Parenting Islami

10 Juni 2021

3+ Doa Tolak Bala, Yuk Amalkan Agar Terhindari dari Mara Bahaya!

Untuk tetap merasa aman dalam lindungan Allah SWT
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bagi umat muslim, membaca doa tolak bala diyakini dapat memberikan rasa aman dari berbagai musibah, sakit, dan segala bentuk mara bahaya.

Rasulullah SAW sudah mengajarkan sejak dahulu, bahwa pemberi ujian adalah juga pembawa perlindungan. Maka, senantiasalah untuk memohon pertolongan dari Allah SWT agar dapat melalui segara rintangan dan dihindarkan dari kesulitan.

Sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah SWT pada surat Muhammad ayat 31:

Dan sungguh, Kami benar-benar akan menguji kamu sehingga Kami mengetahui orang-orang yang benar-benar berjihad dan bersabar di antara kamu; dan akan Kami uji perihal kamu.”

Melalui firman tersebut, bala atau musibah adala ujian bagi setiap hamba Allah. Maka dari itu, ada baiknya Moms untuk mengambil hikmah dari setiap kejadian yang dialami.

Baca Juga: Ini Tata Cara Sholat Jumat Hingga Doa yang Dianjurkan, Yuk Simak!

Hadits Tentang Memohon Pertolongan

Selain Ikhtiar, Yuk Amalkan Doa Terbebas dari Hutang Ini!

Foto: Orami Photo Stock

Sebagaimana dengan hadits yang diriwayatkan dalam Hadits Bukhari, Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian." (HR. Bukhari)

Anjuran untuk meminta pertolongan dari Allah juga dituangkan dalam firman Allah yaitu, QS. Ash Shoffat ayat 143:

"Maka jika sekiranya dia (Nabi Yunus) tidak termasuk orang-orang yang banyak berdzikir (bertasbih) kepada Allah, niscaya dia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit." (QS Ash Shoffat: 143)

Baca Juga: 5 Sunnah Rasul dan Doa Mimpi Buruk Agar Tidur Lebih Nyenyak, Yuk Amalkan!

Doa Tolak Bala

doa-agar-terhindar-dari-penyakit.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Moms, ada beberapa doa tolak bala yang bisa kita amalkan. Ada doa tolak bala untuk memohon perlindungan, doa tolak bala setelah sholat berjamaah, doa tolak bala dari wabah penyakit, dan doa tolak bala untuk mengusir rasa malas. Berikut bacaan dan artinya. Yuk simak!

1. Doa Tolak Bala untuk Memohon Perlindungan

Diriwayatkan dalam Hadits Abu Daud dan juga Tirmidzi dari Ustman bin Affan RA, Ustman bin Affan pernah mendengar Rasulullah SAW menganjurkan bacaan doa berikut agar terhindar dari musibah atau disebut juga doa tolak bala.

Doa tersebut berbunyi:

"Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui)."

Doa tolak bala lainnya yang dapat diamalkan yaitu:

“Ya Allah, dengan hakikat dan rahasia Al-Fatihah, wahai pemberi jalan keluar, wahai pembuka atas kegelisahan, waha Tuhan ya'ng kepada hamba-Nya mengampuni dan menyayangi, wahai penolak bala ya Allah wahai pengasih, wahai penolak bala ya Allah wahai penyayang.

Sebelum membaca doa tolak bala, dianjurkan untuk membaca surat Al-Fatihah dan ditutup dengan membaca shalawat, seperti berikut ini:

“Semoga Allah memberikan shalawat untuk Sayyidina Muhammad, keluarga, dan semua sahabatnya. Maha suci Allah dari segala apa yang mereka sifatkan. Salam Allah untuk para rasul-Nya. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Baca Juga: 10 Doa Agar Bayi Sungsang Bisa Kembali ke Posisi Normal, Yuk Amalkan!

2. Doa Tolak Bala setelah Shalat Berjamaah

Berikut ini adalah doa tolak bala yang sering didengar dan dibaca usai shalat berjamaah. Moms dapat mengamalkannya setelah sholat berjamaah dengan keluarga, sembari mengajarkan Si Kecil.

Doa tersebut berbunyi:

Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni'mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal 'āfiyah, wa abwābal jannah. Allāhumma 'āfinā min kulli balā'id duniyā wa 'adzābil ākhirah, washrif 'annā bi haqqil Qur'ānil 'azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa 'adzābal ākhirah. Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil 'izzati 'an mā yashifūn, wa salāmun 'alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil 'ālamīn.

Yang artinya:

"Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al Quran yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."

Baca Juga: Nama Adalah Doa, Begini 5 Cara Memilih Nama Bayi yang Baik dan Tepat

3. Doa Tolak Bala dari Wabah Penyakit

Di era pandemi Covid-19, Moms dan keluarga sudah pasti harus terus menjaga kesehatan dan mengikuti protokol sesuai anjuran pemerintah.

Tidak ada salahnya juga bertawakal agar terhindari dari paparan virus tersebut, serta keluarga senan tiasa diberikan kesehatan jasmani dan rohani.

Berikut ini doa tolak bala dari wabah penyakit yang diajarkan Rasulullah SAW dan diriwayatkan dalam hadist Abu Daud.

“Allaahumma innii a’uudzu bika minal barashi wal junuuni wal judzaami wa sayyi il asqoom”

Artinya:

“Ya Allah, Aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra dan keburukan segala macam penyakit.” H.R Abu Dawud: 1334.

Baca Juga: Catat! Amalkan Doa Ini untuk Anak yang Sakit

4. Doa Tolak Bala Rasa Malas

Rasa malas juga merupakan penyebab dari berbagai permasalahan manusia. Malas dapat membuat seseorang enggan bekerja, sehingga mengalami kesulitan yang merugikan dirinya dan mungkin keluarganya.

Berikut ini adalah doa tolak bala rasa malas yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, yang berbunyi:

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia." H.R. Shahih Bukhari

Baca Juga: 5+ Doa Bayi Baru Lahir untuk Melindunginya dari Mara Bahaya, Yuk Amalkan!

Itu dia Moms doa tolak bala yang bisa diamalkan di kehidupan sehari-hari. Jangan lupa juga untuk doakan kerabat dan sahabat, ya. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait