Parenting Islami

4 Agustus 2021

Kisah dan Doa Nabi Ayyub Saat Sakit

Semoga senantiasa diberi keselamatan dan kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Salah satu doa yang memiliki khasiat luar biasa adalah doa Nabi Ayyub. Sebagaimana diketahui, Nabi Ayyub AS adalah utusan Allah yang memiliki ketabahan luar biasa saat diuji dengan penyakit berat.

Dikisahkan, Nabi Ayyub adalah seseorang yang diberikan banyak nikmat oleh Allah SWT. Dalam satu kisah disebutkan, anak Nabi Ayyub berjumlah 12 orang dan semuanya laki-laki.

Selain itu, Nabi Ayyub juga diberikan nikmat oleh Allah berupa harta kekayaan yang melimpah, memiliki banyak ternak, dan juga diberikan istri cantik yang salihah serta setia.

Namun, cobaan yang diderita oleh Nabi Ayub membuat orang-orang menjauhinya. Selain sang istri yang setia merawat dan mengurusi segala keperluannya. Selama Nabi Ayub menderita penyakit keras, ia memanjatkan sebuah doa untuk kesembuhannya.

Moms, jika sedang mengalami kesulitan terutama berupa sakit, maka amalkanlah doa Nabi Ayyub agar diberi kesembuhan oleh Allah SWT.

Baca Juga: Kisah Nabi Ilyasa: Nabi yang Membimbing Bani Israil untuk Percaya pada Allah SWT

Kisah Nabi Ayyub AS

doa-sujud-terakhir.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Salah seorang nabi dan rasul yang paling besar cobaannya di muka bumi ini adalah Nabi Ayyub AS. Ia pernah diberi kekayaan, namun kemudian jatuh miskin.

Anak-anaknya yang dulu sehat dan bugar, kemudian jatuh sakit dan meninggal. Tidak hanya itu, perawakannya yang kuat dan tampan kemudian digerogoti penyakit selama 18 tahun. Karena kesabarannya menanggung musibah dan cobaan itulah, Nabi Ayyub menjadi teladan dan simbol kesabaran bagi segenap umat Islam.

Bahkan, Nabi Ayyub diusir dari tempat tinggalnya karena takut menulari warga sekitar. Istrinya yang setia pun membawa sang Nabi menuju desa lain. Namun, Nabi Ayyub dan istrinya tidak diterima dan diusir pada setiap desa yang ingin ditempatinya.

Ketika Nabi Ayyub sedang sakit parah, istrinya digoda oleh setan agar meninggalkan suaminya sendirian. Nabi Ayyub pun meminta istrinya untuk bersabar dan selalu bersyukur atas ujian yang diberikan Allah SWT.

Namun, Siti Rahmah tak peduli dengan ucapan Nabi Ayyub. Dia memilih untuk pergi meninggalkan sang suami seorang diri. Nabi Ayyub pun kecewa kepada Siti Rahmah, hingga ia bersumpah akan mencambuk sang istri 100 kali saat dia sudah sembuh.

Setelah berdoa dan berusaha maksimal, Nabi Ayyub pun sembuh dari penyakit parahnya. Pada saat yang sama, sang istri datang dan meminta maaf karena menyesali perbuatannya yang telah meninggalkan Nabi Ayyub.

Tapi Nabi Ayyub tak lupa pada sumpahnya untuk mencambuk istrinya 100 kali. Namun, sang Nabi tak sampai hati melukai istrinya. Allah pun memerintahkan Nabi Ayub untuk memukul istrinya dengan seikat rumput. Nabi Ayyub lalu mencari 100 helai rumput dan memukulkannya ke istrinya.

Tindakan Ayyub tersebut diabadikan dalam surah Qs. Shad.

وَخُذْ بِيَدِكَ ضِغْثًا فَٱضْرِب بِّهِۦ وَلَا تَحْنَثْ ۗ إِنَّا وَجَدْنَٰهُ صَابِرًا ۚ نِّعْمَ ٱلْعَبْدُ ۖ إِنَّهُۥٓ أَوَّابٌ

Wa khuż biyadika ḍigṡan faḍrib bihī wa lā taḥnaṡ, innā wajadnāhu ṣābirā, ni'mal-'abd, innahū awwāb

Artinya:  "Dan ambillah dengan tanganmu seikat (rumput), maka pukullah dengan itu dan janganlah kamu melanggar sumpah. Sesungguhnya Kami dapati dia (Ayyub) seorang yang sabar. Dialah sebaik-baik hamba. Sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhan-nya). (Qs. Shad: 44)."

Baca Juga: Ini Zikir dan Bacaan Doa sesudah Sholat, Agar Ibadah Makin Afdal!

Penyakit Nabi Ayyub

web3-muslim-islam-prayer-prostrate-african-muslim-temple-dishdasha-shutterstock.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ketika berusia 51 tahun, Nabi Ayub diberi cobaan oleh Allah dengan penyakit kulit. Kulit sang nabi mengeluarkan nanah hingga rambutnya pun rontok. Ini membuat banyak orang menjauhinya.

Walau diberi cobaan sedemikian rupa, Nabi Ayyub AS tak pernah menyerah dan terus memohon kesembuhan atas penyakitnya tersebut kepada Allah SWT.

Baca Juga: Kisah Nabi Ilyasa: Nabi yang Membimbing Bani Israil untuk Percaya pada Allah SWT

Doa Nabi Ayyub Saat Sakit

Inilah doa Nabi Ayyub yang senantiasa ia panjatkan kepada Allah SWT dalam QS. Al Anbiya ayat 83, berbunyi:

رَبِّ إِنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

Robbi innii massaniyadh-dhurru wa anta arhamur-roohimiin

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit, dan Engkau adalah Tuhan yang maha Penyayang di antara semua penyayang."

Nabi Ayyub tak henti mengucapkan doa tersebut. Dia memohon kesembuhan kepada Allah SWT. Nabi Ayyub adalah seorang yang kaya-raya, dan mempunyai banyak anak serta binatang tunggangan terbanyak, dan juga tanah luas.

Nabi Ayyub tidak lupa tata krama dalam memanjatkan doa pada Allah.

Dia tidak langsung meminta kesembuhan pada Allah. Melainkan meminta untuk diperlihatkan bentuk Maha Penyayangnya Allah SWT.

Dengan kesantunannya yang membuat Allah mengabulkan doanya. Sebagaimana yang tercantum dalam QS. Al Anbiya ayat 84 yang berbunyi:

فَاسْتَجَبْنَا لَهُ فَكَشَفْنَا مَا بِهِ مِنْ ضُرٍّ ۖ وَآتَيْنَاهُ أَهْلَهُ وَمِثْلَهُمْ مَعَهُمْ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِنَا وَذِكْرَىٰ لِلْعَابِدِينَ

Artinya: "Maka Kami kabulkan (doa) nya, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan (Kami lipat gandakan jumlah mereka) sebagai suatu rahmat dari Kami, dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Kami." (QS. Al Anbiya: 84).

Baca Juga: Bacaan Doa Menerima Zakat, Sebagai Adab Menerima Zakat dari Muzakki

Dalam setiap berdoa, memintalah kepada Allah SWT apa yang dihajatkan atau inginkan dengan bahasa sendiri dan dengan kalimat yang baik. Tanamkan keyakinan dalam diri bahwa Allah SWT akan mendengar dan mengabulkan doa tersebut.

Nah, itu dia Moms doa Nabi Ayyub AS, salah satu nabi yang paling sabar dan taat kepada Allah SWT. Semoga bisa menjadi suri tauladan yang kita tiru, ya!

  • https://news.detik.com/berita/d-5627808/doa-nabi-ayyub-agar-sembuh-dari-sakit
  • https://iqna.ir/en/news/3470090/lessons-from-prophet-ayyub-as
  • http://www.islamichouseofwisdom.com/prophets-in-islam-/2013/1/17/ayyub-s-
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait