mendapatkan hal-hal yang baik, dan aku tidak akan tertimpa kemiskinan…” (QS Al-A’raf: 188).

Untuk itu, doa yang baik adalah doa yang diistilahkan dengan jawami’ ad–dua, termasuk dalam doa minta jodoh. Aisyah RA mengatakan: “Rasulullah SAW menyukai jawami’ ad-dua (doa yang kalimatnya padat namun luas maknanya). Dan beliau tinggalkan yang lainnya.” (HR Ahmad dan Abu Daud).

Selain itu, Allah SWT memberikan jaminan bahwa lelaki yang baik karena dapat menjaga kehormatannya akan dipasangkan dengan perempuan yang baik pula. Sebaliknya, perempuan yang tidak menjaga kehormatannya, akan dipasangkan dengan lelaki yang serupa. Allah SWT berfirman:

“Perempuan-perempuan yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat perempuan-perempuan yang keji (pula), dan perempuan-perempuan yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk perempuan-perempuan yang baik (pula)…” (QS An-Nur: 26).

Mendapatkan pasangan yang diridhai oleh Allah SWT tentu akan menghasilkan rumah tangga yang berkah. Ini berhubungan dengan penelitian Psychosomatic Medicine, salah satu manfaat dari berada dalam hubungan yang responsif adalah membantu seseorang untuk mengatur emosi sebagai respons terhadap tekanan sehari-hari.

Oleh karena itu, saat meminta doa minta jodoh, seseorang dapat juga berdoa dengan detail terhadap pasangan yang diharapkan. Sebab, tidak ada hal yang lebih membahagiakan selain mendapatkan orang yang dicintai yang juga diridhai oleh Allah SWT.

  • https://journals.lww.com/psychosomaticmedicine/Pages/default.aspx?PAPNotFound=true
  • https://www.99.co/blog/indonesia/doa-minta-jodoh-menurut-islam/
  • https://wisatanabawi.com/doa-mendapatkan-jodoh/
  • https://konsultasisyariah.com/14851-doa-minta-cepat-mendapat-jodoh.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait