Parenting Islami

21 September 2021

3 Doa Minum Air Zam Zam, Bisa Mengabulkan Keinginan, Masya Allah!

Ini lho doa minum air zam zam yang bisa dibaca oleh orang yang ingin mendapatkan keturunan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Dikenal memiliki banyak kandungan yang menyehatkan, tidak ada salahnya untuk membaca doa minum air zam zam. Hal ini dilakukan selain karena untuk mendapatkan mafaatnya, juga untuk mendatangkan pahala setelah meminumnya.

Terkait dengan kandungan yang dimiliki, penelitian IAIN Palangkaraya menunjukkan bahwa zat yang terkandung dan molekul yang tersusun di dalam air zam-zam lebih baik dibanding zat atau molekul air yang lain.

Baca Juga: 4 Tips Membiasakan Diri Rutin Minum Air Putih

1. Doa Minum Air Zam Zam

Doa Minum Air Zam Zam -1.jpg

Foto: Greenprophet.com

Air zam-zam merupakan air yang muncul pada periode Nabi Ismail AS, jauh sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW. Air zam-zam telah mendapat testimoni dan justifikasi langsung dari Nabi Muhammad sebagai air terbaik di muka bumi yang mengandung banyak khasiat.

Secara eksplisit, khasiat air zam-zam tercantum dalam hadis yang dinilai berkualitas shahih menurut para ulama. Dan mengenai kandungannya yang berkhasiat, hal tersebut telah dibuktikan oleh banyak penelitian yang lain yang menguatkan penjelasan dari hadis nabi tersebut.

Apakah ada doa minum air zam zam yang khusus? Sebenarnya secara umum tidak ada, tapi dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, Al Hakim dan Ad Daruquthniy dari Ibnu ‘Abbas, juga diriwayatkan oleh Ahmad dari Jabir, Rasulullah SAW bersabda:

ماء زمزم لما شرب له

“Air zam-zam tergantung orang yang meminumnya.”

Hadis lain riwayat dari Ad Daruquthniy ini bukan perkataan Nabi, hanyalah doa yang dipraktekkan oleh Ibnu Abbas. Hal ini dapat juga menjadi contoh doa minum air zam zam bagi orang yang ingin memiliki doa yang khusus, yakni:

اللهم إني أسألك علماً نافعاً، ورزقاً واسعاً، وشفاءً من كل داء

(Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a wa rizqon waasi’an wa syifa’an min kulli daa-in)

Artinya: “Ya Allah aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizqi yang luas, dan kesembuhan dari segala macam penyakit.”

Jadi, sebelum meminumnya seseorang bisa berniat dengan niatan yang baik, meminumnya, kemudian memanjatkan doa minum air zam zam setelahnya sesuai dengan keinginan yang diharapkan dari orang yang meminumnya tersebut.

Baca Juga: Mengapa Kita Perlu Cukup Minum Air?

2. Doa Minum Air Zam Zam untuk Ibu Hamil

Doa Minum Air Zam Zam -2.jpg

Foto: Ilinktours.com

Salah satu keistimewaan air Zam-zam adalah jumlahnya yang banyak dan tidak pernah habis meskipun telah diambil oleh jutaan orang dari seluruh dunia setiap harinya. Terkait dengan air zam za mini, Ibnu Taimiyyah pernah berkata:

“Seseorang disunnahkan untuk meminum air Zam-Zam sampai benar-benar kenyang, dan berdoa ketika meminumnya dengan doa-doa yang dikehendakinya. Tidak disunnahkan mandi dengannya (menggunakan air Zam-Zam).”

Karen tidak ada doa minum air zam zam yang khusus, jadi semua orang bisa memanjatkan doa sesuai keinginan masing-masing, termasuk untuk ibu hamil. Sebab ternyata, ibu hamil dianjurkan untuk sering mengkonsumsinya.

Sebab, air zam-zam dapat memberi energi kepada ibu hamil. Banyak ibu hamil yang mengalami kekurangan energi terutama pada masa awal kehamilan. Morning sickness yang cukup parah menyebabkannya mengalami kehilangan energi yang cukup banyak.

Untuk mengantikan energi yang hilang tersebut, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air zam-zam. Mengingat air ini tidak berbau, maka ibu hamil tidak akan mengalami mual-mual. Selanjutnya, air zam-zam mampu memberi nutrisi pada janin.

Karena semua makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu dapat dikonsumsi juga oleh janin, oleh karenan itu selalu makan makanan dan minuman yang baik seperti Air zam-zam harus diperbanyak agar janis dapat tumbuh lebih optimal.

Terakhir, air zam-zam dipercaya mampu menguatkan rahim saat proses kehamilan. Ini bisa menjadi solusi yang tepat terutaman bagi ibu hamil yang memiliki masalah kandungan lemah. Konsumsi secara rutin dan minum air zam-zam agar kandungan tetap sehat dan kuat.

Untuk ibu hamil, doa minum air zam zam bisa dipanjatkan sebelum atau setelah meminumnya, sambil memanjatkan harapan dan keinginan. Misalnya mendoakan kandungan yang sehat dan selamat hingga melahirkan.

Baca Juga: Water Birth, Metode Melahirkan dalam Air

3. Doa Minum Air Zam Zam untuk Mendapatkan Anak

Doa Minum Air Zam Zam -3.jpg

Foto: DhakaTribune.com

Imam At-Tirmizi, salah seorang dari enam tokoh hadis yang terulung di dunia berkata: “Orang yang meminum air Zam-zam itu: Jika dia minum untuk kenyang, maka Allah akan mengenyangkannya. Jika dia minum untuk minuman, maka Allah memberinya minuman.

Jika dia minum untuk sembuh dari penyakit, maka Allah akan menyembuhkannya dari penyakit. Jika dia minum kerana akhlaknya yang buruk, maka Allah akan mengelokkan akhlaknya. Jika dia minum untuk menghilangkan kegelapan hatinya, maka Allah akan menghilangkannya.

Jika dia minum untuk mengkayakan hatinya, maka Allah akan mengkayakannya. Jika dia minum kerana sesuatu hajat, maka Allah akan memakbulkannya. Jika dia minum kerana sesuatu musibah yang menimpa, maka Allah melindunginya.

Jika dia minum kerana kesusahan yang menimpa, maka Allah akan menghilangkan kesusahannya. Dan jika dia minum kerana memohon bantuan, maka Allah akan membantunya.”

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya adab dan niat selama meminum air zam-zam. Sebenarnya, apapun niatnya asalkan baik dan halal, Insya’Allah akan dikabulkan oleh Allah SWT. Dalam Alquran Allah SWT berfirman:

وَٱلَّذِينَ يُؤۡتُونَ مَآ ءَاتَواْ وَّقُلُوبُهُمۡ وَجِلَةٌ أَنَّهُمۡ إِلَىٰ رَبِّهِمۡ رَٰجِعُونَ

“Berdoalah kepadaKu, niscaya Aku perkenankan doa permohonanmu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong takabur daripada beribadat dan berdoa kepadaKu, akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS Al-Mukmin: 60)

Salah satu contoh doa minum air zam zam untuk orang yang ingin memiliki keturunan: “Ya Allah sesungguhnya saya minum air zam-zam dengan harapan mendapatkan momongan, maka perbaikilah organ tubuhku dan berilah keturunan yang sholeh dan sholehah sesuai kehendak-Mu, Aamiin Ya Robbal Alamin.”

Karena doa minum air zam zam mengandung keberkahan dan mudah dikabulkan, dapat dilakukan dengan sungguh-sungguh saat melakukannya.

  • https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/TF/article/view/2485
  • https://muslim.or.id/24072-apa-doa-ketika-minum-air-zam-zam.html
  • https://umma.id/article/share/id/1005/234528
  • https://www.harakatuna.com/doa-minum-air-zamzam-untuk-mendapatkan-momongan.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait