COVID-19

6 September 2021

Ini Efek Samping Vaksin Pfizer dan Cara Mengatasinya, Jangan Panik!

Hindari aktivitas berat selama 1-2 hari setelah vaksin ya Moms
placeholder

Foto: freepik.com/rawpixel.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Gerakan vaksinasi masyarakat Indonesia telah digencarkan. Setelah sebelumnya pemerintah mengadakan vaksin Sinovac dan vaksin AstraZeneca gratis, kini vaksin Pfizer mulai masuk dan didistribusikan ke beberapa wilayah Indonesia. Lalu, adakah efek samping vaksin Pfizer?

Melansir Yele University, vaksin Pfizer bekerja dengan cara mengirimkan potongan kecil kode genetik dari virus SARS CoV-2 ke sel inang dalam tubuh, yang pada dasarnya memberikan instruksi pada sel tersebut, atau cetak biru, untuk membuat salinan protein lonjakan sehingga menembus dan menginfeksi sel inang.

Protein ini nantinya akan merangsang respons imun, memproduksi antibodi dan mengembangkan sel memori yang akan mengenali dan merespons jika tubuh terinfeksi virus COVID-19 yang sebenarnya.

Perlu diketahui, berikut efek samping vaksin Pfizer yang mungkin timbul jika Moms dan keluarga memilih jenis vaksin ini sebagai salah satu cara melindungi diri dari paparan COVID-19.

Baca Juga: 15+ Lokasi Vaksin Pfizer di Jakarta, Sudah Bisa untuk Anak 12 Tahun ke Atas, Catat Syarat dan Jadwalnya!

Efek Samping Vaksin Pfizer

Efek samping Vaksin Pfizer

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip laman resmi Pfizer, analisis yang dilakukan terhadap 927 kasus gejala COVID-19 yang dikonfirmasi menunjukkan bahwa vaksin Pfizer memiliki efektivitas mencapai 91,3 persen terhadap COVID-19, yang diukur selama 7 hari hingga 6 bulan setelah dosis kedua.

Seseorang yang mendapatkan dosis vaksin Pfizer 100 persen (dosis 1 dan 2) juga terbukti efektif dalam mencegah penyakit parah seperti yang didefinisikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S. (CDC) dan dilaporkan 95,3 persen efektif dalam mencegah penyakit parah seperti yang didefinisikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA).

Namun, menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA), ada beberapa kemungkinan efek samping vaksin Pfizer, yakni:

  • Reaksi alergi yang tidak parah seperti ruam, gatal, gatal-gatal, atau pembengkakan pada wajah
  • Reaksi alergi parah
  • Nyeri lengan di tempat suntikan
  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Kedinginan
  • Nyeri sendi
  • Demam
  • Pembengkakan tempat suntikan
  • Kemerahan tempat suntikan
  • Mual dan muntah
  • Kurang enak badan
  • Diare
  • Pembengkakan kelenjar getah bening (limfadenopati)
  • Miokarditis (radang otot jantung)
  • Perikarditis (radang selaput di luar jantung).

Meski kondisi di atas mungkin terjadi usai vaksin Pfizer, tetapi tidak semuanya disebabkan oleh vaksinasi. Bisa saja ada kondisi lain yang mendasarinya.

Oleh karena itu, hubungi petugas kesehatan setempat jika Moms dan keluarga memiliki keluhan setelah mendapatkan vaksin COVID-19 sehingga dapat segera ditangani.

Baca Juga: Ini Efek Samping Vaksin Moderna dan Cara Mengatasinya, Jangan Panik Dulu!

Cara Mengatasi Efek Samping Vaksin Pfizer

Pada sebagian orang, efek samping vaksin Pfizer ini akan terasa sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Namun, Moms tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

1. Obat Penurun Panas

cara mengatasi efek samping vaksin pfizer - 1

Foto: amoryurgentcare

Salah satu efek samping usai vaksin yang umumnya dialami setiap orang, yakni mengalami demam (suhu 38 derajat Celcius atau lebih tinggi).

Hal ini biasanya terjadi dalam kurun waktu 2 hari (48 jam) setelah mendapatkan vaksin dan akan hilang usai 2 hari.

Moms mungkin akan lebih berisiko mengalami demam setelah vaksin dosis kedua. Jika Moms merasa tidak nyaman, minumlah obat penurun panas, seperti parasetamol atau ibuprofen.

Apabila demam terjadi selama lebih dari 2 hari setelah divaksinasi, Moms mungkin harus segera mengisolasi diri dan menghubungi tenaga kesehatan untuk melakukan tes COVID-19.

2. Kompres Dingin

cara mengatasi efek samping vaksin pfizer - 2

Foto: ClevelandClinic

Lengan tangan yang telah mendapatkan suntikan vaksin biasanya akan mengalami beberapa gejala tidak nyaman. Oleh karena itu, Moms mungkin dapat menggunakan kompres dingin dari es batu atau kain dingin dan lembap untuk membantu mengurangi kemerahan, nyeri, atau bengkak di tempat suntikan yang diberikan.

Moms juga dapat mandi air dingin untuk memberikan efek menenangkan.

Baca Juga: Ibuprofen VS Paracetamol, Manakah Obat Demam yang Paling Baik?

3. Pastikan Konsumsi Air yang Cukup

cara mengatasi efek samping vaksin pfizer - 3

Foto: Orami Photo Stock

Dehidrasi dapat memperburuk efek samping yang mungkin Moms alami. Jadi, pastikan untuk minum banyak cairan sebelum dan sesudah vaksinasi COVID-19.

Selain itu, konsumsi juga makanan yang bergizi seimbang untuk memulihkan tubuh yang mungkin terasa tidak enak saat mengalami beberapa gejala usai vaksin.

4. Hindari Aktivitas Berat

cara mengatasi efek samping vaksin pfizer - 4

Foto: Orami Photo Stock

Meski melatih menggerakan lengan tangan yang divaksinasi adalah hal yang bagus, tetapi sebaiknya Moms tidak melakukannya terlalu sering. Hindari juga untuk melakukan aktivitas berat usai vaksin.

Pasalnya, kedua hal tersebut bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh yang pada akhirnya dapat memperburuk efek vaksin.

Sebagai gantinya, Moms mungkin bisa bersantai selama 1-2 hari setelah vaksinasi.

Baca Juga: 5 Vaksin COVID-19 yang Dinilai Ampuh Lawan Varian Delta, Seberapa Efektif?

Namun, jika gejala tidak sembuh dalam kurun waktu 72 jam atau apabila Moms mengalami beberapa gejala pernapasan, seperti batuk atau sesak napas, segera hubungi dokter ya, Moms.

  • https://www.yalemedicine.org/news/covid-19-vaccine-comparison
  • https://www.fda.gov/media/144414/download
  • https://www.pfizer.com/news/press-release/press-release-detail/pfizer-and-biontech-confirm-high-efficacy-and-no-serious
  • https://www.ynhhs.org/patient-care/covid-19/vaccine/tips-to-reduce-side-effects.aspx?__cf_chl_jschl_tk__=pmd_wQJqGk4H2cr9tndz2T4W3rvtAChD4d7uGQ9unUFZ4Sc-1630902674-0-gqNtZGzNAmWjcnBszQdl
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait