Kesehatan Umum

14 April 2021

13 Efek Samping Daun Sirsak, Bisa Membentuk Kristal di Ginjal

Ternyata bisa menyebabkan diare, hingga produksi keringat berlebih
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Adeline Wahyu

Daftar isi artikel

Siapa yang tak suka dengan sirsak? Sirsak yang memiliki nama botani Annona Muricata adalah pohon buah tropis hijau yang berasal dari hutan hujan Afrika, Amerika Selatan, dan Asia Tenggara ini, kerap diambil manfaat sirsak mulai dari daun, buah, bijinya, akar, dan batangnya digunakan untuk membuat obat. Tapi, yang jarang diketahui ada juga efek samping daun sirsak.

Ya, biasanya buah berduri hijau serta memiliki aroma ini memang kerap dijadikan ramuan ajaib.

Dilansir dari Healthline, popularitas manfaat buah sirsak sebagai obat alami untuk virus, pereda nyeri, dan bahkan beberapa jenis kanker semakin meningkat. Jadi di sisi lain bermanfaat tapi bersamaan juga memiliki efek samping daun sirsak.

Efek Samping Daun Sirsak

Memorial Sloan Kettering Cancer Center menyarankan agar Moms atau Dads tidak mengonsumsi daun sirsak jika sedang minum obat tekanan darah, dan obat diabetes. Lalu, apa saja efek samping daun sirsak?

1. Turunkan Tekanan Darah

Efek samping Daun Sirsak menurunkan tekanan darah

Foto: Orami Photo Stock

Berdasarkan percobaan yang dilakukan pada hewan, ditemukan bahwa efek samping daun sirsak dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Tanaman ini juga bisa melebarkan pembuluh darah.

Jadi, bila Moms dan Dads dengan tekanan darah rendah harus menghindari konsumsi daun sirsak dengan segala cara menurut studi yang dikemukakan oleh Universitas Gajah Mada.

Selain itu, apabila Moms dan Dads sedang dalam pengobatan tekanan darah tinggi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi daun sirsak. Karena, seperti produk alami lainnya, kalian harus mengonsumsinya dalam jumlah yang terkontrol.

2. Infeksi

Ilustrasi infeksi akibat efek samping daun sirsak

Foto: Orami Photo Stock

Efek samping daun sirsak bila dikonsumsi dalam waktu lama dapat menyebabkan perkembangan dan jamur di tubuh.

Untuk itu, cukup konsumsi rebusan daun hanya dalam jangka pendek saja dan tak lupa konfirmasi dengan dokter bila hendak mengonsumsinya dalam beberapa waktu.

3. Penyakit Parkinson

penyakit parkinson

Foto: Orami Photo Stock

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa zat kimia yang ada dalam sirsak juga terdapat pada manusia yang menderita penyakit Parkinson.

Penderita gangguan saraf ini harus menghindari makan sirsak, jika tidak akan mendapatkan efek samping daun sirsak.

Hal ini pun bisa meningkatkan risiko penyakit Parkinson bagi yang mengonsumsi daun sirsak secara berlebih dan dalam jangka panjang.

Penderita penyakit Parkinson pun juga tidak boleh satu kalipun mengonsumsi daun sirsak. Ini bisa membuat kondisi penderita penyakit Parkinson menjadi semakin memburuk.

Oleh karena itu, berkonsultasilah lebih dulu dengan dokter sebelum Moms atau Dads mengonsumsi daun sirsak untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan.

4. Memengaruhi Sistem Kardiovaskular

memengaruhi kardiovaskular

Foto: Orami Photo Stock

Inilah salah satu efek samping daun sirsak yang serius. Dosis besar daun sirsak dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular tubuh. Buah ini dikenal dengan efek depresannya.

Jadi, orang yang menderita masalah jantung harus benar-benar menghindari penggunaannya.

Baca Juga: 8 Manfaat Sirsak untuk Ibu Hamil, Bisa Cegah Mual!

5. Gangguan Uterus

Gangguan uterus sebagai efek samping konsumsi daun sirsak

Foto: Orami Photo Stock

Efek samping daun sirsak yang berlebihan dapat merangsang kontraksi rahim. Ibu hamil harus menghindari mengonsumsi daun sirsak karena dapat menyebabkan keguguran atau persalinan premature.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh ini dapat mengganggu pertumbuhan janin selama kehamilan, oleh karena itu sebaiknya hindari teh sirsak saat hamil dan menyusui. Seperti biasa, ikuti saran dari dokter atau penyedia layanan kesehatan.

6. Masalah Neurologis

Masalah neurologis juga menjadi efek samping konsumsi daun sirsak

Foto: Orami Photo Stock

Selain itu, efek samping daun sirsak juga dapat memicu perkembangan gangguan saraf pada Moms dan Dads. Sehingga, sebelum konsumsi baiknya konsultasikan terlebih dulu ke dokter.

Efek samping daun sirsak bisa sangat kuat. Mereka termasuk sakit perut, masalah jantung, masalah saraf, dan interaksi obat. Meskipun beberapa manfaat potensial dari teh ini terdengar luar biasa, risikonya tidak dapat diabaikan.

7. Mual dan Muntah

Efek samping konsumsi daun sirsak juga bisa sebabkan mual dan muntah

Foto: Orami Photo Stock

Bila Moms dan Dads mengonsumsi daun sirsak dalam bentuk air rebusan serta dalam jumlah yang sangat banyak maka ada efek sampingnya. Efek samping daun sirsak bila dikonsumsi secara berelebih adalah kalian akan langsung merasa mual.

Bahkan, rasa mual ini dapat memicu untuk muntah. Karena, hal ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan pada saluran cerna kalian.

Baca Juga: 5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Ini Ternyata Gejala Penyakit Parkinson

8. Bisa Membentuk Kristal di Ginjal

Masalah ginjal juga bisa dipicu efek samping konsumsi daun sirsak

Foto: Orami Photo Stock

Efek samping daun sirsak bisa menyebabkan air seni menjadi jenuh. Air seni yang jenuh lambat laun akan membentuk kristal di ginjal. Hal ini pun akan memicu terjadinya kondisi batu ginjal yang seringkali mengakibatkan disuria atau sulit buang air kecil.

Oleh karena itu, pengonsumsian teh daun sirsak sebaiknya dipadukan dengan tanaman herbal lainnya yang bersifat diuretik. Tanaman herbal yang bersifat diuretik mampu meluruhkan air seni sehingga tidak jenuh.

Beberapa tanaman herbal tersebut seperti jinten, adas, dan daun sembung.

9. Sebabkan Diare

Diare pun bisa diakibatkan efek samping konsumsi daun sirsak

Foto: Orami Photo Stock

Efek samping daun sirsak selanjutnya baik yang diminum dalam bentuk air rebusan bisa menyebabkan diare. Air rebusan daun sirsak tersebut bisa membuat feses menjadi cair. Sehingga, efek samping daun sirsak ini tidak boleh diremehkan. Tubuh menjadi lemah karena kekurangan cairan.

Selain itu, barengi konsumsi makanan berserat jika mengonsumsi daun sirsak untuk memperlancar buang air besar alias BAB. Jika Moms dan Dads mengalami efek samping ini maka minum air putih lebih banyak.

Kemudian, apabila disertai lemas maka segera pergi ke rumah sakit atau klinik terdekat agar dehidrasi bisa cepat teratasi.

10. Hilangkan Efek Anti Depresan

Efek samping daun sirsak adalah hilangkan anti depresan

Foto: Orami Photo Stock

Bagi Moms atau Dads yang tengah terapi obat-obatan antidepresan karena mengalami depresi sebaiknya berhati-hati dengan efek samping daun sirsak ini. Dikarenakan, bisa menghilangkan efek obat antidepresan yagn kalian konsumsi.

Pengobatan masalah depresi yang sedang menjadi masalah Moms dan Dads bisa menjadi terhambat bahkan gagal akibat pengonsumsian daun sirsak.

Jadi, apabila sedang minum obat-obatan antidepresan sebaiknya tidak mengonsumsi daun sirsak.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Penggunaan Antidepresan Saat Hamil, Moms Perlu Tahu!

11. Produksi Keringat berlebihan

Efek samping konsumsi daun sirsak sebabkan keringat berlebih

Foto: Orami Photo Stock

Jumlah produksi keringat akan meningkat jika mengonsumsi air rebusan daun sirsak secara berlebihan. Hal ini disebabkan oleh daun sirsak yang dapat meningkatkan suhu tubuh karena merangsang pembakaran di dalam tubuh.

Suhu tubuh yang meningkat akan mengeluarkan keringat tanpa disadari. Jika keringat dirasa tetap banjir selama beberapa hari, maka lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter.

Daun sirsak akan meningkatkan suhu tubuh karena merangsang pembakaran di dalam tubuh. Suhu tubuh yang meningkat akan membuat tubuh merasa panas dan akhirnya banyak mengeluarkan keringat tanpa Moms sadari.

Sebaiknya Moms dan Dads menggunakan pakaian yang tidak terlalu tebal agar tidak semakin menambah jumlah keringat. Selain itu, gunakanlah kipas angin atau pendingin ruangan (AC) agar keringat bisa cepat mengering.

12. Timbulkan Masalah Jantung

Sakit jantung juga bisa diakibatkan efek samping daun sirsak

Foto: Orami Photo Stock

Efek samping daun sirsak yang serius yaitu bisa menimbulkan masalah pada jantung. Konsumsi daun sirsak yang berlebih bisa memengaruhi sistem kardiovaskular yang berakibat pada masalah atau gangguan jantung.

Oleh karena itu, penderita jantung sebaiknya tidak mengonsumsi daun sirsak.

13. Timbulkan Halusinasi

Halusinasi disebabkan oleh efek samping daun sirsak

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Cancer Research UK, sebuah penelitian terhadap warga Karibia menemukan bahwa mereka yang makan paling banyak daun sirsak kemungkinan besar mengalami perubahan saraf dan mulai berhalusinasi sebagai efek sampingnya.

Beberapa penelitian menemukan bahwa daun sirsak dapat menyebabkan keracunan pada otak dan sistem saraf. Bahkan jika Moms dan Dads mempertaruhkan efek samping ini untuk melawan kanker, Pusat Perawatan Kanker Amerika mengatakan bahwa teh dapat mengurangi keefektifan kemoterapi.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Sebaiknya, Moms dan Dads kembali mempertimbangkan untuk konsumsi daun sirsak terutama beberapa kondisi yang miliki efek samping daun sirsak yang besar.

Meskipun banyak manfaat daun sirsak namun tidak cukup bukti untuk mendukung klaim tersebut. Malah, Moms dan Dads harus berhati-hati dengan banyak efek samping daun sirsak yang harus dijadikan perhatian khusus.

Efek samping itu belum tentu terjadi pada semua orang. Bisa saja hanya pada satu atau dua orang. Jadi, efek samping di atas hanya sebagai anjuran supaya tidak terjadi pada yang lain.

Bahkan jika Moms dan Dads tergoda untuk mencobanya karena sifat antimikroba atau anti-inflamasi, berhati-hatilah dan konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya sebagai minuman harian.

Potensi kerusakan saraf mungkin tidak sebanding dengan kemungkinan positifnya. Ada kemungkinan bahwa dengan uji coba pada manusia, daun sirsak bisa menjadi bagian dari pengobatan melawan sel kanker. Namun saat ini, menyarankannya adalah hal yang berbahaya.

  • https://www.drugs.com/npp/soursop.html
  • https://www.kireports.org/article/S2468-0249(19)30922-2/fulltext
  • https://parade.com/922292/amberpetty/soursop-tea/
  • https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/cancer-in-general/treatment/complementary-alternative-therapies/individual-therapies/graviola
  • https://www.sciencedaily.com/releases/2018/11/181128114947.htm
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/319720
  • https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-soursop
  • https://www.verywellfit.com/soursop-tea-benefits-and-side-effects-4163737’
  • https://www.mskcc.org/cancer-care/integrative-medicine/herbs/graviola
  • https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1054/graviola
  • https://www.stylecraze.com/articles/serious-side-effects-soursops/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/31972
  • https://www.cancercenter.com/community/blog/2017/07/experts-warn-against-soursop-fruit-to-fight-cancer
  • https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/soursop-tea.html
  • https://www.mskcc.org/cancer-care/integrative-medicine/herbs/graviola
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5888937/
  • https://clinicaltrials.gov/ct2/show/NCT03531203
  • https://www.ugm.ac.id/en/news/16544-studies-in-soursop-supplement-effect-in-people-with-hypertension
  • https://www.verywellhealth.com/graviola-5111928
  • https://www.degruyter.com/document/doi/10.1515/jbcpp-2013-0085/html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait