Newborn

NEWBORN
8 Desember 2017

Exclusive Pumping, Memberi ASI Tanpa Meneteki Bayi

Bayi menyusu lewat botol, bukan direct breastfeeding
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Exclusive pumping (eping) adalah solusi tepat bagi Moms yang sedang menyusui namun juga sibuk berkarier. Kebutuhan ASI bayi tetap tercukupi, pekerjaan Moms juga tetap berjalan lancar tanpa beban pikiran.

Exclusive pumping (eping) atau menyusui dengan pompa ASI ini sangat penting agar Moms tetap bisa memberikan ASI eksklusif tanpa harus meneteki bayi. Lalu, bagaimana tips-tips penting mengenai exclusive pumping? Silakan Moms simak, ya.

gambar 02 memeriksa ukuran flensa corong (sumber mamalovejoy.com)

Foto: mamalovejoy.com

Tips eping #1: Memeriksa ukuran flensa corong

Sebelum memutuskan membeli pompa ASI, periksalah ukuran flensa corong terlebih dulu. Memompa dengan ukuran flensa corong yang terlalu kecil atau kebesaran dapat menyebabkan saluran tersumbat, terluka, dan bahkan dapat merusak ASI. Demi kenyamanan exclusive pumping, Moms bisa menentukan pilihan dari beragam ukuran corong dan tungkai pompa yang dijual di pasaran.

gambar 03 memilih pompa asi yang tepat (sumber twiniversity.com)

Foto: twiniversity.com

Tips eping #2: Pertimbangkan pompa ASI standar medis

Untuk kebutuhan exclusive pumping, saat ini ada dua jenis pompa ASI yang beredar di pasaran, yakni jenis manual, baterai, dan elektrik. Pilihlah pompa ASI sesuai standar medis yang cocok dan nyaman bagi Moms.

Bila perlu, cobalah terlebih dahulu masing-masing jenis tersebut untuk mengetahui manakah yang lebih pas untuk Moms. Sebisa mungkin, milikilah cadangan botol dan perlengkapan pompa ASI.

Moms berminat? Silakan lihat koleksi lengkap breast pump di Orami.

gambar 04 menggunakan bra hands free (sumber medela.com.au)

Foto: medela.com.au

Tips eping #3: Gunakan bra hands-free

Bra hands-free adalah bra desain khusus yang bersifat multi-task untuk exclusive pumping dengan lubang pada kedua bagian puting. Bra menahan botol dan flensa pada tempatnya sementara Moms memompa, sehingga tangan Moms bebas bergerak dan melakukan apa saja atau bahkan sembari meminumkan botol ASI pada bayi.

top image exclusive pumping

Foto: thebump.com

Tips eping #4: Buatlah jadwal exclusive pumping

Idealnya, Moms akan sering memompa ASI bagi sang bayi, tapi cara ini tidak selalu praktis. Karena itu, buatlah jadwal exclusive pumping yang tepat bagi Moms. Exclusive pumping sesuai jadwal berarti Moms tahu kapan harus memompa dan merencanakannya dengan baik, disesuaikan dengan jadwal makan bayi.

Untuk mendapatkan persediaan susu yang Moms butuhkan, tentukan waktu tambahan untuk memompa ASI. Cobalah untuk tidak melakukan banyak pekerjaan saat memompa agar hasilnya maksimal.

gambar 06 persediaan exclusive pumping

Foto: verywell.com

Tips eping #5: Simpanlah ASI hasil exclusive pumping

Dengan cara ini, Moms akan memiliki jumlah persediaan ASI yang tepat dan si bayi tidak akan kehabisan cadangan ASI. Moms dapat menyimpannya dalam beberapa wadah, kantong, atau botol dan memasukkannya dalam lemari es agar tetap awet. Jangan lupa, tandai dengan tanggal exclusive pumping sehingga lebih mudah memantau penggunaannya.

Tips eping #6: ‘Me’ time

Ingatlah, Moms harus tetap rileks dan jaga kondisi fisik dengan gaya hidup sehat dan tidur yang cukup. Merawat bayi dengan seluruh tanggung jawab yang besar pasti sangat menguras energi, waktu, dan emosi. Karena itu, usahakan untuk beristirahat di sela-sela waktu exclusive pumping.

Tidak ada salahnya meminta bantuan suami, saudara, orangtua, baby-sitter, atau bahkan anak-anak lainnya, untuk berbagi tugas. Bahkan pada waktu exclusive pumping, Moms tetap bisa rileks tanpa melakukan pekerjaan lain sehingga persediaan ASI akan maksimal.

Moms punya info lain tentang exclusive pumping? Silakan tambahkan pada kolom komentar. Happy exclusively pumping!

(ROS)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait