Parenting Islami

10 September 2021

3+ Doa Nabi Sulaiman, Salah Satunya Doa untuk Mendapatkan Kekayaan dari Jalan yang Baik

Katahui juga hikmah membaca doa Nabi Sulaiman
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pernah mendengar doa Nabi Sulaiman? YUk simak beberapa doa Nabi Sulaiman yang bisa Moms panjatkan.

Setiap nabi tentunya diberikan dengan kemampuan yang berbeda-beda. Hal ini dimaksudkan agar lebih mudah berdakwah dan menyesuaikan dengan kondisi umat pada saat ini. Seperti nabi Sulaiman yang memiliki kemampuan berbicara dengan hewan dan juga kaya raya.

Nabi Sulaiman mendapatkan mukjizat yang luar biasa. Kisah kenabiannya melegenda hingga kini. Namanya disebutkan sebanyak 27 kali di dalam Alquran sebagai penanda bahwa beliau adalah manusia yang mengesankan.

Salah satunya nabi Sulaiman dianugrahkan kecerdasan yang luar biasa. Studi dari UIN Sunan Ampel Surabaya mencatat bahwa nabi Sulaiman menggunakan data dan mengolahnya menjadi informasi untuk mengambil keputusan yang tepat. Nabi Sulaiman telah mengimplementasikan dasar-dasar konsep dan teori manajemen informasi.

Selain itu, semua doa yang diajarkan oleh para nabi memiliki manfaat dan keutamaan tersendiri. Selama masa kenabiannya, banyak doa yang diajarkan oleh nabi Sulaiman dan bisa diamalkan oleh umat Islam di seluruh dunia hingga kini.

Baca Juga: Ini Doa Nabi Zakaria untuk Mendapatkan Keturunan, Yuk Amalkan!

Doa Nabi Sulaiman

Doa Nabi Sulaiman -1.jpg

Foto: Depositphotos.com

Di antara doa yang sering dipanjatkan, Wisata Nabawi, mencatat ada beberapa doa dari nabi Sulaiman yang bisa digunakan oleh umat Islam saat ini, seperti:

1. Doa Syukur Menjadi Hamba Allah

Semua amalan manusia akan menentukan apakah di akhirat nanti akan masuk surga atau neraka. Doa nabi Sulaiman ini mengingatkan agar seslalu bersyukur telah terpilih menjadi hamba Allah SWT dan bisa merasakan nikmat iman dan nikmat dalam melakukan amalan shaleh.

“Rabbì awzì’nìì an asykura nì’mataka latìì an’amta ‘alayya wa’alaa waalìdayya wa an a’mala shaalìhan tardaahu wa adkhìlnìì bìrahmatìka fìì’ìbaadìkash shaalìhììn,” artinya: “Ya tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal shaleh yang Engkau ridhoi, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu kedalam golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh,” (QS An-Naml: 19).

Tidak semua manusia diberi hidayah untuk menjadi hamba Allah. Dalam hal ini, seseorang harus bersyukur sudah dibukakan pintu hati untuk menerima kebenaran ajaran agama Islam. Cara untuk menetapkan iman di dalam hati adalah dengan banyak bersyukur.

2. Doa Memperoleh Kekayaan dari Jalan yang Baik

Saat nabi Sulaiman membaca doa ini, adalah bagian dari dakwahnya. Ini dimaksudkan agar tidak ada yang bisa menandingi kekayaan dan kekuatannya saat itu, sehingga tidak ada manusia yang menyombongkan kekayaannya, seperti Ratu Bilqis.

“Rabbìghfìrlìì wahablìì mulkulla yanbaghìì lì’ahadììm mìn ba’dìì, ìnnaka antal wahhaabu,” artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah yang Maha Pemberi,” (QS Shad: 35).

Dengan mengamalkannya doa nabi Sulaiman ini, seseorang dapat berharap agar dapat diberikan kekayaan dan keberkahan untuk menjalani kehidupan sebaik-baiknya. Misalnya dengan menjadikan kekayaan sebagai media untuk beribadah dan tunduk pada perintah Allah SWT.

Baca Juga: 5+ Doa untuk Suami yang Bekerja Agar Selamat dan Terhindar dari Kesulitan, Yuk Amalkan!

3. Doa untuk Mensyukuri Nikmat Allah

Nabi Sulaiman adalah orang yang pandai bersyukur dan selalu menggantungkan diri kepada Tuhannya. Apapun yang terjadi dalam hidupnya baik ujian, cobaan ataupun perintah, semua selalu disyukurinya. Nabi Sulaiman pun selalu memanjatkan doa sebagai bentuk rasa syukurnya.

“Alhamdulìllahìl ladzìì fadhdhalanaa alaa kasyììrìm mìn ìbaadìhìl mu’mìnììna,” artinya: “Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba hambanya yang beriman,” (QS An-Naml: 15).

Allah SWT pun mengungkapkan bahwa jika seseorang bersyukur, maka akan ditambahkan nikmat-Nya. Nikmat tersebut banyak bentuknya. Selama yakin kenikmatan tersebut berasal dari kehendak Allah SWT, maka seseorang hendaknya selalu bersyukur akan hal itu.

4. Menundukkan Jin dan Binatang

“Bismillah hirrahmani rahiim, laa ta’luu alayya wa’tuunii muslimiin,” artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepada-Ku dan datanglah kepada-Ku sebagai orang-orang yang berserah diri,”.

Kemampuan ini adalah salah satu mukjizatnya. Nabi Sulaiman menggunakan doa ini untuk menundukkan keduanya atas izin Allah SWT. Doa ini dapat digunakan salah satunya untuk memohon perlindungan Allah dari gangguan jin.

Baca Juga: 3 Doa untuk Anak yang Baru Lahir, Yuk Amalkan!

Hikmah Membaca Doa Nabi Sulaiman

Doa Nabi Sulaiman -2.jpg

Foto: Depositphotos.com

Sebaik-baiknya orang adalah yang mampu meraih hikmah atas sesuatu. Dalam hal ini, tentunya terdapat hikmah saat seseorang membaca doa yang telah dicontohkan oleh nabi Sulaiman. Dengan segala kisah dakwahnya, hal tersebut membawa tentunya membawa hikmah tersendiri.

Dilansir Era Muslim, beberapa hikmah membaca doa nabi Sulaiman adalah:

  • Lebih bersyukur atas karunia dari Allah SWT. Saat seseorang telah berusaha keras dan diimbangi dengan doa, hingga mendapatkan hasil yang diinginkan, maka karunia Allah SWT ada di dalamnya. Nabi Sulaiman mengajarkan agar senantiasa bersyukur terhadap karunia Allah SWT. Ini mengingat bahwa semuanya hanya ‘pemberian’ dan bisa diambil sewaktu-waktu.
  • Lebih memahami arti usaha. Kekayaan Nabi Sulaiman AS mungkin terkesan datang begitu saja ketika meminta hal itu pada Allah SWT. Padahal, nabi Sulaiman telah mengalami hal berat sebelumnya. Sama saja seperti manusia pada umumnya, meskipun memiliki mukjizat, nabu Sulaiman juga mendapatkan masalah terkait umatnya. Oleh karena itu, kekayaan tersebut turun karena hasil kerja kerasnya.
  • Lebih menghargai makhluk Allah SWT. Semua yang Allah SWT ciptakan tentunya tidak sia-sia. Semua makhluk adalah sama, sehingga nabi Sulaiman mengajarkan untuk lebih menghargai sesama makhluk.

Itulah doa nabi Sulaiman beserta hikmahnya yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

  • https://wisatanabawi.com/doa-nabi-sulaiman/
  • https://www.eramuslim.com/suara-langit/ringan-berbobot/doa-nabi-sulaiman-untuk-kehidupan-sehari-hari.htm#.YCUsUY8zbDc
  • http://jurnalsaintek.uinsby.ac.id/index.php/SYSTEMIC/article/view/108
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait