Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
18 Maret 2021

9 Jenis Essential Oil untuk Jerawat, Aman untuk Digunakan

Apa saja ya minyak yang bisa digunakan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Adeline Wahyu

Daftar isi artikel

Semua orang pasti tidak ingin memiliki jerawat, baik wanita maupun pria. Karena, jerawat membuat seseorang tidak percaya diri dengan penampilannya. Namun ini bisa disembuhkan dengan essential oil untuk jerawat, lho.

Jerawat juga bukan hanya masalah perawatan kulit dan hormonal biasa. Ia juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi hingga flare-up cuaca buruk.

Kita bisa mengatasinya dengan berbagai perawatan kecantikan wajah yang tersedia sekarang ini, seperti gel spot atau lotion yang mengeringkan jerawat. Tetapi perawatan ini bisa berdampak buruk pada kulit.

Beruntungnya ada satu solusi perawatan kulit alami dan kecil risiko merusak kulit sensitif. Perawatan kecantikan untuk wajah berjerawat ini, yakni essential oil untuk jerawat.

Saat ini essential oil untuk jerawat yang berasal dari tumbuhan hingga buah-buahan cukup populer di bidang kecantikan. Moms, bisa mendapatkan manfaatnya tanpa bahan kimia tambahan yang bisa mengiritasi kulit.

Baca Juga: Jadi Favorit Belakangan Ini, Apakah Anak-Anak Boleh Menggunakan Essential Oil?

Essential Oil untuk Jerawat

Essential Oil yang Mujarab untuk Hilangkan Jerawat - 6.jpg

Foto: shutterstock.com

Menurut klaim dalam National Library of Medicine, kandungan dalam essential oil untuk jerawat dapat mengatasi bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Jerawat timbul ketika kulit dan minyak kulit (sebum) menyumbat pori-pori. Pori yang tersumbat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, terutama bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) yang turut menyebabkan timbulnya jerawat.

Beberapa essential oil untuk jerawat dapat membunuh bakteri P. acnes.

"Kita perlu mengenali jenis kulit dan manfaat essential oil untuk jerawat sebelum mengolesannya pada wajah. Karena, mengoleskan essential oil untuk jerawat yang sembarangan sangat berisiko menyebabkan reaksi alergi," kata Rajani Katta, MD , dokter kulit bersertifikat di Houston, Texas.

Karena essential oil untuk jerawat bisa menyebabkan reaksi alergi, Moms tidak boleh mengoleskannya langsung di wajah tanpa dilarutkan.

Bahkan mencampurkan essential oil untuk jerawat dengan zat komedogenik seperti minyak kelapa juga bisa memperburuk jerawat.

Jika Moms memiliki kulit yang sensitif, maka hindari penggunaan essential oil jenis apapun. Apalagi essential oil seperti lemon, jeruk atau jeruk nipis di wajah, meskipun dalam produk encer.

Berikut ini jenis-jenis essential oil untuk jerawat yang bermanfaat untuk perawatan kulit wajah.

Baca Juga: 4 Essential Oil untuk Pijat Hamil yang Aman dan Menenangkan

1. Tea Tree Oil

Essential Oil yang Mujarab untuk Hilangkan Jerawat - 1.jpg

Foto: shutterstock.com

Tea tree oil menjadi salah satu essential oil untuk jerawat yang paling efektif dalam memberantas bakteri penyebab jerawat. Selain memiliki antimikroba yang kuat, tea tree oil juga memiliki sifat anti-inflamasi.

American Society of Microbiology menemukan, tea tree oil dianggap dapat menenangkan kulit dari kemerahan, bengkak dan rasa gatal. Bahkan dapat membantu mencegah dan mengurangi bekas jerawat dan tampak lebih cerah, lho.

Jeanette Jacknin , MD, ahli dermatologi holistik bersertifikat di San Diego, mengatakan satu tetes essential oil untuk jerawat murni dapat dioleskan langsung ke setiap lesi jerawat dua kali sehari.

Hasilnya, penggunakan essential oil untuk jerawat akan sebanding dengan penggunaan benzoil peroksida.

2. Minyak Lavender

Essential Oil yang Mujarab untuk Hilangkan Jerawat - 2.jpg

Foto: shutterstock.com

Aroma yang wangi dan menenangkan, ternyata dapat digunakan sebagai essential oil untuk jerawat.

American Journal of Critical Care menjelaskan, minyak lavender salah satu yang paling umum karena kemampuannya untuk menghilangkan ketegangan saraf, mengendurkan otot, meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur.

Para ahli juga mengatakan minyak lavender memiliki sifat antibakteri yang membantu mengobati jerawat. Karena beberapa jerawat berkaitan dengan stres, mengurangi ketegangan juga bisa menenangkan jerawat.

Essential oil untuk jerawat ini bisa diaplikasikan menggunakan kapas.

Pastikan Moms sudah mengencerkannya, sebelum menggunakannya. Karena ada beberapa bukti bahwa pemakaian essential oil untuk jerawat langsung pada kulit mungkin berbahaya.

Baca Juga: Ternyata Mudah, Begini Cara Membuat Minyak Kelapa Murni di Rumah!

3. Minyak Juniper Berry

Essential Oil yang Mujarab untuk Hilangkan Jerawat - 3.jpg

Foto: shutterstock.com

Essential oil untuk jerawat juniper berry juga terkenal bagus untuk perawatan kulit karena sifat antiseptiknya. Menurut Dr. Jacknin, minyak juniper berry adalah toner kulit alami yang bisa membantu mengurangi jerawat.

Juniper berry kaya akan dengan sifat anti-jamur dan antimikroba yang membantu kulit melawan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Essential oil untuk jerawat ini juga mengandung manfaat menenangkan peradangan. Selain itu, bila digunakan secara teratur, minyak ini secara perlahan akan menghilangkan tampilan bekas jerawat.

Bila Moms ingin menggunakan essential oil untuk jerawat juniper berry untuk jerawat, encerkan 2-3 tetes dalam minyak juniper berry dan oleskan secara topikal ke area yang berjerawat.

4. Minyak Peppermint

Essential Oil yang Mujarab untuk Hilangkan Jerawat - 4.jpg

Foto: shutterstock.com

Minyak peppermint, merupakan pengobatan alami lain yang bisa mengurangi pembengkakan dan radang jerawat akibat bakteri.

Pori-pori yang teriritasi dapat menghasilkan komedo. Biasanya komedo ini akak terlihat pada kulit pucat dan menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Dalam hal ini, kandungan mentol dalam essential oil untuk jerawat bisa membantu mengurangi kulit berjerawat dan kemerahan.

Young Living untuk jerawat ini bisa Moms coba pakai setiap malam hari sebelum tidur, ya.

Baca Juga: Bisa Redakan Nyeri, Ini Daftar Essential Oil yang Aman untuk Ibu Hamil

5. Minyak Oregano

Essential Oil yang Mujarab untuk Hilangkan Jerawat - 5.jpg

Foto: shutterstock.com

Minyak oregano yang bersifat antiseptik dan antibakteri termasuk minyak paling baik untuk mengatasi jerawat di permukaan kulit wajah.

Minyak oregano berasal dari ekstrak daun tanaman oregano, Origanum vulgare, minyak atsiri oregano telah masuk ke buku masak, lemari pembersih dan kapsul suplemen.

Perlu Moms ketahui, jurnal Molecules mengakatan ini adalah salah satu essential oil untuk jerawat yang paling fleksibel dan kuat. Karena konsentrasi tinggi dari carvacol dan thymol, dua bahan kimia fenol yang memiliki pembersihan.

Caranya, encerkan essential oil untuk jerawat dengan minyak jojoba, lalu oleskan di tempat berjerawat.

6. Thyme Oil

thyme-essential-oil-untuk-jerawat.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Mungkin, bahan masakan ini sering digunakan untuk menyempurnakan saus pasta dan kentang goreng yang dimasak.

Dalam dunia kecantikan, essential oil untuk jerawat menggunakan minyak timi sering dipakai, lho.

Ia terbukti efektif melawan bakteri penyebab jerawat dan dalam membunuh kuman penyebab infeksi mata. Namun, jangan pernah mengoleskan thyme oil langsung ke mata, ya.

Mengutip Science Daily, studi menemukan bahwa essential oil untuk jerawat ini memiliki efek antibakteri yang lebih besar daripada konsentrasi standar benzoyl peroxide, bahan aktif di sebagian besar obat jerawat.

7. Rosemary Oil

3 Manfaat Rosemary untuk Essential Oil untuk Jerawat.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Minyak rosemary sangat baik dalam mengatur produksi sebum, yang berarti pori-pori akan lebih bersih dan kulit tidak akan terlalu berminyak.

Essential oil untuk jerawat ini juga anti-inflamasi, sehingga mengobati kemerahan akibat sering berjerawat dan mengurangi bengkak tanpa menyebabkan iritasi lebih lanjut.

Sebuah studi dari National Institutes of Health (NIH) menemukan bahwa mengoleskan essential oil untuk jerawat sangat mengurangi perkembangbiakkan dari baktei P. acnes.

Jadi, aplikasi minyak rosemary secara topikal bisa membantu munculnya jerawat.

Baca Juga: 5 Faktor Penyebab Munculnya Jerawat Batu

8. Minyak Sage

clary-sage-oil-essential-oil-untuk-jerawat.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Minyak sage juga dapat menjaga nutrisi kulit tetap terkendali. Young Living untuk jerawat ini sudah dipakai sejak beberapa tahun lalu.

Sebuah studi menemukan bahwa essential oil untuk jerawat ini memiliki efek menenangkan, yang berarti sangat membantu ketika keadaan stres muncul.

Minyak sage, salah satu tanaman herbal untuk melawan jerawat, kata ahli kulit integratif Kota New York, Cybele Fishman, MD.

Ia dapat mengurangi kemerahan dan radang pada jerawat di area muka.

"Sage, sebagai essential oil untuk jerawat juga bekerja melawan bakteri jahat Staphylococcus aureus," jelas Dr. Fishman.

9. Minyak Kayu Manis

XX Manfaat Air Rebusan Kayu Manis dalam Essential Oil untuk Jerawat.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Ternyata kayu manis tidak hanya bagus untuk dikonsumsi, namun juga untuk kesehatan kulit. Berkat sifat antibakteri dan antiradangnya, minyak kayu manis menjadi pilihan populer lainnya untuk pengobatan jerawat

Kayu manis, dalam essential oil untuk jerawat secara ekstensif telah terbukti efektif dalam memerangi P. acnes.

Journal of Clinical & Diagnostic Research menemukan, minyak kayu manis juga dapat mengurangi nyeri haid dan kadar kolesterol dalam tubuh.

Faktanya, sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa minyak kayu manis lebih efektif dalam mencegah berjerawat daripada tea tree oil dan minyak rosemary.

Essential oil untuk jerawat ini telah menunjukkan kemampuan untuk mengurangi bekas jerawat dan mengurangi minyak berlebih.

Minyak kayu manis terkadang dicampur dengan madu dan digunakan untuk membuat masker wajah. Ini juga dapat diterapkan sebagai perawatan tempat untuk mengobati jerawat dan bekasnya.

Baca Juga: Review Jujur Essential Oil Young Living Peppermint oleh Moms Orami

Itulah aneka essential oil untuk jerawat yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Selamat mencoba Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait