Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Kesehatan Anak | Nov 24, 2018

Dari Pestisida Hingga Cat Dinding, Ini 5 Faktor Penyebab Leukemia Pada Anak

Bagikan


Leukemia atau kanker darah merupakan penyakit berbahaya dan mematikan yang dapat menyerang siapapun termasuk anak-anak.

Meskipun ini merupakan penyakit yang berbahaya dan serius, ternyata penyebab leukemia dipicu dari hal-hal sederhana yang bahkan dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Tingkatkan kewaspadaan Moms, kenali faktor penyebab leukemia pada anak berikut!

Peralatan Rumah Tangga

Penelitian mengungkapkan bahwa salah satu penyebab leukemia adalah peralatan rumah tangga seperti sofa, karpet, gorden, gelas, cat dinding hingga pestisida dan pembersih.

Mengapa demikian? Ternyata kandungan kimia di dalam barang-barang termasuk kandungan perchlorethylene yang bisa ditemukan pada semir sepatu atau pembersih kayu.

Sebuah studi penelitian menunjukan bahwa paparan perchlorethylene bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker.

Bukan kanker kulit, melainkan terserang kanker sel darah putih atau leukemia dan kanker paru-paru. Paparan zat kimia tersebut masuk ke dalam tubuh melalui udara yang terhirup oleh pernapasan.

Genetik

Selain faktor dari luar, penyebab terbesar leukemia adalah faktor keturunan atau genetik. Berhati-hatilah bila dalam keluarga memiliki riwayat mengidap penyakit ini, karena risiko penyakit ini diturunkan pada anak menjadi lebih besar.

Hal ini dikarenakan mutasi DNA. Mutasi DNA akan menonaktifkan gen supresor tumor dimana biasanya hal ini dipicu oleh perubahan gen kedua orang tua hingga terjadi kesalahan genetika pada sel-sel tubuh anak.

Baca Juga: Anak Denada Mengidap Leukemia, Waspadai 5 Gejalanya Pada Anak

Virus

Penyebab kanker darah juga dapat dipicu oleh virus. Ada beberapa jenis virus yang dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh dan menyebabkan timbulnya kanker darah pada Si Kecil. Virus tersebut antara lain adalah virus leukemia feline dan retrovirus.

Asap Rokok

Bagi Moms atau suami yang merokok, berhati-hatilah karena asap rokok dapat menyebabkan Si Kecil menjadi korban.

Tak hanya gangguan pernafasan saja, Si Kecil yang orangtuanya merupakan seorang perokok aktif, memiliki resiko mengidap leukemia jauh lebih besar daripada mereka yang orang tuanya tak merokok.

Hal tersebut karena zat-zat kimia yang terkandung dalam rokok apabila terhirup masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan Si Kecil terkena kanker paru-paru dan kanker jenis lainnya yang sama berbahayanya.

Baca Juga: Cerita 3 Anak Artis indonesia yang Mengidap Penyakit Langka

Kelainan Sejak Lahir

Terakhir, selain faktor keturunan atau genetik, kanker darah juga dapat disebabkan karena adanya kelainan sejak lahir yang diderita Si Kecil.

Salah satu bentuk kelainan yang terbawa sejak lahir adalah down syndrome. Bayi yang mengidap down syndrome sejak lahir memiliki kemungkinan untuk menderita leukemia lebih besar di kemudian hari.

Agar Si Kecil dapat terhindari dari leukemia dan penyakit berbahaya lainnya. Moms harus lebih memperhatikan gaya hidup dan kondisi sekitar ya. Jika anak menunjukkan gejala-gejala yang tidak wajar, segera periksakan ia ke dokter.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.