Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Bermain dan Belajar | Jan 4, 2019

3 Faktor Penting yang Membuat Anak Tumbuh Cerdas

Bagikan


Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh cerdas, sehingga segala upaya akan dilakukan demi mewujudkannya.

Sebenarnya tak sulit untuk membuat anak tumbuh cerdas, asalkan Moms tahu kuncinya. Terdapat beberapa faktor penting yang menjadi pendukung kecerdasan anak, diantaranya::

Genetik

“Terdapat tiga faktor penting yang mendukung kecerdasan anak, yaitu nutrisi, lingkungan dan genetik. Dengan kata lain, ada anak yang orangtuanya terlihat biasa-biasa saja tetapi mampu melahirkan anak yang cerdas karena nutrisi. Bahkan seorang ahli mengatakan pengaruh genetik ini mencapai angka 5 persen,” jelas Profesor Ali Khomsan, guru besar di bidang gizi masyarakat

Dengan kata lain, orang tua yang cerdas akan mampu melakukan banyak hal untuk Si Kecil sehingga menurunkan tingkat kecerdasannya akan lebih mudah.

Baca Juga: Ingin Anak Cerdas dan Mandiri? Ini Tipsnya Menurut Psikolog!

Nutrisi

Seperti yang telah disebutkan di atas, faktor penting berikutnya adalah nutrisi. Si Kecil yang terpenuhi kebutuhan nutrisinya makan akan lebih mungkin tumbuh sebagai anak yang cerdas.

Sumber nutrisi yang dapat Moms berikan memang bermacam-macam, namun guna mendukung kecerdasan, ikan dinilai sebagai sumber nutrisi terbaik.

Mengapa? Karena ikan memang mengandung omega-3 yang dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik.

Nah, bila sudah bicara soal ikan Moms tentu bertanya-tanya kira-kira ikan apa yang terbaik? Jawabannya adalah ikan dari laut dalam seperti sarden.

Meskipun ikan air tawar dan air laut sama-sama mengandung protein yang tak jauh berbeda namun dalam hal kandungan omega-3 perbandingannya adalah 1 banding 5, sehingga membuat ikan laut jauh lebih baik.

Oleh karenanya, mengonsumsi ikan laut boleh dikatakan menjadi syarat penting untuk mencetak generasi cerdas.

Baca Juga: Ingin Membuat Si Kecil Semakin Pintar? Kenalkan Saja dengan 6 Aktivitas Hobi Ini!

Lingkungan

Faktor terakhir adalah lingkungan, bila nutrisinya sudah baik serta memiliki genetik yang cerdas namun tak didukung oleh lingkungan yang baik maka akan sulit untuk mencerdaskan Si Kecil.

Hal yang dikatakan sebagai lingkungan yang baik adalah bagaimana ia mendapatkan pendidikan. Seorang anak tak mungkin menjadi cerdas bila tak ada stimulus yang baik.

Sebagai orang tua Moms tidak hanya bertugas untuk memilihkan sekolah terbaik tetapi juga mengawasi perkembangannya.

Mungkin saja di sekolah Moms sudah merasa ia mendapatkan semua yang dibutuhkan, tapi bila di rumah lingkungannya tak memberi dukungan maka hasilnya tidak akan maksimal.

Di sekolah ia mungkin mendapatkan pendidikan formal, namun di rumah mereka tentu membutuhkan pendidikan moral dan tata krama yang harus dicontohkan oleh orang tua.

Melihat tiga faktor penting yang mendukung kecerdasan anak, tentu Moms kini sudah semakin tahu bukan langkah paling tepat untuk dilakukan guna mencerdaskan Si Kecil?

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.