Kehamilan

KEHAMILAN
31 Mei 2020

Benarkah Faktor Genetik Menentukan Jenis Kelamin Bayi?

Ditentukan kromosom X dan Y
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Dina Vionetta

Sejak dahulu banyak yang mempercayai bahwa faktor genetik ayah menentukan jenis kelamin bayi.

Ketika sang ayah memiliki lebih banyak saudara laki-laki atau perempuan, maka demikian halnya dengan anaknya.

Tetapi, itu fakta atau hanya sekadar mitos ya, Moms?

Baca Juga: Adakah Posisi Seks yang Dapat Menentukan Jenis Kelamin Bayi?

Jenis Kelamin Bayi: Teori Tentang Kromosom X dan Y

Benarkah Faktor Genetik Menentukan Jenis Kelamin Bayi? 1

Foto: unsplash.com

Family Education menjelaskan bahwa pada saat proses pembuahan terjadi, embrio menerima 23 kromosom dari sel telur sang ibu dan 23 kromosom dari sperma ayah.

Kromosom ini berpasangan untuk menghasilan 46 kromosom. Di mana pasangan 1 - 22 identik atau hampir identik, sementara pasangan ke-23 hanya terdiri dari kromosom X atau Y.

Setiap telur dan sperma mengandung kombinasi gen yang berbeda.

Hal ini dikarenakan ketika sel telur dan sperma terbentuk, kromosom bergabung dan secara acak bertukar gen sebelum membelah.

Dari 23 kromosom yang diwariskan, satu pasang diantaranya menentukan jenis kelamin bayi.

Pasangan ini terdiri dari kromosom X (wanita), dalam hal ini bayi akan berjenis kelamin perempuan, atau dari satu kromosom X dan satu kromosom Y (pria), dalam hal ini bayi akan berjenis kelamin laki-laki.

Sel telur selalu mengandung satu kromosom X, sedangkan sperma bisa membawa kromosom X atau Y. Sehingga dapat dikatakan bahwa jenis kelamin bayi ditentukan oleh sperma sang ayah.

Jika sperma pembawa kromosom X yang membuahi sel telur, embrio yang dihasilkan adalah perempuan. Tetapi jika sperma pembawa kromosom Y yang berhasil membuahi, maka embrio yang dihasilkan adalah laki-laki.

Pada embrio laki-laki, kromosom X dan Y aktif. Namun pada embrio perempuan, salah satu dari dua kromosom X dinonaktifkan sejak awal perkembangan embrio untuk mencegah instruksi duplikasi.

Entah itu kromosom X dari ibu ataupun ayah.

Lalu, apakah ini berati bahwa gen ayah juga menentukan jenis kelamin bayinya?

Baca Juga: Jenis Kelamin Bayi Ternyata Berpengaruh pada Gestasional Diabetes Ibu

Jenis Kelamin Bayi Berkaitan Dengan Faktor Genetik Ayah

Benarkah Faktor Genetik Menentukan Jenis Kelamin Bayi? 2

Foto: unsplash.com

Terdapat sebuah studi dari Newcastle University yang membenarkan bahwa ada kemungkinan bahwa faktor genetika ayah menentukan jenis kelamin bayi.

Penulis utama peneliti tersebut menyebut bahwa gen terdiri dari dua bagian, yang dikenal sebagai alel, yang diwarisi dari masing-masing orang tua. Ada kemungkinan bahwa pria membawa dua jenis alel yang berbeda sehingga dapat menghasilkan tiga kombinasi gen yang mengontrol rasio sperma X dan Y, yaitu:

Pria dengan kombinasi pertama dikenal sebagai mm, yang menghasilkan lebih banyak sperma Y dan memiliki lebih banyak anak laki-laki.

Kedua disebut sebagai mf, pria yang menghasilkan sperma X dan Y dalam jumlah seimbang dan memiliki jumlah anak laki-laki dan perempuan yang seimbang pula.

Ketiga, dikenal sebagai ff yang menghasilkan lebih banyak sperma X dan memiliki lebih banyak anak perempuan.  

Baca Juga: Posisi Bercinta Memengaruhi Jenis Kelamin Bayi?

Studi Terbaru: Faktor Genetik Tidak Menentukan Jenis Kelamin Bayi

Benarkah Faktor Genetik Menentukan Jenis Kelamin Bayi? 3

Foto: pexels.com

Meskipun tercatat ada studi yang sudah terlebih dahulu mengakui teori bahwa faktor genetik menentukan jenis kelamin bayi, studi terbaru yang diterbitkan di Royal Society Publishing justru menunjukkan hasil yang berbeda. Di mana disebutkan bahwa gen orang tua tidak menentukan jenis kelamin anak mereka.

“Kami menemukan bahwa individu tidak memiliki kecenderungan bawaan untuk memiliki keturunan dari satu atau jenis kelamin lainnya. Sebaliknya, jenis kelamin keturunan mereka pada dasarnya bersifat acak,” kata Dr. Brendan Zietsch, salah satu peneliti dari studi di atas, seperti dikutip dari University of Queensland (UQ) News.

“Jika Anda memiliki banyak anak laki-laki atau perempuan di keluarga Anda, maka itu hanyalah sebuah kebetulan.”

Jadi, kebenaran mengenai faktor genetik ayah menentukan jenis kelamin bayi masih belum dapat dipercaya sepenuhnya. Bisa jadi benar-benar terbukti pada beberapa pasangan, tetapi tidak terbukti pada pasangan lainnya. Apakah jenis kelamin buah hati Moms sesuai dengan gen keluarga Dads?

Baca Juga: Meramalkan Jenis Kelamin Bayi Lewat Tanda-Tanda Kehamilan

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait