Fashion & Beauty

25 Mei 2021

Cocok untuk Kulit Berminyak, Ketahui Apa Itu Exfoliating Toner

Exfoliating toner tidak punya butiran eksfoliator yang bisa merusak wajah.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Exfoliating adalah sebuah proses pengangkatan sel kulit mati dari wajah atau tubuh dengan menggunakan bahan kimia atau alat-alat tertentu. Sehingga, kegunaan dari exfoliating adalah untuk membantu pengangkatan sel kulit mati yang tidak bisa dihilangkan secara natural.

Kulit kini pun sebenarnya mengelupas dan menghilangkan sel kulit mati secara natural sehingga membuat ruang untuk sel baru setiap 30 hari. Namun sayang, sel kulit mati tidak hilang sepenuhnya. Jadi, melakukan exfoliating adalah hal penting yang harus kamu lakukan secara berkala.

Jika sel kulit mati menumpuk dan tidak segera diangkat, hal ini bisa membuat kulit menjadi kering, kulit seperti bersisik atau pori-pori yang tersumbat. Nah kunci dari exfoliating adalah membantu kulit mati terangkat dengan sempurna.

Baca Juga: Jarang Diperhatikan, Ini Bahaya Zat Kimia dalam Skincare untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Dalam merawat wajah, ada banyak produk kecantikan dengan fungsi berbeda-beda. Karenanya, Moms perlu memastikan jika produk tersebut bermanfaat untuk wajah. Salah satunya, adalah exfoliating toner.

Jenis exfoliating ini merupakan langkah pada perawatan kecantikan yang kerap terlewati. Mungkin karena beberapa wajah tidak cocok menggunakan toner.

Pemilihan toner yang bagus dapat menyeimbangkan pH kulit dan membuatnya tampak lebih sehat dan lebih bercahaya.

Lalu, apa yang membedakan exfoliating toner dengan toner biasa? Ketahui lebih lanjut tentang exfoliating toner pada penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Amati Kandungan Sheet Mask yang Berbahaya untuk Kulit, Jangan Salah Pilih!

Ketahui Lebih Dalam, Exfoliating Adalah...

exfoliating adalah

Foto: rejuvaustralia.co.au

Seperti yang tadi sudah sedikit dibahas, exfoliating adalah sebuah cara untuk membantu pengangkatan sel kulit mati yang tak bisa hilang secara natural dengan menggunakan bahan kimia atau alat tertentu.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, dampak yang bisa terlihat setelah melakikan exfoliating adalah kulit yang terlihat lebih cerah.

Tak hanya itu, Moms. Guna lain dari exfoliating adalah meningkatkan efektivitas penyerapan kulit untuk probat perawatan kulit tropikal. Jadi, Moms bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan skincare dengan lebih maksimal lagi.

Baca Juga: 5 Skincare untuk Mengatasi Bruntusan, Kulit Pasti Mulus Kembali!

Mengetahui Cara Exfoliating yang Baik dan Benar

Cara mengetahui cara yang tepat untuk melakukan exfoliating adalah dengan mengetahui dulu jenis kulit yang Moms miliki. Yuk ketahui lebih dalam cara exfoliating wajah yang baik dan juga benar!

1. Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hal pertama yang perlu Moms lakukan sebelum melakukan exfoliating adalah dengan mengetahui metode yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit.

Exfoliating adalah metode yang perlu dilakukan agar wajah menjadi cerah. Nah, bagi pemilik kulit wajah yang kering, sensitif dan berjerawat, cara yang tepat untuk melakukan exfoliating adalah menggunakan waslap atau kain bersih yang juga lembut.

Bagi Moms yang memiliku kulit berminyak, alat yang bisa membantu exfoliating adalah sikat lembut khusus wajah yang menggunakan mesin pemutar.

Jenis kulit normal dan kombinasi sendiri bisa menggunakan scrub. Namun cara ini tak dianjurkan bagi pemilik kulit sensitif dan juga kering ya, Moms!

Baca Juga: Skincare Brightening dan Lightening, Ketahui Perbedaan dan Manfaatnya untuk Wajah

2. Jangan Lakukan Gerakan Kasar

Hal aman yang harus dilakukan saat exfoliating adalah melakukannya dengan gerakan yang lembut. Moms perlu melakukannya dengan scrub atau bahan kimia dan mengambil secukupnya. Jangan berlebihan ya, Moms!

Lakukan exfoliating dengan gerakan memutar dan juga perlahan. Jangan sampai kasar karena bisa membuat kulit sakit dan iritasi ya, Moms!

Jika Moms menggunakan sikat atau waslap, Moms bisa menggunakannya dengan usapan yang lembut. Bentuklah garis-garis pendek secara merata.

Tak perlu lama, waktu yang diperlukan untuk melakukan exfoliationg adalah 30 detik saja. Jika sudah, basuhlah dengan air hangat hingga wajah bersih.

3.Lakukan Secara Rutin

Ketika memutuskan untuk melakukan exfoliating, Moms pasti akan memiliki jadwal yang berbeda sesuai jenis kulitnya. Bagi pemilik jenis kulit wajah normal hingga kering, lakukanlah sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu.

Namun untuk Moms yang memiliki kombinasi dan berminyak, Moms bisa menggunakan exfoliating bisa dilakukan sebanyak 3 hingga 4 kali dalam seminggu.

Moms, perlu diingat bahwa Moms perlu menghindari metode ini ketika Moms memiliki luka terbika atau luka bakar di kulit wajah. Hindarilah produk exfoliating untuk pemakaian anggota tubuh yang lain.

Untuk melakukan exfoliating secara menyeluruh, Moms bisa menggunakan bahan alami. Gula, susu dan kopi bisa meawarkan perlindungan antioksidan untuk kulit. Sebuah jurnal yang berjudul Honey: A Therapeutic Agent for Disorders of the Skin menunjukkan bahwa madu manuka pun cocok untuk perawatan wajah.

Selain bahan alami, Moms juga bisa menggunakan exfoliating toner. Apa itu exfoliating toner? Ini dia!

Baca Juga: 4 Produk Skincare Bayi untuk Traveling, Jangan sampai Ketinggalan!

Apa Itu Exfoliating Toner?

exfoliating toner-1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ahli kecantikan selebriti Nerida Joy mengatakan bahwa exfoliating toner mengandung bahan-bahan yang membersihkan kulit lebih dalam.

Seperti bahan penyerap allantoin, serta bahan pembersih yang lebih dalam seperti asam alfahidroksi dan jenis asam lainnya.

Toner biasa digunakan untuk hidrasi yang lebih dangkal atau kadang-kadang hanya dioleskan pada wajah untuk efek pendinginan yang menyegarkan,” kata Joy, dilansir dari New Beauty.

Asam yang digunakan ini menyapu sel-sel kulit mati, dan memblokir pori-pori, menjadikan wajah bersih dan bercahaya.

Exfoliating toner juga meratakan warna, membantu kulit mempertahankan kelembapan, mempercepat pergantian sel, dan menangani kelebihan minyak dan berjerawat.

Meskipun punya nama exfoliating, tidak ada manik-manik mikro abrasif yang bisa merusak kulit.

"Eksfoliator reguler, seperti krim dan lulur, bisa menjadi agresif dan lebih abrasif dengan goresan pada permukaan kulit, kadang-kadang bahkan menyebabkan kerusakan kapiler," jelas Joy.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Toner di Bawah 50 Ribu Agar Wajah Selalu Segar di Bulan Puasa

Cara Menggunakan Exfoliating Toner

exfoliating toner-2.jpg

Lebih lanjut, Joy mengatakan cara untuk menggunakan exfoliating toner bisa dengan menggunakan krim atau gel pembersih lembut terlebih dahulu.

Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat atau menggunakan handuk hangat.

Selanjutnya, oleskan exfoliating toner ke seluruh wajah menggunakan bola kapas.

"Seberapa sering sebaiknya exfoliating toner dipakai itu tergantung pada jenis dan kondisi kulit Anda, ditambah rutinitas perawatan kulit harian, dan iklim tempat tinggal," jelasnya.

Tetapi menurut Joy, penggunaan exfoliating toner baik untuk mereka yang kerap memakai riasan wajah tebal, atau orang dengan jenis kulit berminyak.

"Saya akan menyarankan bahwa mereka baik untuk seseorang yang memakai make-up tebal, atau seseorang yang memiliki tipe kulit yang berminyak," tambah Joy.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Face Wash untuk Kulit Berjerawat, Ampuh Bersihkan Wajah!

Nah, itu dia Moms penjelasan mendalam mengenai exfoliating dan exfoliating toner. Hal yang penting dilakukan sebelum melakukan exfoliating adalah menyesuaikan dengan jenis kulit ya, Moms! Moms juga tidak dianjurkan untuk melakukan metode ini setiap hari karena bisa merusak kulit wajah.

Ya, exfoliating adalah metode yang baik untuk meremajakan kulit wajah. Namun, harus diketahui cara terbaiknya ya!

  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/safely-exfoliate-at-home
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5661189/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait