Parenting Islami

24 Februari 2021

Ini Doa sebelum Berhubungan dan Keutamaannya Menurut Islam, Yuk Amalkan!

Simak doa sebelum berhubungan dan manfaatnya di sini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Dalam islam, hubungan seksual antara suami dan istri bukan hanya pemenuhan kebutuhan biologis, tetapi juga akan mendapatkan pahala jika dilakukan dengan baik dan benar. Oleh karena, ada baiknya juga diiringi dengan doa sebelum berhubungan agar mendapatkan apa yang diinginkan.

Selain melepaskan hasrat, melakukan hubungan seksual juga bertujuan agar mendapatkan keturunan. Doa sebelum berhubungan yang dibacakan akan memberikan manfaat agar jika ditakdirkan hamil, anak tersebut telah mendapatkan doa baik bahkan sebelum hadir di dalam rahim.

Sebenarnya, ada tiga doa berhubungan suami-istri, yaitu sebelum melakukan hubungan seksual, ketika akan mengeluarkan sperma, dan sesudah berhubungan seksual.

Baca Juga: 5 Makanan Peningkat Gairah Seksual yang Wajib Dicoba

Doa-doa yang Terkait dengan Hubungan Seksual

doa sebelum berhubungan -1

Foto: Orami Photo Stok

Tujuan dari doa-doa ini adalah pasangan tersebut terhindar dari gangguan setan dan mendapat keberkahan saat melakukannya. Serta, mengiringi aktivitas tersebut sehingga menghadirkan berkah dan pahala yang diinginkan.

1. Doa Sebelum Berhubungan Seksual

Moms bisa mengajak Dads untuk mengucapkan doa sebelum berhubungan ini:

“Allahumma janibnasyaithana wa janibnisyathanamarazaqna.”

Artinya: “Dengan nama Allah, ya Allah; jauhkanlah kami dari gangguan syaitan dan jauhkanlah syaitan dari rezeki (bayi) yang akan Engkau anugerahkan pada kami,” (HR Bukhari).

Tujuan membaca doa sebelum hubungan suami-istri ialah agar ketika sedang melakukan sunnah suami-istri ini, terhindar dari adanya gangguan setan dan calon keturunan atau bayi juga dijauhkan dari gangguan setan yang terkutuk.

2. Doa Ketika Akan Mengeluarkan Sperma

Setelah itu, saat suami hendak ingin mengeluarkan sperma, hendaknya berdoa seperti berikut:

“Allahummaj’alnuthfatna dzurriyyatan thayyibah.”

Artinya: “Ya Allah jadikanlah nutfah (sperma) kami ini menjadi keturunan yang baik (saleh),”.

3. Doa Setelah Hubungan Seksual

Setelah melakukan hubungan seksual, sebaiknya tidak langsung tidur atau membersihkan diri. Ini adalah doa yang bisa dibaca setelah berhubungan seksual:

"Alhamdu lillaahi Lladzii Khalaqa Minal Maa I Basyaraa."

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan manusia dari air, lalu menjadikannya sebagai keturunan,”.

Baca Juga: Ketika Anak Bertanya Tentang Seks

Keutamaan Membaca Doa Sebelum Berhubungan

Mau Tahu? Ini Keutaman Berdoa Sebelum Berhubungan Seks -2

Foto: Orami Photo Stock

Hadist dalam doa sebelum melakukan hubungan seksual menunjukkan besarnya keutamaan membaca doa sebelum berhubungan suami istri. Karena selain mendapat pahala dari Allah SWT, ini juga merupakan sebab selamatnya seorang bayi dari bahaya dan keburukan setan.

Setan dan iblis selalu berusaha menanamkan benih-benih keburukan kepada manusia sejak baru lahir dan sebelum mengenal nafsu, hingga mengetahui indahnya dunia dan godaan-godaan duniawi lainnya, apalagi setelah mengenal semua godaan tersebut.

Rasulullah SAW bersabda: “Tangisan seorang bayi ketika (baru) dilahirkan adalah tusukan (godaan untuk menyesatkan) dari setan.”

Selain itu, Rasulullah SAW juga bersabda: “Allah SWT berfirman, ‘Sesungguhnya Aku menciptakan hamba-hamba-Ku semuanya dalam keadaan hanif (suci dan cenderung kepada kebenaran), kemudian setan mendatangi mereka dan memalingkan mereka dari agama mereka (Islam)’.”

Akan menjadi sebuah keburukan jika tidak menyebut nama Allah SWT sebelum berhubungan intim. Sebab, setan akan ikut serta dalam hubungan seksual tersebut. Imam Ibnu Hajar Rahimahullah dan al-Munawi Rahimahullah menjelaskan bahwa doa ini diucapkan ketika hendak berhubungan suami-istri dan bukan ketika sudah dimulai hubungan intim.

Keutamaan doa sebelum berhubungan seksual juga itu tertuang dalam lanjutan hadits, saat Rasul SAW bersabda: “Kemudian jika ditardirkan (lahirnya) anak bagi mereka berdua dari hubungan intim tersebut, maka syaithan tidak akan bisa mencelakai anak tersebut selamanya.” (HR. al-Bukhâri no. 6388 dan Muslim no. 1434).

Hadits di atas menunjukkan salah satu adab dalam berjima’, yaitu seorang lelaki membaca basmalah dan mengiringinya dengan doa di atas. Manfaatnya, apabila Allah SWT menakdirkan lahirnya anak dalam hubungan tersebut, maka anak itu melalui keberkahan nama Allah SWT dan doa yang dibaca itu akan berada dalam perlindungan, sehingga syaithan tidak bisa mencelakainya.

Perlindungan yang menaungi anak tidak berarti bahwa anak tersebut menjadi ma’shum atau selamat dari dosa. Akan tetapi, anak tersebut akan terjaga dari godaan syaithan yang menyebabkannya keluar dari Islam dan fitrah. Terkadang dia terjerat godaan syaithan, namun akan segera bertaubat.

Imam Al-Bukhari RAmemandang bahwa suamilah yang membaca doa tersebut. Hal ini berdasarkan judul bab yang beliau tulis ketika sebelum menuliskan hadits tersebut dalam kitâbul nikâh dalam Shahihul Bukhari, yaitu bab ‘apa yang diucapkan lelaki ketika akan mencampuri istrinya’.

Melihat urgensi doa ini, akan lebih baik seseorang tidak melupakan untuk mengucapkannya ketika akan mencampuri istrinya. Syaikh ‘Abdullâh Al-Fauzan berpesan: “Semestinya seseorang (lelaki) bersemangat kuat untuk mengamalkan doa ini (ketika akan berhubungan intim dengan istrinya) sehingga menjadi kebiasaan, dalam rangka mengamalkan arahan Nabi SAW dan harapan besar agar anaknya menjadi terjaga dan terpelihara dari syaithan dan tumbuh di atas jalan yang lurus melalui barokah doa ini.”

Baca Juga: 5 Cara Panaskan Ranjang dengan Ciuman Saat Seks

Pentingnya Menjaga Ritme Hubungan Suami Istri

Mau Tahu? Ini Keutaman Berdoa Sebelum Berhubungan Seks -3

Foto: Orami Photo Stock

Selain memperhatikan bacaan selama hubungan seksual, termasuk doa sebelum berhubungan, Moms juga harus memperhatikan durasi dan frekuansi saat melakukannya.

“Seks penting dalam sebuah hubungan. Saat kita melihat otak dan manfaat hormonal, orgasme melepaskan oksitosin yang merupakan hormon 'perasaan baik' yang mengikat kita. Inilah sebabnya, ketika pasangan mulai merasa bahwa mereka semakin menjauh atau semakin menjauh, kemungkinan besar mereka akan melaporkan kurangnya seks,” jelas Sanam Hafeez, seorang psikolog klinis di New York City, dilansir NBC News.

Dalam hal ini, keseluruhan ikatan dan keintiman seksual sangat terkait. Meskipun demikian, tidak ada jumlah khusus untuk melihat berapa banyak hubungan seksual yang harus Dilakukan. Namun, sebuah penelitian pada 2017 di Archives of Sexual Behavior menunjukkan frekuensi seks sekali seminggu akan lebih baik.

“Seks penting untuk membuat pasangan bahagia, dan frekuensi serta kualitas seks yang membuat pasangan bahagia sangat bervariasi dan bergantung pada banyak faktor: usia, nilai, gaya hidup, jenis kelamin bawaan. dorongan, kesehatan mereka, dan yang terpenting, kualitas hubungan," jelasnya.

Mengharapkan adanya pahala dan berkah saat membaca doa sebelum berhubungan seksual adalah hal yang dibolehkan, bahkan harus menjadi kebiasaan sebelum melakukannya.

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait