Bayi

BAYI
1 Mei 2020

Ini Fakta tentang Tahapan Duduk Bayi, Wajib Tahu!

Meski bervariasi, tahapan duduk pada bayi harus dilewati dengan baik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jika Moms perhatikan, tumbuh kembang bayi pada tahun pertamanya ternyata berjalan dengan cepat. Setelah berguling dan mengangkat kepala sendiri, biasanya bayi akan mulai duduk sendiri tanpa bantuan.

Tahapan duduk pada bayi perlu diperhatikan. Sebab, ini akan membuat waktu makan lebih mudah dan memberi bayi cara baru untuk melihat dan mengeksplorasi sekelilingnya.

Tahapan duduk pada bayi bisa bervariasi dari bayi ke bayi. Si Kecil mungkin bisa duduk sejak usia 6 bulan dengan sedikit bantuan. Duduk sendiri tanpa bantuan adalah keterampilan yang dikuasai banyak bayi antara usia 7 hingga 9 bulan.

Duduk adalah fase penting yang harus dilewati dalam tumbuh kembang bayi yang optimal.

Terapis fisik pediatrik Rebecca Talmud menjelaskan bahwa ketika bayi ditempatkan pada posisi duduk terlalu dini atau dalam jangka waktu yang lama, hal itu dapat mengganggu perkembangan keterampilannya.

“Dengan kata lain, jika bayi memang terlihat duduk tegak, mereka sebenarnya tidak bekerja dan tidak memiliki kontrol kepala sendiri. Hal itu akan berkembang dengan baik ketika mereka melakukan gerakan tubuh baru sendiri, tanpa bantuan,” jelas Rebecca.

Baca Juga: Kenali Yuk, 3 Tahapan Bayi Belajar Duduk

Tahapan Bayi Siap Duduk Sendiri

Ini yang Harus Moms Tahu tentang Tahapan Duduk pada Bayi -1.jpg

Foto: Babyinfo.com.au

  • Bayi akan siap duduk jika memiliki kontrol kepala yang baik. Gerakan tubuh lainnya juga akan lebih terkontrol dan terarah.
  • Bayi yang siap duduk juga cenderung mendorong diri sendiri ketika berbaring telungkup, dan mungkin telah belajar untuk berguling.
  • Bayi dapat dengan duduk dalam waktu singkat jika Moms menempatkannya dengan tegak. Pada tahap awal ini, penting untuk tetap menjaga keamanan bayi agar tidak jatuh.
  • Bayi yang mendekati fase duduk sendiri tanpa bantuan biasanya berusia 7 hingga 9 bulan, dan kemungkinan sudah bisa berguling ke dua arah. Beberapa bahkan mungkin bergerak bolak-balik, dan bersiap untuk merangkak. Beberapa bayi mungkin bereksperimen dengan mendorong diri mereka sendiri ke posisi tripod. “Dalam posisi ini, bayi duduk dengan ditopang oleh satu atau kedua tangan di lantai,” jelasnya.
  • Bayi mampu menahan diri dalam posisi duduk sebelum dapat duduk sendiri tanpa bantuan. Dengan latihan yang cukup, bayi akan mendapatkan kekuatan dan kepercayaan diri, dan akan duduk sendiri tanpa bantuan dalam waktu singkat.

Baca Juga: 5 Tahapan Bayi Duduk, Moms Wajib Tahu!

Perhatikan Jika Tahapan Duduk Bayi Terlewat

Ini yang Harus Moms Tahu tentang Tahapan Duduk pada Bayi -2.jpg

Foto: Momjunction.com

Jika bayi tidak dapat duduk sendiri pada usia 9 bulan, segera hubungi dokter. Akan lebih baik jika bertindak lebih cepat meski perkembangan tahapan duduk bervariasi antara bayi.

Bisa jadi ini merupakan tanda keterlambatan keterampilan motorik kasar bahkan tahapan duduk bayi yang terlewat.

Tanda-tanda lain yang menjadi kemungkinan keterlambatan motorik:

  • Otot kaku atau kencang,
  • Hanya meraih dengan satu tangan dan tangan yang lain terlihat pasif,
  • Tidak memiliki kontrol kepala yang kuat,
  • Tidak berinisiatif membawa atau memasukkan benda ke mulut.

Baca Juga: 3 Cara Membantu Kemampuan Duduk Bayi

Duduk Berperan dalam Proses Belajar pada Bayi

Ini yang Harus Moms Tahu tentang Tahapan Duduk pada Bayi -3.jpg

Foto: Today.com

Tahukah Moms, prosese bayi duduk atau duduk tanpa dibantu akan berperan dalam cara bayi belajar? Hal tersebut diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan oleh North Dakota State University, Fargo and Texas A&M.

Menurut penelitian tersebut, bayi untuk duduk tanpa didukung memiliki efek pada bagaimana bayi belajar tentang objek.

"Bagian penting dari perkembangan kognitif manusia adalah kemampuan untuk memahami apakah suatu objek dalam pandangannya sama atau berbeda dari objek yang dilihat sebelumnya," kata salah satu penulis studi, Dr Woods.

Dia menambahkan bahwa bayi yang lebih tua memiliki kemampuan untuk duduk tanpa didukung, yang membuatnya lebih mudah untuk meraih, menggenggam, dan memanipulasi objek.

"Jika bayi tidak fokus pada keseimbangan, perhatian mereka bisa turun saat mengeksplorasi objek,” tambahnya.

Para peneliti menjelaskan bahwa membantu bayi duduk dengan cara yang aman dan didukung dengan baik selama sesi belajar, dapat membantu bayi dalam berbagai situasi belajar.

Moms harus berperan aktif saat bayi melewati tahapan duduk. Agar menghndari keterlambatan atau duduk dan terlalu dini.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait