Kesehatan

25 Juni 2020

Wajib Tahu, Ini 5 Fakta Jamur Enoki yang Jadi Penyebab Wabah Listeria

Amerika Serikat (AS) dikejutkan dengan wabah listeria yang telah menyebar di hampir 17 negara bagian AS.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Amerika Serikat (AS) dikejutkan dengan wabah listeria yang telah menyebar di hampir 17 negara bagian AS.

Diketahui wabah tersebut bermula usai warga AS menyantap jamur enoki yang dibeli dari tiga perusahaan makanan asal Korea Selatan.

Akibatnya, 4 orang meninggal dunia, 36 lainnya masih dalam perawatan termasuk 6 orang ibu hamil yang juga terserang listeria usai menyantap jamur enoki.

Apa Itu Listeria?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh J M Farber dan P I Peterkin berjudul Listeria monocytogenes, a food-borne pathogen disebutkan bahwa listeria merupakan patogen intraseluler yang merupakan bakteri penyebab keracunan makanan.

Sebenarnya listeria memiliki angka kematian kecil dan tidak berbahaya bagi mereka yang memiliki imun kuat dan dalam keadaan sehat.

Namun bagi ibu hamil dan mereka yang sedang sakit lalu terserang listeria, angka kematiannya bisa mencapai 24%.

Baca Juga: Resep Jamur Enoki Goreng Crispy

Fakta Wabah Listeria di AS

Wabah yang dimulai pada bulan April 2020 itu hingga kini masih dalam investigasi oleh polisi dan kementerian kesehatan di AS.

Bahkan, Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Ir. Yasid Taufik  MM, mengumumkan telah memusnahkan pasokan jamur enoki di dalam negeri karena dikhawatirkan mengandung bakteri listeria yang berbahaya bagi masyarakat.

Agar Moms berhati-hati mengkonsumsi makanan khususnya jamur enoki, berikut lima fakta tentang jamur enoki yang jadi penyebab listeria di AS.

1. Didistribusikan oleh 3 Perusahaan asal Korea Selatan

fakta jamur enoki yang jadi penyebab wabah listeria

Foto: U.S Food & Drug Administration

Departemen Kesehatan Amerika Serikat bersama dengan FDA dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dalam investigasinya terhadap tiga perusahaan makanan asal Korea Selatan yakni Sun Hong Foods, Inc., Guan’s Mushroom Co., dan H&C Food Inc. menemukan bahwa jamur enoki yang didistribusikan ke hampir seluruh supermarket di 17 negara bagian AS positif mengandung Listeria monocytogenes.

Pejabat kesehatan masyarakat negara bagian melaporkan bahwa 12 dari 22 orang yang terserang listeria mengaku mengkonsumsi jamur termasuk jamur enoki, portobello, putih, kancing, cremini, kuping kayu, maitake, dan tiram sebelum akhirnya terserang wabah listeria.

2. Berbahaya Untuk Ibu Hamil

fakta jamur enoki yang jadi penyebab wabah listeria

Foto: Orami Photo Stocks

Menurut investigasi dari CDC menyebut bahwa gejala listeria yang dialami setiap orang berbeda-beda.

Umumnya, gejala listeria ditandai dengan sakit kepala, leher tegang, kebingungan, kehilangan keseimbangan, demam, sakit dan nyeri otot.

Gejala serupa juga dirasakan oleh ibu hamil, namun infeksi bakteri listeria bisa menyebabkan keguguran, lahir prematur, cacat hingga infeksi pada bayi yang baru lahir.

Biasanya mereka yang terserang listeria akan merasakan atau mengalami gejala di atas pada minggu ke pertama hingga keempat setelah terkontaminasi listeria.

Untuk kasus jamur enoki ini, kebanyakan korban melapor adanya gejala listeria paling lambat 70 hari setelah terpapar bakteri listeria.

Ada baiknya Moms segera memeriksakan diri apabila mengalami gejala serupa untuk penanganan kesehatan yang lebih cepat.

Baca Juga: Hati-Hati, Kenali Gejala Tubuh Terserang Bakteri Listeria

3. Didistribusikan di Toko Kelontong hingga Supermarket

fakta jamur enoki yang jadi penyebab wabah listeria

Foto: U.S Food & Drug Administration

Berdasarkan investigasi yang dilakukan oleh CDC dan FDA ditemukan fakta bahwa hampir seluruh warga yang terinfeksi listeria dari jamur enoki membeli produk tersebut di toko kelontong dan supermarket.

Departemen Pertanian dan Pengembangan Pedesaan Michigan menemukan bahwa perusahaan makanan Korea Selatan, Sun Hong Foods, Inc, terbukti mendistribusikan jamur enoki di toko grosir dan supermarket seperti J&L Supermarket, Jusgo Supermarket, ZTao Market, New Sang Supermarket, Galleria Market.

Sedangkan Guan’s Mushroom Co. mendistribusikan jamur enoki di toko-toko kelontong dan H&C Food Inc. yang mendistribusikan produknya di supermarket besar AS.

Maka tak heran warga yang terserang pun berjumlah hingga puluhan dalam waktu singkat.

Bahkan, pihak CDC dan FDA meyakini adanya distribusi ke pasar-pasar tradisional dan pasar di pusat kota.

4. Lakukan Hal Ini Jika Jamur Enoki Mengandung Bakteri Listeria

fakta jamur enoki yang jadi penyebab wabah listeria

Foto: Orami Photo Stocks

Cuci dan bersihkan semua permukaan serta wadah yang mungkin terkontaminasi dengan jamur enoki.

Mengingat listeria bisa hidup dalam suhu dingin dan bisa dengan mudah menyebar ke makanan lain atau tempat lain maka salah satu cara pencegahannya ialah dengan membersihkan kulkas sesering mungkin.

Berikut cara membersihkan kulkas yang baik dan benar agar terhindar dari Listeria.

  1. Cuci permukaan tempat kulkas dan wadah menggunakan air sabun dan air panas
  2. Gunakan larutan 1 sendok makan cairan pemutih dalam 1 galon air. Bersihkan wadah setelah menyiramnya dengan air panas.
  3. Jangan makan makanan olahan jamur enoki dari restoran, pengecer, maupun supermarket untuk menghindari infeksi jamur enoki, dan pastikan tidak bersentuhan dengan produk tersebut agar terhindar dari kontaminasi silang.

Baca Juga: Mengenal Fungal Acne, Jerawat yang Disebabkan Jamur di Kulit

5. Kriteria Orang yang Rentan Terserang Listeria

fakta jamur enoki yang jadi penyebab wabah listeria

Foto: Orami Photo Stocks

CDC menyebut bahwa listeria adalah penyebab utama kematian terbesar nomor tiga akibat makanan di AS.

Diperkirakan 1.600 orang sakit setiap tahunnya akibat listeria dan 260 orang di antaranya meninggal dunia.

Listeria rentan menyerang ibu hamil, bayi yang sedang sakit, lansia di atas 65 tahun dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Sehingga pastikan Moms tidak mengkonsumsi jamur enoki dulu selama hamil dan mengkonsumsi makanan bergizi yang mengandung imunitas tinggi seperti jeruk yang kaya vitamin C dan baik untuk imun tubuh.

Itulah fakta tentang jamur enoki dan Listeria. Berhati-hatilah dalam memilih makanan, apalagi jika Moms sedang mengandung, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait