Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Fashion & Beauty | Sep 1, 2018

5 Fakta dan Manfaat Kolagen untuk Kecantikan, Tertarik Mencoba?

Bagikan


Di dunia kecantikan, kolagen bukan istilah asing. Belakangan, istilah tersebut makin sering diperbincangkan.

Kolagen adalah protein kunci dalam tubuh yang membuat kulit Moms tetap kuat, lentur, dan awet muda. Berikut adalah lima fakta dan manfaat kolagen untuk kecantikan. Disimak ya Moms!

1. Kolagen adalah protein alami dan berlimpah dalam tubuh

Kolagen terdapat di semua organ dan jaringan tubuh untuk mempertahankan integritas, elastisitas, dan keteguhan struktur. Tipe yang paling umum adalah tipe 1, 2, dan 3, yang merupakan 90 persen dari pasokan kolagen tubuh.

Tipe 1 dan 3 bertanggung jawab untuk mendukung tulang, kulit, tendon, jaringan ikat, dan gigi, sedangkan tipe 2 penting untuk tulang rawan sendi dan kesehatan sendi dengan mencegah peradangan dan memberikan pelumasan.

2. Kolagen membuat kulit tampak muda

Ditemukan di lapisan dalam kulit, kolagen bertindak seperti lem yang memperkuat dan menahan kulit, otot, tendon, dan ligamen Moms.

Akibat memberikan elastisitas kulit, kolagen bertanggung jawab untuk memberikan penampilan yang sehat, bercahaya dan terhidrasi. Kolagen merupakan protein yang mencegah kerutan, menggantikan sel kulit mati, dan membuat kulit tampak montok.

Baca Juga: 5 Cara Alami Hilangkan Keriput di Bawah Mata

3. Kolagen akan hilang seiring pertambahan usia

Kolagen mulai hilang pada pertengahan hingga akhir 20-an dan awal 30-an. Setelahnya, setiap tahunnya tubuh akan kehilangan 1 persen.

Tanda-tanda paling jelas terlihat dengan munculnya keriput, garis-garis halus, serta semakin berkurangnya kehalusan dan kekenyalan kulit.

Faktor lingkungan seperti polusi, paparan sinar matahari yang berkepanjangan, merokok, stres, dan kebiasaan gaya hidup yang buruk juga menyebabkan penurunan produksi kolagen.

4. Bisa muncul lagi dengan perubahan gaya hidup

Gaya hidup sehat akan membantu Moms mendapatkan kolagen yang hilang. Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C mendukung pembentukan kolagen, misalnya brokoli, bayam, dan jeruk.

Sebaiknya mengurangi gula karena glukosa dapat menempel pada kolagen dan membuatnya menjadi kaku. Hal itu akan membuat kulit jadi kusam, kering, dan menua.

Cara lain yang mudah untuk meningkatkan kolagen adalah tetap terhidrasi dengan baik. Semakin terhidrasi kulit Moms, semakin banyak kolagen akan berkembang.

Baca Juga: Sering Selfie Bikin Kulit Cepat Keriput, Kok Bisa?

5. Pilih prosedur untuk merangsang produksi kolagen

Ketika hanya diterapkan secara topikal, molekul kolagen tidak akan dapat menembus lapisan kulit yang lebih dalam karena mereka begitu besar. Meskipun krim dapat memberikan efek penghidrasi, hasilnya sebagian besar bersifat sementara karena tidak dapat menjangkau sel tempat kolagen diproduksi.

Beberapa orang mengatakan bahwa mengonsumsi kolagen melalui minuman atau suplemen adalah cara lain untuk meningkatkan kadar kolagen dan mengembangkan protein untuk fungsi sel yang sehat di seluruh tubuh termasuk kulit, hati, dan ginjal Moms.

Namun, tidak cukup data yang mendukung bagaimana minum kolagen dapat membalikkan tanda-tanda penuaan.

Pakar lain juga mengatakan bahwa konsumsi kolagen tidak akan menjadi lini pertama pengobatan mereka untuk kulit yang kendur, karena protein dapat dicerna dan dipecah tanpa harus mencapai dermis.

Sudah tahu fakta-fakta tentang kolagen? Tertarik mencoba cara-cara untuk membentuk kolagen tersebut Moms?

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.