Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
29 Mei 2020

Era Digital Hambat Interaksi Antara Orang Tua dan Anak, Lakukan 3 Hal ini untuk Memperbaikinya

Jangan sampai teknologi menghambat interaksi antar anak dan orang tua
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Apakah anak Moms sering bermain dengan gadget? Dikutip dari situs resmi Healthy Children milik American Academy of Pediatrics, 80% perkembangan otak anak terjadi pada 3 tahun pertama dalam hidupnya.

Perkembangan ini membutuhkan interaksi verbal dan nonverbal yang konsisten antara anak dan orang tua. Oleh karena itu, penting untuk menghabiskan waktu yang berkualitas antara anak dan orang tua.

“Membatasi penggunaan gadget bisa memberikan manfaat untuk orang tua dan anak. Tidak ada yang lebih adiktif ketimbang menatap mata Si Kecil, mendengarkan kata-katanya, dan mempelajari dunia mereka. Menggunakan teknologi berlebih akan merebut kesempatan kita untuk mengalami fase tersebut,” ujar Kathy Hirsh-Pasek, seorang senior di Brookings Institution.  

Terkadang, memang sulit untuk melepaskan handphone sama sekali karena orang tua banyak menggunakannya untuk melakukan berbagai hal lewat handphone.

Baca Juga: Cara Atasi Anak yang Tidak Mau Berinteraksi dengan Orang Lain

3 Hal untuk Membuat Interaksi yang Baik Antara Orang Tua dan Anak

Namun, membuat batasan menggunakan gadget dan memakainya dengan lebih bijaksana akan membantu memperbaiki interaksi antara orang tua dan anak.

1. Ciptakan Waktu Bebas Gadget yang Rutin

Era Digital Hambat Interaksi Antara Orang Tua dan Anak 1.jpg

Foto: scmp.com

Dalam rutinitas harian, tentukan satu waktu untuk mematikan semua gadget. Waktu makan malam dan sebelum tidur adalah yang paling penting.

Akan tetapi, semakin banyak waktu yang bisa dihabiskan bersama keluarga tanpa gadget tentu akan lebih baik, terutama untuk keluarga yang memiliki anak kecil.

Moms juga bisa membatasi gangguan dengan menciptakan ruang bebas gadget. Contohnya, Moms bisa jadikan meja makan sebagai tempat dimana tidak boleh ada gadget.

Menghabiskan waktu bersama di meja makan sambil menulis pesan singkat pada handphone akan mengganggu proses interaksi yang penting.

Baca Juga: Singkirkan Gadget! Ini 7 Manfaat Permainan Tradisional untuk Anak-anak

2. Atur Jalan-jalan Tanpa Gadget

Era Digital Hambat Interaksi Antara Orang Tua dan Anak 2.jpg

Foto: pinimg.com

Kegiatan seperti pergi ke kebun binatang dan menghabiskan waktu piknik di taman bisa menjadi pilihan untuk mengurangi penggunaan gadget.

Terkadang orang tua ingin mengabadikan moment bersama Si Kecil dengan mengambil banyak gambar dan mengunggah di media sosial. Sesekali Moms bisa menyingkirkan kebiasaan itu dan fokus untuk berinteraksi langsung dengan Si Kecil.

Menjauhi handphone saat melakukan aktivitas seperti ini akan membuat semua anggota keluarga bisa menikmati kebahagiaan yang sama tanpa terganggu.

Dengan begitu, komunikasi satu dengan yang lain akan terjalin dan interaksi akan berjalan secara alami tanpa gangguan.

Baca Juga: Mengatur Penggunaan Gadget Sesuai Usia Anak

3. Gunakan Gadget dengan Interaktif

Era Digital Hambat Interaksi Antara Orang Tua dan Anak 3.jpg

Foto: economictimes.com

Kalau Moms menggunakan handphone atau perangkat lainnya, gunakan bersama dengan Si Kecil. Bicarakan mengenai apa yang Moms lihat dan tanya pendapat mereka.

Gadget bisa menjadi media belajar untuk Si Kecil jika dibarengi dengan interaksi yang baik. Sebagai contoh, Moms bisa menunjukkan sebuah gambar melalui handphone, lalu ajak Si Kecil untuk mengutarakan pendapatnya mengenai gambar yang dilihatnya.

Ketiga langkah di atas adalah cara untuk memperbaiki interaksi antara orang tua dan anak. Moms tidak perlu menjauhi gadget sama sekali.

Baca Juga: Tips Menghadapi Anak Tantrum Tanpa Bantuan Gadget

Akan tetapi, tidak ada yang lebih baik daripada interaksi antar muka dalam proses belajar anak. Jangan sampai teknologi menghambat perkembangan Si Kecil!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait