Bayi

BAYI
22 Juni 2020

Eczema Bisa Lebih Parah saat Cuaca Hangat, Mengapa?

Kenali langkah menangani eczema yang terjadi pada cuaca hangat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat mulai melewati musim hujan, cuaca akan mulai menghangat. Selain mempersipkan diri dengan camilan segar menjelang musim panas, Moms juga harus mewaspadai kondisi kulit Si Kecil yang mengalami eczema.

Banyak yang menyangka bahwa gejala eczema akan lebih parah teradi pada cuaca hangat. Apakah benar eczema terkait dengan cuaca?

Sebenarnya, vitamin D dalam sinar matahari dapat membantu mengobati eczema. Namun, saat mendapatkan cuaca hangat secara tiba-tiba, eczema justru membuat kulit lebih sensitif, lebih gatal, dan lebih rentan terhadap kemerahan.

Ditambah lagi perubahan cuaca yang cepat dari panas ke dingin atau sebaliknya, menambah kondisi kering lebih parah pada kulit dan memperburuk eczema.

Baca Juga: 5 Makanan Yang Dapat Memicu Eczema Pada Balita

Eczema pada Bayi dan Anak-anak

Mengapa Eczema Bisa Lebih Parah dalam Cuaca Hangat -1.jpg

Foto: Everydayhealth.com

Melansir Healthychildren, setidaknya satu dari 10 anak memiliki eczema yang juga disebut dermatitis atopik, yakni masalah kulit yang berkelanjutan yang menyebabkan kulit kering, merah, gatal. Anak-anak dengan eczema akan memiliki kulit lebih sensitif daripada orang lain.

Eczema disebabkan oleh masalah dengan penghalang kulit. Banyak anak-anak dengan eczema tidak memiliki cukup protein khusus yang disebut "filaggrin" di lapisan luar kulit. Filaggrin membantu kulit membentuk penghalang yang kuat antara tubuh dan lingkungan. Kulit yang memiliki terlalu sedikit protein ini sulit bertahan dalam air dan mencegah bakteri dan iritasi lingkungan.

Gen dan lingkungan juga berperan dalam kondisi eczema. Eczema bisa terjadi dengan kondisi alergi lain seperti asma dan rinitis alergi. Eczema akan terlihat berbeda untuk setiap orang, tetapi umumnya Moms akan menemukan bercak-bercak kulit bersisik kering, benjolan kecil, dan gatal-gatal parah. Bisa hanya berupa beberapa bercak kecil atau mungkin lebih luas tersebar di seluruh tubuh Si Kecil.

Eczema saat Cuaca Hangat

Mengapa Eczema Bisa Lebih Parah dalam Cuaca Hangat -2.jpg

Foto: Polyclinic.com

Dr Anton Alexandroff, seorang konsultan ahli kulit dan juru bicara untuk British Skin Foundation mengatakan, kulit bisa menjadi lebih kering saat menggunakan pemanas di rumah. Selain itu, faktor genetik dan lingkungan juga akan mengakibatkan parah atau tidaknya eczema yang terjadi pada Si Kecil.

"Itu karena kecenderungan genetik yang mempengaruhi integritas penghalang kulit, dan sering dikaitkan dengan mutasi pada apa yang disebut gen filaggrin. Akibatnya, alergen lingkungan atau mikroba lebih mudah menembus penghalang kulit dan menyebabkan peradangan pada kulit,” jelasnya

Perubahan cuaca dari dingin ke panas atau sebaiknya juga berpengaruh. Kondisi di luar yang dingin dan berangin dan diikuti oleh lingkungan yang kering, kemudian masuk ke dalam rumah juga akan menyebabkan kerusakan pada kulit.

Bahkan, beberapa orang menemukan bahwa eczema dipicu oleh tungau debu yang tumbuh subur di lingkungan dalam rumah yang hangat.

Baca Juga: Mengenal Eczema, Penyakit Kulit Yang Sering Diderita Balita

Mengatasi Eczema Mulai dari Rumah

Mengapa Eczema Bisa Lebih Parah dalam Cuaca Hangat -3.jpg

Foto: Babypibu.com/Istockphoto

Jika eczema yang terjadi pada cuaca hangat menganggu Si Kecil, ini juga akan mempengaruhi kondisi kesehatannya. "Infeksi seperti selesma, dermatitis non-spesifik menyebabkan kerusakan dalam sistem kekebalan tubuh secara umum," tambah Anton.

Moms bisa memastikan kondisi rumah tidak terlalu panas membeli pelembab udara jika udara kering di dalam rumah menjadi perhatian. Selain itu, yang paling penting adalah mempertahankan rutinitas penggunaan pelembab.

Menurut Allergy.UK, menggunaan pelembap secara rutin bisa mengurangi tingkat kekeringan kulit.

"Pelembab yang lebih berminyak akan lebih efektif, sehingga salep lebih baik daripada krim dan lotion. Cuci dengan pelembab dan tambahkan minyak mandi ke dalam bak mandi, hindari sabun, gel mandi dan busa mandi, yang menghilangkan lemak kulit,” tambah dia.

Jika masih belum menemukan penyebab pasti enzema pada kulit, alangkah lebih baiknya untuk mengunjungi dokter anak atau dokter kulit.

"Jika eczema tiba-tiba tidak bisa dikendalikan dan mengganggu, bisa jadi eczema telah berubah menjadi alergi terhadap sesuatu seperti wewangian, pewarna atau bahan pengawet. Seorang dokter kulit dapat mengatur tes alergi untuk memastikan," jelas Anton.

Baca Juga: Cara Mengatasi Eczema Pada Anak

Jika Si Kecil mengalami eczema pada cuaca hangat, Moms bisa menggunakan cara di atas agar bayi merasa lebih nyaman.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait