Rupa-rupa

7 Juni 2021

Rekomendasi 9 Drama Korea Sekolah, Angkat Kisah Cinta Hingga Bullying

Drama Korea sekolah menyajikan kisah yang beragam, mulai dari bullying hingga kisah cinta
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Cerita merupakan salah satu daya tarik drama Korea. Wajar saja, karena serial dari negeri ginseng ini terkadang menyuguhkan berbagai isu menarik kepada penonton. Drama Korea sekolah salah satunya.

Banyak drama Korea sekolah yang menarik untuk ditonton lho Moms. Kisah yang diangkat juga cukup menarik, mulai dari kisah cinta, kecurangan hingga bullying di sekolah.

Selain itu, menonton drama Korea sekolah juga bisa membangkitkan memori Moms tentang persahabatan atau cinta pertama di masa lalu.

Nah, berikut rekomendasi drama Korea sekolah dengan cerita menarik dan penuh informasi tentang dunia pendidikan Korea.

Baca juga: 6 Rekomendasi Drama Korea untuk Ditonton selama Pandemi COVID-19

Rekomendasi Drama Korea Sekolah

Drama Korea Sekolah memang cukup menarik untuk ditonton. Pasalnya, drama dengan latar kehidupan sekolah ini sarat akan pesan moral dan juga informasi mengenai dunia pendidikan di negeri ginseng.

1. School 2015

School 2015

Foto : Orami Photo Stock

Go Eun Byul dan Lee Eun Bi(keduanya diperankan oleh Kim So Hyun) adalah anak kembar identik yang terpisah sejak usia 5 tahun karena Eun Byul diadopsi.

Hingga remaja, Eun Bi tinggal di Love House, sebuah panti asuhan di Tongyeong, Provinsi Gyeongsang Selatan , di mana penghuni yang lebih muda memandangnya sebagai sosok ibu.

Di balik sifat keibuannya, Eun Bi ternyata menutupi kenyataan kalau dirinya dirundung di sekolah oleh kelompok yang dipimpin oleh Kang So Young (Cho Soo Hyang). Namun, hal tersebut tidak pernah mendapat perhatian dari para guru.

Sementara itu, Eun Byul saat ini belajar di Sekolah Menengah Atas Sekang, sekolah menengah atas swasta paling bergengsi di Distrik Gangnam Seoul. Kehidupannya di sekolah juga sangat berbeda dengan Eun Bi.

Eun Byul merupakan siswa populer dan memiliki sahabat bernama Han Yi An (Nam Joo Hyuk). Keduanya merupakan siswa populer di sekolah. Yi An merupakan atlet renang dan sudah bersahabat sejak Eun Byul kecil.

Lalu suatu hari, Eun Byul menghilang secara misterius. Segera setelah itu, Eun Bi kehilangan ingatannya dan dikira sebagai Eun Byul. Eun Bi kemudian mulai menjalani hidupnya sebagai Eun Byul.

2. School 2017

School 2017

Foto : hancinema

Drama ini menggambarkan siswa di SMA Geumdo yang banyak terjadi praktek korupsindan nepotisme. Selain itu, pihak sekolah juga menekan para siswa dengan sistem nilai dan peringkat yang dianggap tidak adil.

Ra Eun Ho (Kim Se Jeong), seorang anak berusia 18 tahun yang ceria dan baik hati. Ia memiliki mimpi menjadi artis webtoon.

Suatu hari, Ra Eun Ho harus terjebak dnegan ulah seorang pembuat onar misterius di sekolah, yang dikenal sebagai 'Siswa X'. Ketika dia dituduh sebagai Siswa X, mimpinya untuk pergi ke universitas untuk belajar seni terancam karena dia menghadapi pengusiran.

Hyun Tae Woon (Kim Jung Hyun) adalah putra direktur sekolah yang menikmati masa mudanya tetapi menyembunyikan luka dari masa lalu. Song Dae Hwi (Jang Dong Yoon) adalah siswa yang cerdas yang menempati peringkat 1 setiap kali tetapi tidak memiliki cukup uang untuk kuliah impiannya.

Mereka bertiga berusaha bekerjasama untuk menghapuskan praktik korupsi dan juga sistem sekolah yang sangat merugikan bagi para siswanya.

Baca juga: 5 Drama Korea Soal Cinta Beda Dunia, Unik!

3. Love Alarm

Love Alarm

Foto : Orami Photo Stock

Drama ini bercerita tentang sebuah aplikasi bernama Joalarm yang baru saja diluncurkan. Aplikasi ini dapat membantu seseorang untuk mengetahui perasaan orang yang disuka dalam jarak 10 meter.

Kim Jo Jo (Kim So Hyun), Hwang Sun Oh dan Lee Hye Young harus mengseorang siswa sekolah menengah yang cantik, pintar dan ceria. Namun, di balik sosoknya tersebut Jo Jo menyimpan sebuah trauma karena kematian orangtuanya saat masih kecil.

Selain itu, Jo Jo juga harus menyembunyikan kenyataan kalau dia merasa kesulitan selama tinggal dengan bibinya.

Hwang Sun Oh (Song Kang) siswa baru yang populer di sekolah Jo Jo. Namun, ia adalah anak yang tidak diharapkan oleh orangtuanya.

Sun Oh memiliki teman baik bernama Lee Hye Young (Jung Ga Ram). Mereka berdua memiliki sifat yang sangat berbeda. Hye Young sangat pemalu, sementara Sun Oh selalu percaya diri.

Secara diam-diam, Hye Young menyukai Jo Jo. Bahkan, ia juga selalu membunyikan Joalarm milik Jo Jo. Hanya saja Jo Jo tidak pernah tahu siapa orang yang membunyikan aplikasinya itu.

Sementara itu, Sun Oh juga menyukai Jo Jo sejak pertama bertemu. Ia mencoba untuk mendekatinya dan berusaha mengetahui perasaan Jo Jo melalui aplikasi Joalarm.

4. At Eighteen

At Eighteen

Foto : Orami Photo Stock

Choi Joon Woo (Ong Seon Wu) siswa 18 tahun yang sudah terbiasa dengan kesepian. Ia memiliki sifat yang manis, tetapi tidak pandai mengungkapkan perasaannya.

Saat pindah ke sekolah baru, ia bertemu dengan Yoo Soo Bin (Kim Hyang Gi), siswa terbaik yang dikendalikan oleh ibunya. Setelah bertemu Choi Joon Woo, dia mengalami perubahan kecil dalam hidupnya.

Sementara itu, Ma Whi Young (Shin Seung Ho) adalah seorang siswa yang terlihat sempurna dan lembut, tetapi dia menderita penyakit yang kompleks. Dia bertingkah seperti orang yang kuat, tapi dia benar-benar anak laki-laki berumur 18 tahun yang pemalu. Hidup Whi Young juga berubah setelah bertemu Choi Joon

Woo.

5. Extraordinary You

Extraordinary You

Foto : hancinema

Eun Dan-O (Kim Hye-Yoon) seorang siswa yang berasal dari keluarga kaya, tetapi mengidap penyakit jantung yang mematikan. Ia sangat menyukai tunangannya, Baek Kyung (Lee Jae Wook).

Suatu hari, Eun Dan-O kehilangan ingatan jangka pendek dan dia bisa melihat apa yang akan terjadi dalam waktu dekat. Dia bingung dengan gejalanya. Kemudian, Jinmiche, dari kantin sekolah, memberi tahu Eun Dan O bahwa dia adalah karakter dalam komik berjudl “Secret" seperti semua orang di sana.

Eun Dan O mengetahui bahwa ia bukanlah karakter utama, tetapi ekstra yang tidak punya waktu untuk hidup. Eun Dan O kaget, tapi dia memutuskan dia ingin menemukan cinta pertamanya yang sebenarnya dan bukan seseorang yang ditulis oleh penulis komik.

Suatu hari, dia jatuh dari tangga sekolah. Dia merasakan punggungnya menyentuh punggung siswa lain, di antara sekelompok siswa laki-laki. Jantungnya tiba-tiba mulai berdebar-debar. Eun Dan-O ingin menemukan siswa laki-laki yang membuat hatinya berdebar-debar.

Dia akhirnya menemukan siswa tersebut (Ro Woon) dan dia adalah teman sekelasnya. Dia adalah karakter yang tidak memiliki nama. Mereka mendekat dan Eun Dan-O menamainya "Ha-Roo."

Baca juga : Tidak Mudik, Tonton 5 Drama Korea Terbaru Ini untuk Isi Waktu Luang

Drama Korea Sekolah Terbaik dengan Rating Tinggi

Walaupun banyak drama Korea sekolah yang menarik untuk disaksikan, tetapi tidak semua mendapat sambutan terbaik dari penonton.

Mom, kalau ingin menonton drama Korea terbaik dengan rating tinggi, berikut daftarnya.

6. School 2013

School 2013

Foto : hancinema

SMA Seungri merupakan salah satu sekolah terburuk di Seoul. Berdasarkan nilai akademis siswanya, sekolah ini berada di urutan terakhir dari daftar 178 yang terdaftar di kota tersebut.

Untuk meningkatkan prestasi, SMA Seungri merekrut seorang guru Bahasa Korea terbaik dari sebuah akademi bernama Kang Se Chan (Choi Daniel).

Pihak sekolah memperkenalkan Se Chan saat tahun ajaran baru, tetapi kehadirannya membuat seorang siswa bernama Go Nam Soon (Lee Jong Suk) merasa malu.

Tak hanya itu, selama mengajar di SMA Seungri, Se Chan juga terus mempehatikan gerak gerik Se Chan selama di sekolah.

7. Black Dog : Being A Teacher

Black Dog : Being A Teacher

Foto : hancinema

Jika kebanyakan drama Korea sekolah mengangkat kisah para murid, tidak demikian dengan Black Dog: Being A Teacher. Drama ini bercerita tentang perjuangan seorang wanita yang ingin menjadi guru tetap di sebuah sekolah.

Ko Ha Neul (Seo Hyun Jin) bekerja sebagai guru sementara di sekolah menengah swasta. Saat bekerja di sana, dia berinteraksi dengan banyak orang, termasuk guru Park Sung-Soon (Ra Mi-Ran) dan Do Yeon-Woo (Ha-Joon).

Keduanya berdedikasi untuk sekolah tempat mereka mengajar. Namun, selama bekerja di tempat tersebut, ia mendapat berbagai masalah yang mengancam posisinya.

Hal itu sempat membuatnya putus asa, tetapi selama mengatasi masalah itu, Ko Ha-Neul tumbuh sebagai pribadi dan guru.

Baca juga : 5 Rekomendasi Drama Korea Bertema Medis, Sudah Nonton?

8. Dream High

Drama Korea Sekolah

Foto : hancinema

Drama ini bercerita tentang para siswa di SMA Kirin yang berjuang untuk masuk ke industri musik Korea sebagai seorang idola.

Song Sam Dong (Kim Soo Hyun) seorang pria dari desa yang diam-diam memiliki bakat dalam bermusik setelah direkrut oleh Kepala Sekolah SMA Kirim.

Ko Hye Mi (Suzy) memiliki mimpi untuk menjadi soprano kelas dunia, tetapi harus menyerah setelah ayahnya mengalami kebangkrutan dan akhirnya masuk ke SMA Kirin

Jin Gook (Taecyeon) siswa nakal yang memiliki bakat menari, tetapi dia adalah siswa bermasalah di sekolah sejak masih SMP. Ia juga direkrut oleh direktur SMA Kirin.

Jason (Wooyoung) siswa asal Amerika yang berhasil masuk SMA Kirin dengan nilai terbaik. Yoon Baecky (Eunjung) mantan sahabat Ko Hye Mi yang menjadi rival saat masuk ke SMA Kirin.

Pil Suk (Lee Ji Eun/IU), siswa yang memiliki suara bagus tetapi sempat ditolak SMA Kirin karena tubuhnya gemuk dan tidak sesuai dengan standar kecantikan seorang idol.

Kisah para siswa ini berhasil menarik perhatian penonton dan meraih rating terbaik nomor 3 selama masa penayangannya di Korea.

9. True Beauty

True Beauty

Foto : Orami Photo Stock

Im Ju Kyung (Moon Ga Young) seorang siswa sekolah menengah yang memiliki masalah dengan penampilannya. Ia selalu menutupi wajah aslinya dengan riasan, sehingga tidak ada orang lain yang mengetahui wajah aslinya.

Namun, suatu kejadian membuat wajah Ju Kyung diketahui oleh teman sekelasnya, Lee Su Ho (Cha Eun Woo). Siswa terbaik di sekolah yang memiliki wajah yang sangat tampan.

Kedekatan Su Ho dengan Ju Kyung membuat Han Seo Jun (Hwang In Yeop) kesal. Karena ia tidak ingin melihat Su Ho bahagia setelah kejadian di masa lalu.

Selain menceritakan tentang kisah cint segitiga antara Ju Kyung, Su Ho dan Seo Jun, drama ini juga memperlihatkan bagaimana persahabatan Ju Kyung dengan teman sekelasnya serta juga interaksi antara guru dan para siswa di sekolah.

Baca juga: 5 Drama Korea tentang Perselingkuhan yang Bikin Senewen

Demikian rekomendasi drama Korea sekolah dengan cerita menarik dan terbaik. Semoga bisa membantu mengisi waktu luang ya Moms.

  • https://thesmartlocal.com/korea/korean-school-dramas/
  • https://www.soompi.com/article/1422071wpp/10-high-school-k-dramas-to-watch-for-the-start-of-the-school-year
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait