Kesehatan

14 Oktober 2021

Berkenalan dengan Dokter Andrologi, Solusi Kesuburan untuk Dads!

Yuk cari tahu tentang dokter andrologi, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Adeline Wahyu

Ketika baru menikah, salah satu hal yang sering diinginkan adalah cepat memiliki momongan. Itulah sebabnya Mom dan Dads berpikir untuk mulai melakukan program hamil.

Agar program hamil cepat berhasil, Moms perlu mengunjungi dokter spesialis kandungan untuk memeriksakan kondisi kesehatan kandungan dan organ reproduksi.

Bagaimana dengan Dads? Dads juga perlu melakukan hal yang sama yaitu mengunjungi dokter andrologi untuk memeriksakan organ reproduksi termasuk meningkatkan kualitas sel sperma.

Jurnal yang diterbitkan oleh National Center of Biotechnology Information di Amerika Serikat tentang “Semen Quality and Time to Pregnancy” menyatakan bahwa kualitas telur perempuan dan sperma laki-laki sama-sama menentukan peluang seorang perempuan bisa hamil.

Untuk meningkatkan peluang kehamilan, tingkat kesuburan Moms memegang peranan penting hingga 40%. Hal ini juga berlaku bagi Dads, yaitu 40%.

Sisanya, Dr. May Jane Minkin, selaku Spesialis Kandungan dan Clinical Professor of Obstetric di Universitas Yale, New Haven, Connecticut, Amerika Serikat menyatakan bahwa 15% hingga 20% ditentukan dari waktu pertemuan sel sperma Dads dan telur Moms saat bercinta kala Moms sedang dalam masa subur.

Jadi ketiga faktor tersebut sama-sama memiliki faktor yang kuat untuk membuat seorang wanita menjadi hamil.

Baca juga: Spermatogenesis, Proses Pembentukan Sperma yang Menentukan Keberhasilan Pembuahan

Masalah Kesehatan yang Ditangani Dokter Andrologi

4 Efek Samping Vasektomi pada Kesehatan Pria, Wajib Tahu!

Foto: Orami Photo Stock

Sebenarnya, istilah andrologi berasal dari kata Yunani yaitu Andros yang artinya laki-laki.

Dilansir dari laman drnudell.com, dokter andrologi adalah spesialisasi kedokteran yang menangani sistem reproduksi pria dan disfungsi seksual pria.

Seseorang yang memiliki spesialisasi pada sistem kemih (urologi) pria dan wanita, juga bisa memiliki spesialisasi dalam andrologi.

Andrologi merupakan bidan spesialisasi yang belum sepopuler ginekologi. Namun beberapa waktu terakhir, bidang ilmu kedokteran ini bisa dikatakan naik daun karena kesadaran masalah kesuburan dan prostat pria.

Seorang dokter andrologi memiliki kompetensi melakukan beberapa prosedur medis seperti menganalisis sperma dan air mani, perawatan spermatogenesis atau perawatan untuk membantu proses pembuahan sel telur, bayi tabung (IVF), kontrasepsi pria, hiper dan hipo gonadotrophin, antibodi antisperma, hingga kriopresevasi.

Krioperservasi merupakan sebuah metode yang digunakan untuk menyimpan dan pembekuan sel sperma.

Pada pria berusia produktif, dokter andrologi tidak hanya dapat menangani pria yang memiliki gangguan reproduksi, tetapi masalah lain seperti gangguan hormon.

Pada usia pria yang sedang dalam masa sexually active pun, dokter andrologi juga bisa membantu pria untuk berperan aktif menjadi pihak yang menjalankan keluarga berencana dengan KB hormonal.

Bukan hanya Moms saja yang perlu mengonsumsi atau mengenakan alat KB. Dads pun juga perlu.

Sementara pada usia lanjut, dokter andrologi dapat membantu pria untuk tetap dapat aktif secara seksual.

Saat melakukan perawatan kesehatan, biasanya seorang dokter andrologi juga bermitra dengan beberapa bidang kedokteran lain seperti psikiater, kebidanan dan kandungan, bedah urologi, dan kesehatan anak.

Lalu apa saja masalah kesehatan pria yang bisa ditangani oleh dokter andrologi?

Dokter spesialis andrologi biasanya mengatasi beberapa masalah kesehatan, seperti:

1. Infertilitas Pria

Seperti yang telah diutarakan di atas, kesuburan pria pun juga memengaruhi potensi wanita untuk bisa hamil.

Jika Moms dan Dads sedang menjalankan program hamil, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter ginekolog untuk Moms dan dokter andrologi untuk menangani masalah ketidaksuburan hormon para Dads.

Baca juga: 17 Makanan Mengobati Ejakulasi Dini, Bisa Bikin Tahan Lama di Atas Ranjang!

2. Hipogonadisme

Tahukah Moms bahwa tidak hanya pada pria dewasa, dokter andrologi juga menangani masalah pada anak seperti hipogonadisme ataupun memeriksa apakah ukuran testis sesuai dengan usianya.

Salah satu masalah yang terjadi pada testis pria adalah hipogonadisme yaitu ketika testis hanya sedikit memproduksi hormon seksual laki-laki.

Penyebabnya bisa meliputi penyakit autoimun, kelainan genetik, infeksi, gangguan pada hati atau ginjal, radiasi, dan komplikasi tindakan operasi pada organ kelamin laki-laki.

Apa saja gejala dari hipogonadisme pada laki-laki?

Gejala hipogonadisme bisa berupa kehilangan massa otot, pembesaran payudara (ginekomastia), serta penurunan minat untuk bercinta.

3. Disfungsi Ereksi

Ketidakmampuan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi saat bercinta dikenal sebagai disfungsi ereksi.

Pria mungkin merasa sulit untuk menghadapi situasi ini. Namun, dengan pengobatan yang tepat dilakukan pada waktu yang tepat oleh dokter spesialis andrologi, kondisi ini dapat diobati.

4. Gangguan Prostat

Masalah prostat sering terjadi pada pria di atas usia 50 tahun. Prostat adalah kelenjar yang berhubungan dengan produksi air mani pada pria.

Pembesaran kelenjar prostat, prostatitis, dan kanker prostat adalah beberapa penyakit umum yang berhubungan dengan kelenjar ini.

5. Kekurangan Hormon Pria

Setiap kekurangan hormon atau androgen pria, akan "memainkan" peran penting dalam kontribusi reproduksi serta kesehatan pria.

Berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi dapat membantu seseorang menemukan penyebab pasti dan solusi yang efektif akan masalah kesehatan yang ia alami.

Apakah Dads atau orang terdekat mengalami gejala atau masalah seperti prostatitis, kanker prostat, kanker penis, kanker testis, disfungsi ereksi, infertilitas, varikokel, hidrokel, hingga ejakulasi dini?

Agar tidak berlarut-larut, tak ada salahnya untuk segera buat janji dengan dokter andrologi di rumah sakit terdekat.

Baca juga: Dads Perlu Tahu, Ini 6 Penyebab Penis Mengecil

Rekomendasi Dokter Andrologi

6 Masalah Pria Yang Sebabkan Pasangan Sulit Hamil 4

Foto: Orami Photo Stock

Bagi Dads yang ingin melakukan konsultasi atau membutuhkan penanganan khusus terkait organ reproduksi pria, berikut beberapa rekomendasi dokter andrologi yang dapat dikunjungi:

  • dr. Nugroho Setiawan, Sp.And, Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jl. RS. Fatmawati Raya No.4, RT.4/RW.9, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430.
  • Prof. dr. Wahyuning Ramelan, Sp.And. Metropolitan Medical Center, Jl. H.R Rasuna Said Kav.C 20-21, Karet Kuningan, RT.1/RW.5, Karet Kuningan, RT.1/RW.5, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940
  • dr. Tiara Kirana, Sp.And. Primaya Hospital, Jl. MH. Thamrin No.3, RT.003/RW.001, Cikokol, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143
  • Dr. H. Endro Purwoko, Sp.And. Rumah Sakit EMC Tangerang, Jl. KH Hasyim Ashari No.24, RT.001/RW.007, Buaran Indah, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15119
  • dr. Nugroho Setiawan, Sp. And. Rumah Sakit Pondok Indah, Jl. Metro Duta Kav. UE, Pondok Indah, Kec. Kby. Lama, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310
  • dr. Heru Harsojo. Oentoeng, M. Repro, Sp.And. Rumah Sakit Sam Marie, Jl. Wijaya I No.45, RT.10/RW.5, Petogogan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170

Demikian beberapa hal penting yang Moms dan Dads perlu ketahui seputar dokter andrologi.

Tak perlu malu untuk mengonsultasikan lebih lanjut dengan dokter andrologi seputar kesehatan reproduksi, ya!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3946620/
  • https://www.today.com/health/how-get-pregnant-faster-here-s-what-doctors-say-t155440
  • https://www.drnudell.com/2015/05/18/andrology/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait