Fashion & Beauty

3 September 2021

7 Efek Samping Daun Jambu Biji untuk Wajah, Atasi Jerawat dan Flek Hitam

Cek dulu apa saja efek samping daun jambu biji untuk wajah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Efek samping daun jambu biji untuk wajah tidak banyak yang mengetahuinya. Moms sendiri apakah pernah menggunakan daun jambu biji untuk perawatan wajah? Tanaman jambu biji tidak hanya bisa disantap buahnya saja, tetapi daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk kulit wajah.

Berhubung menggunakan bahan alami, maka tidak ada efek samping daun biji untuk wajah yang negatif. Efek yang ditimbulkan justru efek positif yang bisa berguna untuk kecantikan wajah.

Tak heran kalau industri kecantikan sering menggunakan ekstrak daun jambu biji dalam campuran bahan kosmetik mereka.

Efek Samping Daun Jambu Biji untuk Wajah

Daun Jambu Biji

Foto: centro.web.id

Ada banyak efek samping daun jambu biji untuk wajah jika Moms melakukan perawatan rutin dengan menggunakan daun jambu biji. Beberapa efek samping daun jambu biji untuk wajah, yaitu:

Baca Juga: Seluk Beluk Tanaman Miana, Mulai dari Jenis hingga Manfaatnya

1. Mengatasi Jerawat

Efek samping daun jambu biji untuk wajah yang pertama adalah bisa mengatasi timbulnya jerawat pada wajah.

Dalam sebuah studi berjudul The Antimicrobial Activities of Psidium Guava and Junglans Regia Leaf Extracts to Acne , telah dibuktikan bahwa ekstrak daun jambu biji sangat efektif dalam membunuh bakteri penyebab jerawat.

Dalam daun jambu biji terdapat kandungan antimikroba, antiseptik, dan antiradang yang di dalamnya bisa membersihkan pori-pori kulit dan menenangkan kulit yang meradang karena jerawat.

Menurut jurnal yang berjudul Uji Aktivitas Ekstrak dan Fraksi Daun Jambu Biji Terhadap Pertumbuhan Bakteri , dijelaskan bahwa efek samping daun jambu biji untuk wajah adalah bisa mengatasi jerawat yang diakibatkan oleh faktor kelebihan minyak maupun hormon.

Pasalnya, ekstrak daun jambu biji memiliki kandungan anti bakteri di dalamnya. Kandungan anti bakteri ini mampu membunuh bakteri propionibacterium acnes yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit wajah.

2. Menghilangkan Flek Hitam

Menghilangkan Flek Hitam

Foto: coveteur.com

Efek selanjutnya dari daun jambu biji untuk wajah adalah bisa menghilangkan flek hitam yang ada pada kulit wajah. Baik itu yang dikarenakan bekas jerawat hingga karena penuaan dini.

Dalam daun jambu biji terdapat kandungan antiseptik yang bisa membersihkan sisa bakteri yang sudah mati yang masih menempel pada kulit.

Dengan mengoleskan daun jambu biji yang sudah ditumbuk pada bagian wajah yang terkena flek hitam selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan hal ini secara rutin selama kurang lebih seminggu.

Baca Juga: 7 Manfaat Kombucha untuk Kesehatan, Ternyata Bisa Mengatasi Kanker lho Moms!

3. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini pada Wajah

Mengatasi Penuaan Wajah

Foto: webmd.com

Efek samping daun jambu biji untuk wajah juga bisa mencegah penuaan dini. Mulai dari munculnya garis halus, keriput, hingga bintik hitam yang diakibatkan oleh faktor penuaan usia.

Dalam sebuah jurnal Formulasi Sediaan Masker Krim Ekstrak Daun Jambu Biji dijelaskan bahwa masker wajah dengan campuran ekstrak jambu biji di dalamnya bisa mengencangkan kulit, dan mengangkat sel kulit mati.

Kandungan zat antioksidan alami yang cukup tinggi dalam daun jambu biji yang mengandung flavonoid inilah yang bisa mengencangkan kulit sehingga dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada wajah.

Tak hanya itu saja, ada juga kandungan likopen dalam daun jambu biji yang bisa melindungi sel-sel kulit yang masih sehat dari racun yang menumpuk dalam tubuh karena berbagai macam faktor.

Racun yang menumpuk ini bisa menyebabkan penuaan dini dengan merusak DNA pada kulit wajah.

4. Mengangkat Komedo Hitam

Komedo hitam atau black head merupakan tonjolan kecil berwarna hitam yang muncul di area kulit dikarenakan tersumbatnya folikel rambut oleh minyak atau sel kulit mati.

Dengan menggunakan daun jambu biji, maka sel kulit mati bisa diangkat sehingga penyumbatan folikel rambut bisa teratasi dengan baik.

Untuk bisa merasakan efek samping daun jambu biji, Moms bisa mengoleskan daun jambu biji yang sudah ditumbuk ke bagian kulit wajah yang ada komedo hitamnya, lalu gosok-gosok secara perlahan selama beberapa menit.

Lakukan hal ini sebanyak dua kali seminggu.

Baca Juga: 14 Tanaman Obat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

5. Meredakan Rasa Gatal pada Kulit Wajah

Meredakan Gatal pada Kulit

Foto: www.houstonmethodist.org

Moms pernah mengalami kulit wajah yang tiba-tiba gatal? Kulit wajah yang gatal bisa menimbulkan masalah kulit serius apabila tidak ditangani dengan baik.

Biasanya rasa gatal yang terjadi pada kulit diakibatkan oleh reaksi zat kimia dari produk kecantikan atau bisa juga dikarenakan debu yang di dalamnya terdapat bakteri.

Dalam daun jambu biji terdapat kandungan antimikroba dan antiseptik yang bisa membunuh kuman serta bakteri yang ada pada kulit wajah sehingga rasa gatal.

Selain itu, daun jambu biji juga mengandung senyawa yang bisa menghambat alergi (antihistamin) sehingga rasa gatal yang muncul pada wajah bisa diatasi dengan baik.

Baca Juga: 8 Manfaat Bunga Kencana Ungu untuk Kesehatan, Pernah Coba?

6. Mencerahkan Kulit Wajah

Efek samping daun jambu biji untuk wajah juga bisa dirasakan sebagai bahan pencerah alami yang aman bagi kulit wajah.

Daun jambu biji mengandung antioksidan dan zat-zat lainnya yang ternyata bisa membantu mengeluarkan sel kulit mati dan membunuh bakteri sehingga kulit bisa menjadi lebih sehat.

Kulit yang sehat akan terlihat lebih cerah, sementara kulit yang tak sehat akan terlihat kusam dan tidak bercahaya. Oleh karena itu, dengan kulit yang sehat, maka kuli wajah akan cerah secara alami.

Moms bisa menggunakan daun jambu biji ini sebagai masker dengan menumbuknya secara kasar lalu mencampurkannya dengan sedikit bubuk kunyit dan air mawar secukupnya. Gunakan masker daun jambu biji ini selama kurang lebih 15-20 menit.

Baca Juga: 13+ Manfaat Kacang Polong, Mampu Jaga Imunitas Tubuh!

7. Bisa Menyembuhkan Luka pada Kulit

Menyembuhkan Luka pada Kulit

Foto: healthline.com

Efek samping daun jambu biji untuk wajah yang terakhir adalah bisa untuk menyembuhkan luka pada kulit. Hal ini diperkuat dalam jurnal berjudul Efek Dambi (Daun Jambu Biji) Terhadap Penyembuhan Luka pada Kulit.

Daun jambu biji mengandung alkaloid, saponin, tanin, dan flavanoid yang bisa berfungsi untuk menyembuhkan luka pada kulit, terutama kulit wajah.

Kandungan-kandungan ini akan meregenerasi kulit yang luka dan juga meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh luka tersebut. Begitulah cara kerja efek samping daun jambu biji untuk wajah.

Sekarang Moms sudah tahu apa saja efek samping daun jambu biji untuk wajah. Apa Moms sendiri ingin mencoba untuk menggunakan daun jambu biji untuk kecantikan kulit wajah?

  • https://makeupandbeauty.com/8-benefits-of-using-guava-leaves-on-skin-and-hair/
  • https://www.healthline.com/nutrition/8-benefits-of-guavas
  • https://www.thehealthsite.com/beauty/use-guava-leaves-to-beat-wrinkles-acne-dark-spots-and-skin-allergies-259105/
  • https://www.thehansindia.com/life-style/beauty/guava-leaves-are-great-for-skin-679979
  • https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3915849/manfaat-jambu-biji-dan-daun-untuk-kecantikan-wajah-bisa-memutihkan-kulit
  • https://www.sehatq.com/artikel/segudang-manfaat-daun-jambu-biji-untuk-wajah
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait