Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
25 November 2020

5+ Doa untuk Suami yang Bekerja Agar Selamat dan Terhindar dari Kesulitan, Yuk Amalkan!

Moms, yuk doakan suami yang sedang bekerja agar selamat dan memiliki rezeki melimpah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Suami memiliki peran sebagai kepala keluarga dalam sebuah pernikahan. Dia wajib mencari nafkah, memenuhi kebutuhan keluarganya, serta menjaga istri dan anak-anaknya dalam segala hal.

Sedangkan istri adalah pendamping suami yang akan menyenangkan jika dilihat dan selalu taat kepada suaminya. Dan tidak lupa juga memanjatkan doa untuk suami yang bekerja.

Rasulullah SAW bersabda: “Yaitu perempuan yang sangat menyenangkan ketika dilihat, taat ketika diperintah oleh suaminya, dan tidak menyimpang pada dirinya sendiri dan hartanya dengan melakukan sesuatu yang tidak disukai (oleh Allah),” (HR Abu Dawud dan an-Nasa’i).

Saling memenuhi setiap hak dan kewajiban dalam rumah tangga tentunya akan membuat kehidupan pernikahan terasa indah, harmonis dan penuh berkah. Tentunya, keberkahan ini juga akan bertambah jika diiringi dengan doa.

Misalnya saat istri memanjatkan doa untuk suami yang bekerja. Sebab, doa istri adalah salah satu hal yang bisa menemani suami, meski sedang berada di rumah. Istri juga dianjurkan untuk senantiasa mendoakan suami agar mendapatkan kemudahan dari Allah, termasuk saat sedang bekerja.

Baca Juga: Ternyata Warna Favorit Bisa Mencerminkan Kepribadian dalam Bekerja

Alasan Istri Harus Memanjatkan Doa untuk Suami yang Bekerja

Doa untuk Suami yang Bekerja -1.jpg

Foto: Aleteia.org

Sebagai seorang istri yang shalihah, keadaan suami baik dalam segi fisik, psikis dan juga keimanan tentu harus mendapatkan perhatian yang besar. Sebab, suaminya adalah kepala keluarganya. Keinginan agar suami berada dalam kondisi yang baik diwujudkan dalam bentuk doa kepada Allah SWT.

Suami adalah pasangan istri dalam segala hal. Jadi, jika istri mendoakan suami maka sama saja dengan mendoakan diri sendiri. Misalnya, saat istri berdoa agar suaminya yang bekerja selalu dalam lindungan-Nya, berada dalam kondisi yang sehat, dan mendapatkan rezeki yang berkah.

Itu juga adalah doa untuk diri sendiri, karena pada akhirnya, suami akan berada di sisi istri. Dengan membaca doa untuk suami yang sedang bekerja, istri telah menjalankan tugasnya sebagai istri yang baik dan shalihah. Bukankah sebaik-baik perhiasan di dunia ini adalah istri sholihah?

Rasulullah SAW bersabda: “Dunia ini adalah perhiasan (kesenangan) dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah perempuan (istri) yang sholehah,” (HR Muslim, Nasa’I Ibnu Majah, dan Ahmad).

Di sisi lain, berdoa juga bisa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT sebagai dzat yang sudah menciptakan dan memberikan rezeki yang begitu berlimpah. Rezeki kesehatan, keberadaan tangan, kaki, mulut dan banyak lagi yang lainnya.

Allah SWT juga berfirman: “Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk beribadah kepada-Ku,” (QS Adz Dzariyat: 56).

Melibatkan Allah dalam segala urusan dan doakan yang baik-baik untuk suami tercinta adalah hal yang bisa dilakukan oleh istri. Agar suami bisa bekerja dengan baik, kondisi rumah penuh dengan doa dan dzikir, hingga akhirnya menciptakan keluarga yang sakinah, mawaddah warrahmah.

Doa untuk Suami yang Bekerja

Doa untuk Suami yang Bekerja -2.jpg

Foto: Freepik.com

Berikut ini adalah beberapa doa untuk suami yang bekerja seperti dirangkum dari The Gorblasla dan Wisata Nabawi. Istri bisa mengamalkannya setelah sholat wajib atau setelah sholat sunnah.

1. Doa untuk Suami yang Bekerja Agar Dijauhkan dari Bahaya

Semua orang tidak pernah tahu takdir apa yang Allah gariskan, termasuk untuk seorang suami. Apabila takdir tersebut buruk, maka hanya doa yang bisa mengubahnya. Bacakan doa ini agar suami selamat dari bahaya.

Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal,”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari rasa pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan orang,”.

2. Doa Agar Suami dan Istri Selamat Dunia Akhirat

Doa ini bisa dibilang doa sapu jagat, karena isinya sudah mencakup segala apa yang di dunia dan apa yang ada di akhirat.

Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut,”

Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab,”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut,”.

“Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab,”.

Baca Juga: Cara Berhubungan Suami Istri sesuai Sunnah

3. Doa untuk Suami yang Bekerja Agar Selalu Diberikan Rezeki yang Baik

Allah adalah Maha Pemberi Rezeki dan menjanjikan setiap orang memiliki rezekinya masing-masing. Doa ini bisa dipanjatkan ketika selesai sholat dhuha atau setelah mengerjakan sholat wajib.

Allòòhumma innii as-aluka an tarzuqònii rizqòn halaalan waasi’an thòyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqatin walaa dlòirin walaa nashabin innaka ‘a-laa kulli syai-in qòdiir,”.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar diberikan rezeki yang halal, yang luas, yang baik, tanpa kesusahan dan juga tanpa kemelaratan serta tanpa keberatan, sesungguhnya Engkau Maha kuasa atas segala sesuatu,”.

4. Doa untuk Suami yang Bekerja Agar Dihindarkan dari Segala Kesulitan

Doa yang bisa dipanjatkan kepada Allah untuk suami adalah doa agar dihindarkan dari segala kesulitan yang tidak bisa ditanggungnya.

“Allahumma Innii As-alikal ‘Afwa Wal ‘Aaffiyah Fid Dun-yaa Wal Aakhirah. Allahumma Innii As-Alukal ‘Afwa Wal ‘Aafiyah Fi Diini Wa Dunyaa-ya Wa Ahlii Wa Maalii. Allahummas-Tur ‘Au-Raatii Wa Aamin Rau-‘aatii,”.

“Allahumma-Fadz-Nii Min Baini Yadayya Wa Min Khalfii Wa ‘An Yamiinii Wa ‘An Syimaalii Wa Min Fauqii. Wa A-‘Uudzu Bi ‘Adzmatika An-Ughtaala Min Tahtii,”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan-Mu dan bebaskanlah aku dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan kepada-Mu agar terhindar dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku,“

“Ya Allah, lindungilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku,”

5. Doa untuk Suami yang Bekerja Agar Terhindar dari Harta yang Haram

Saat bekerja, suami akan pulang membawa rezeki. Tentunya suami harus memastikan bahwa rezeki yang dibawa untuk keluarga berasal dari sesuatu yang halal. Sebab, jika salah satunya adalah harta yang haram, makan hal tersebut tidak akan menjadi berkah dan akan dipertanggungjawabkan oleh suami di akhirat kelak.

Allahumma yaa ghoniyyu yaa hamiid yaa mubdi’u yaa mu’iid yaa rohimu yaa waduud yaa fa’alu lima yuriid agnini bihalaalila, anharoomika wa bifadlika ‘amman siwaak,”.

Artinya: “Ya Allah Tuhanku Yang Maha Kaya dan Maha Terpuji, Tuhan Yang Menakdirkan dan Yang Mengembalikan, Yang Maha kasih dan Maha Kasih Sayang. Berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang Engkau haramkan, berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karuniaMu,”.

Doa tersebut berisi permintaan agar dicukupkan dengan harta yang halal dan dihindarkan dari harta haram. Seorang istri wajib mendoakan suami agar selalu berada di jalan kebenaran ketika bekerja sehingga terhindar dari harta yang haram.

6. Doa untuk Suami yang Bekerja di Tempat yang Jauh

Bagi istri yang menjalani hubungan jarak jauh dengan suami, ini memang merupakan perkara yang tidak mudah. Diperlukan kesabaran ekstra agar hubungan antara suami dan istri tetap terjaga. Selain komunikasi rutin, istri juga perlu memperkuat jalinan cinta dengan doa-doa yang tulus dan ikhlas.

Astawdi’ullaha diinaka, wa amaanataka, wa khowaatiima ‘amalik,”.

Artinya: “Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah,”.

Ketika membaca doa ini, istri bisa merasa tenang karena telah menitipkan suaminya pada sebaik-baik Dzat, Sang Pencipta, dan Sang Pemilik. Dengan melafadzkan doa tersebut, diharapkan Allah sentiasa melindungi, menjaga, dan membimbing suami meskipun berada jauh.

Baca Juga: Jangan Didiamkan, 4 Tanda Ini Menunjukkan Suami Istri Perlu Konsultasi ke Seksolog

Adab Berdoa kepada Allah Saat Mendoakan Suami

doa untuk suami yang bekerja

Foto: Orami Photo Stock

Berdoa kepada Allah memiliki adab atau aturannya. Tentu saja hal ini juga berlaku saat seorang istri berdoa untuk suaminya yang sedang bekerja. Lalu apa saja adab berdoa kepada Allah? Simak penjelasannya berikut ini:

  • Berdoa Secara Khusyu’, artinya tidak memikirkan hal-hal lainnya selama berdoa. Berdoa harus fokus kepada Allah dan apa yang diinginkan. Berdoa dengan khusyu’ juga bisa menyebabkan do’a mudah terkabul.
  • Memuji Allah Melalui Sifat-Nya. Allah mempunyai asmaul husna yang berjumlah 99. Menyebutkan naman-nama tersebut saat berdoa bisa menjadi bentuk penghambaan dan pengabdian kepada Allah. Selain itu, menyebut nama Allah dalam setiap doa adalah perbuatan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.
  • Berdoa di Waktu Mustajab, yakni di antara adzan dan iqomah, di sepertiga malam dan selesai sholat. Dengan berdoa di waktu-waktu tersebut, sangat diharapkan doa untuk suami yang sedang bekerja akan mudah terkabulkan.
  • Berdoa dengan Doa yang Baik. Karena segala doa akan kembali kepada yang mendoakan, istri dianjurkan untuk berdoa dengan memohon hal atau sesuatu yang baik kepada Allah.
  • Menggunakan Pakaian yang Baik. Saat berdoa, sangat ditekankan untuk mengenakan atau memakai pakaian yang baik dan menutupi aurat. Karena berdoa adalah waktu untuk mendekatkan diri dengan Allah.

Semoga dengan selalu memanjatkan doa untuk suami yang sedang bekerja, akan membuat istri lebih tenang dan suami lebih giat saat mencari nafkah.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait