Kesehatan

21 Juni 2021

Enak dan Bergizi, Ini Dia 4 Manfaat Selai Kacang untuk Anak

Makanan sehat itu juga bisa enak kok, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Di balik rasanya yang gurih dan teksturnya yang meleleh di mulut, ternyata manfaat selai kacang untuk anak juga banyak lho, Moms.

Bagi anak yang tidak memiliki alergi, selai kacang adalah makanan untuk anak dan dewasa yang sehat dan dapat memenuhi kebutuhan tiga makronutrien. Wajar saja Moms, karena dalam 100 gram selai kacang setidaknya terkandung:

  • 20 gram karbohidrat, dimana 6 gram diantaranya adalah serat.
  • 25 gram protein.
  • 50 gram lemak tak jenuh tunggal.

Juga ditambah dengan Vitamin E, B3, B6, folat, magnesium, copper, mangan, biotin, zat besi, potassium, zinc, dan selenium.

Baca Juga: Cara Membuat Telur Gulung untuk Camilan Anak

Moms pasti jadi tambah penasaran dengan manfaat selai kacang untuk anak, kan? Yuk, cari tahu lebih banyak melalui informasi dibawah ini.

1. Manfaat Selai Kacang untuk Mengendalikan Rasa Lapar

enak dan bergizi, ini dia manfaat selai kacang untuk anak 1

Foto: Orami Photo Stock

Ingin si kecil tidak banyak jajan di sekolah? Moms bisa coba masukkan selai kacang kedalam makanan anak.

Survey yang diadakan oleh Thygarajan dan Burks dari American Associations of Pediatrician memaparkan bahwa anak-anak lebih mau makan dan menghabiskan bekal buah yang jika diberi saus celupan favoritnya, yang termasuk selai kacang.

Kombinasi serat dan protein akan tetap memberikan energi tapi membuat anak merasa kenyang lebih lama.

Manfaat selai kacang untuk anak ini juga sudah lama dikenal dapat membantu mengendalikan berat badan pada anak obesitas, maupun untuk menjaga berat badan ideal.

2. Mendukung Kesehatan Jantung

peanut-butter-2-1.jpg

Foto: shutterstock.com

Tidak semua lemak itu jahat, Moms. Salah satu manfaat selai kacang adalah mendukung kesehatan jantung melalui kandungan lemak di dalamnya.

Melansir WebMD, salah satu lemak utama dalam selai kacang adalah asam oleat. Ketika diganti dengan lemak lain dalam makanan, asam oleat terbukti membantu menjaga kolesterol baik, gula darah, dan tekanan darah. Mengelola kadar ini dalam tubuh dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Selai kacang juga mengandung omega-6. Asam lemak ini menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol pelindung (HDL). Selain itu, kacang tanah merupakan sumber alami arginin, asam amino yang dapat mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah yang baik.

Baca Juga: 5 Olahan Pisang untuk Camilan Anak, Lezat!

3. Melindungi Fungsi Otak

Pack-More-Protein_Feature-Image.jpg

Foto: pinterest.com

Kacang dan selai kacang adalah makanan anak yang kaya akan vitamin E. Melansir Healthline, terdapat 45% kandungan vitamin E untuk kebutuhan tubuh perharinya, hanya dalam 100 gram selai kacang.

Nah, vitamin E itu termasuk antioksidan kuat yang dapat melindungi membran syaraf dalam otak.

Selain itu, tiamin yang terkandung di dalamnya juga akan membantu otak dan sistem syaraf untuk mengubah glukosa menjadi energi.

Itulah kenapa salah satu manfaat selai kacang yang banyak dikenal adalah dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer serta penurunan fungsi syaraf.

Tidak hanya kaya akan Vitamin E, selai kacang juga tinggi biotin dan mengandung vitamin B5, zat besi, kalium, seng dan selenium dalam jumlah yang besar.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

enak dan bergizi, ini dia manfaat selai kacang untuk anak

Foto: clickoncare.com

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School, diketahui bahwa mengonsumsi sekitar dua sendok makan selai kacang sebanyak lima kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 21%.

Dengan indeks glisemiknya yang rendah, manfaat selai kacang lainnya juga bisa menjadi alternatif camilan sehat untuk anak yang tidak mengakibatkan lonjakan gula darah.

Melansir Medical News Today, makan selai kacang atau kacang untuk sarapan pagi dapat membantu seseorang dengan obesitas untuk mengelola kadar glukosa darah mereka. Menurut survei, responden yang menambahkan kacang lebih sedikit mendapat rasa lapar dibandingkan dengan yang sarapan pagi dengan jumlah karbohidrat yang sama tetapi tanpa kacang.

Baca Juga: Mengenal 13 Jenis Kacang-Kacangan, Makanan Sehat untuk Kehamilan

5. Sebagai Anti Kanker

kid.jpg

Foto: gettyimages.com

Manfaat selai kacang berikutnya adalah sebagai sumber antioksidan yang bagus seperti mangan, vitamin E, dan vitamin B. Senyawa ini berfungsi untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan sel di tubuh dan efek ini dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker.

Salah satu antioksidan paling kuat dari selai kacang adalah asam coumaric, dan penelitian yang dikutip oleh WebMD menemukan bahwa aktivitasnya meningkat 22% jika Moms memanggang kacang sebelum mengolahnya menjadi selai.

Selai kacang juga mengandung resveratrol, antioksidan yang telah terbukti memiliki efek anti kanker dan dapat menurunkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan penurunan kognitif.

6. Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Pixabay_Selai kacang.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat selai kacang yang terakhir adalah dapat menurunkan risiko terkena batu ginjal.

Batu ginjal merupakan salah satu risiko kesehatan utama di negara maju, yang dapat disebabkan oleh kelebihan berat badan, diet ketat, jenis obat kolesterol tertentu, bahkan penggunaan pil KB.

Melansir American Journal of Clinical Nutrition yang dikutip oleh Organic Facts, hasil penelitian dari berbagai jenis kacang termasuk kacang tanah menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kacang tanah dalam berbagai bentuk termasuk selai, mengalami penurunan risiko batu ginjal dibanding yang tidak.

Baca Juga: Sering Menahan Buang Air Kecil Bisa Kena Batu Ginjal, Benarkah?

Agar manfaat selai kacang untuk anak semakin besar, sebaiknya pilih yang tambahan gulanya paling sedikit atau lebih baik lagi kalau Moms membuat sendiri di rumah.

Jangan lupa, porsinya juga tidak boleh terlalu banyak ya, Moms.

Kira-kira kreasi makanan apa yang bisa dibuat dengan tambahan selai kacang ya, Moms?

  • https://www.webmd.com/diet/peanut-butter-good-for-you#1
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12444862/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/323781#health-benefits
  • https://www.organicfacts.net/health-benefits/seed-and-nut/health-benefits-of-peanut-butter.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait