Parenting Islami

4 Maret 2021

19+ Doa Sehari-Hari yang Bisa Diajarkan pada Si Kecil, Yuk Lakukan!

Yuk tanamkan kebiasaan baik ini pada Si Kecil sedini mungkin
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ada cukup banyak doa sehari-hari yang bisa Moms ajarkan pada Si Kecil sejak dini. Membiasakan Si Kecil membaca doa sehari-hari sebelum melakukan sesuatu tentu akan sangat baik.

Sejak membuka mata pada pagi hari hingga menutup mata atu tidur pada malam hari, Islam telah mengatur segala hal terkait aktivitas makhluknya termasuk dalam hal-hal yang dianggap kecil. Salah satunya tentang doa. Tidak ada satupun tindakan manusia yang tidak luput dari doa.

Sebab menurut orang Islam, doa pengakuan bahwa terdapat Dzat yang Maha Tinggi dan manusia adalah makhluk yang lemah. Oleh sebab itu, manusia diharuskan untuk berdoa kepada Allah setiap saat dari apapun yang akan dilakukan.

Berdoa juga merupakan salah satu sarana komunikasi dari manusia kepada Allah SWT. Baik sedang berada dalam kondisi senang ataupun sedih, umat muslim selalu dianjurkan untuk berdoa dan mengingat Allah SWT dalam sehari-harinya.

Baca Juga: Ini Doa Agar Cepat Kontraksi dan Melahirkan

Pentingnya Membaca Doa Sehari-hari untuk Umat Islam

20 Doa Sehari-Hari -1

Foto: Orami Photo Stock

The Journal of Rotterdam Islamic and Social Science mencatat, ada dua aspek penting tentang ibadah dalam Islam. Fokusnya, yaitu pada dua jenis istilah untuk shalat, yakni permohonan (do'a) dan sholat (shalat).

Dalam Islam, memohon atau berdoa berarti memberikan seluruh diri kepada Tuhan dan mempersembahkan kebutuhan fisik dan spiritual kepada-Nya. Salat (doa) adalah komunikasi antara Allah SWT dan manusia ciptaannya.

Banyak penjelasan tentang pentingnya doa, salah satunya dalam Alquran. Oleh sebab itu, umat Islam sudah diajarkan sejak dini untuk berdoa kepada Allah SWT. Berkaitan dengan doa, terdapat banyak firman Allah dalam Alquran mengenai perintah untuk berdoa.

Allah berfirman: “Hai manusia, kamulah yang sangat butuh kepada Allah; dan Allah Dialah yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji.” (QS Fathir: 15).

Terdapat doa sehari-hari yang bisa dibiasakan sejak dini, sebab doa ini akan dibacakan dalam setiap kegiatan yang akan dilakukan dalam satu hari penuh. Selalu berdoa sebelum melakukan sesuatu juga akan menjadi amal yang baik dan berkah.

Baca Juga: 10 Doa Agar Bayi Sungsang Bisa Kembali ke Posisi Normal, Yuk Amalkan!

Kumpulan Doa Sehari-hari

20 Doa Sehari-Hari-2

Foto: Orami Photo Stock

Dengan membaca dan mengampalkan doa sehari-hari ini, diharapkan akan menjadi kebiasaan dan menjadi amalan yang pahalanya dilipat gandakan.

1. Doa Sehari-hari sebelum Tidur

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut,” artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati.” (HR Bukhari dan Muslim).

2. Doa Sehari-hari Bangun Tidur

“Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur,” artinya: “Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kami semua akan dihidupkan kembali.” (HR Ahmad, Bukhari, dan Muslim).

3. Doa Sehari-hari sebelum Makan

“Alaahumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar,” artinya: “Ya Allah, berkahilah untukku dalam sesuatu yang Engkau rezekikan kepadaku, dan peliharalah aku dari siksa neraka.” (HR Ibnu Sunni).

4. Doa Sehari-hari sesudah Makan

“Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin,” artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.” (HR Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi).

5. Doa Sehari-hari Masuk Rumah

“Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa,” artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.”

6. Doa Sehari-hari Keluar Rumah

“Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah,” artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

7. Doa Sehari-hari Masuk Kamar Mandi

“Alloohumma Innii A’uudzubka Minal Khubutsi Wal Khobaaitsi,” Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan dan kotoran.”

8. Doa Sehari-hari Keluar Kamar Mandi

“Alhamdulillaahil-ladzii Adz-haba ‘Annil-adzaa Wa’aafaanii,” artinya: “Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.”

9. Doa Sehari-hari ketika Mandi

“Allaahummaghfirlii dzambii wa wassi’lii fii daarii wa baarik lii fii rizqii,” artinya: “Ya Allah, Ampunilah dosa kesalahanku dan berilah keluasan di rumahku serta berkahilah pada rezekiku.”

Baca Juga: 5+ Doa untuk Suami yang Bekerja Agar Selamat dan Terhindar dari Kesulitan, Yuk Amalkan!

10. Doa Sehari-hari ketika Berpakaian

“Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu,” artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya.”

11. Doa Sehari-hari Melepas Pakaian

“Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa,” artinya: “Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya.”

12. Doa Sehari-hari ketika Bercermin

“Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii,” artinya : “Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku.”

13. Doa Sehari-hari Masuk Masjid

“A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika,” artinya: “Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu.”

14. Doa Sehari-hari Keluar Masjid

“Allahumma innii as-aluka min fadhlika,” artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadamu, karunia dari-Mu.”

15. Doa Sehari-hari sebelum Belajar

“Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla, robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa,” artinya: “Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

16. Doa Sehari-hari setelah Belajar

“Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin,” artinya : “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam.”

17. Doa Sehari-hari setelah Wudhu

“Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu . Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu Allahumma-j alnii minattabinna waj alnii minal mutathohiirina waj alnii min ‘ibadatishalihin.”

Artinya : “Saya bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang esa , tiada sekutu bagi-Nya . Dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya . Ya Allah jadikanlah saya orang yang ahli taubat , dan jadikanlah saya orang yang suci , dan jadikanlah saya dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.”

18. Doa Sehari-hari saat Bersin

Orang yang bersin membaca: “Alhamdulillaah,” artinya: “Segala puji bagi Allah.”

Orang yang mendengar orang yang bersin membaca: “Yarkhamukallaah,“ artinya: “Semoga Allah memberikan rahmat kepadamu.”

19. Doa Sehari-hari saat Menengok Orang Sakit

“Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman,” artinya: “Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.”

20. Doa Sehari-hari untuk Keselamatan Dunia dan Akhirat

“Rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar,” artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

Inilah kumpulan doa sehari-hari yangbisa dibacakan saat hendak beraktivitas. Menjadi bukti bahwa Allah SWT selalu bersama dengan hambanya sekalipun sedang melakukan hal-hal yang kecil. Masya Allah.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait