Rupa-rupa

3 Juni 2021

8 Rekomendasi Film Horor Jepang, Bisa Jadi Ide Hiburan di Waktu Luang

Cocok untuk Moms yang berjiwa pemberani.
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Ada banyak kegiatan yang bisa Moms lakukan di kala waktu luang. Misalnya, menonton film horor Jepang yang mungkin akan cocok untuk Moms dengan jiwa pemberani.

Tak kalah dengan film barat, film horor Jepang juga menghadirkan pengalaman alur cerita yang menarik dan menegangkan. Selain itu, Moms bisa mengenal sejarah atau kebudayaan Negeri Sakura secara tidak langsung melalui film horor Jepang.

Bahkan, banyak masyarakat yang menyebut film horor Jepang sebagai film layar lebar terbaik dibanding film horor dari negara lainnya. Meski sebenarnya, pendapat tersebut bergantung pada preferensi masing-masing orang.

Baca Juga: 5 Film Horor Terseram Sepanjang Masa, Berani Nonton?

Rekomendasi Film Horor Jepang

Film horor Jepang memiliki alur cerita beragam, mulai dari kisah yang diangkat dari peristiwa nyata, urban legend atau cerita mitos dan legenda, hingga gabungan fiktif dengan dunia nyata melalui animasi. Semua suguhan menarik tersebut bisa Moms pilih untuk ditonton ketika luang.

Tanpa berlama-lama lagi, mari simak rekomendasi film horor Jepang di bawah ini.

1. Ju-On: The Grudge (2002)

Ju_on_the_grudge.jpg

Foto: asianwiki.com

Film horor Jepang berjudul Ju-On yang rilis pada tahun 2002 ini bercerita tentang kutukan sebuah rumah yang pernah ditinggali oleh keluarga Takeo Saeki.

Awal mula kutukan ini hadir karena Saeki telah membunuh istrinya yang bernama Kayako, anak laki-lakinya, Toshio, dan seekor kucing hitam peliharaan Toshio.

Arwah Kayako dan Toshio yang dendam pun mengutuk siapa pun yang datang atau pun tinggal di rumah tersebut.

Alur cerita ini berisi tentang rangkaian teror kutukan dari Kayako dan Toshio pada setiap orang yang berhubungan dengan rumah itu, salah satunya menimpa Rika Nishina.

Baca Juga: Yakin Berani Makan Di Sini? Ini 5 Restoran Tema Horor Paling Menyeramkan di Dunia

2. Death Note (2006)

Death_Note_(film)_poster.jpeg

Foto: wikipedia.org

Sesuai namanya, film horor Jepang ini bercerita tentang sebuah buku kematian. Death Note merupakan film yang diangkat dari animasi Jepang (anime) populer yang cukup mengerikan.

Bagaimana tidak, Death Note mengisahkan siswa sekolah bernama Light Yagami yang menemukan buku kematian yang telah dibuang oleh Ryuk, dewa kematian.

Ketika Light penasaran akan cara kerja buku tersebut, ia pun mencoba untuk menuliskan nama seorang penjahat. Benar saja, nama penjahat yang dimaksud pun meninggal seketika.

Dari peristiwa tersebut, Light akhirnya berpikir untuk menuntaskan seluruh kejahatan yang ada di dunia dengan bantuan Death Note.

Namun, peristiwa kematian beruntun tersebut membuat seorang penyelidik Jepang bernama L curiga dan berusaha untuk mengusut siapa pelaku dari kasus pembunuhan ini.

Baca Juga: Selain Menara Saidah, Ini 6 Tempat Paling Horor di Jakarta

3. Dark Water (2002)

44704-dark-water-0-230-0-345-crop.jpg

Foto: letterboxd.com

Moms yang menyukai film horor Jepang sekaligus drama mungkin akan cocok menonton film ini.

Dark Water yang disutradarai oleh Hideo Nakata bercerita tentang sosok wanita bernama Yoshimi, seorang ibu tunggal di tengah perceraian.

Ia memutuskan untuk pindah ke sebuah apartemen kumuh demi membuktikan bahwa dirinya mampu merawat sang putri sendirian.

Namun, keanehan mulai terjadi karena bangunan yang sudah bobrok membuat langit-langit apartemen memiliki noda hitam dan bocor sehingga terus mengeluarkan air. Belum lagi, kejanggalan yang datang dari munculnya rambut di air kran.

Dari situlah teror hantu di apartemen mereka dimulai. Ternyata, serangkaian teror hantu mengerikan yang menimpa Yoshimi dan putrinya memiliki hubungan dengan penghuni lama yang tinggal di unit apartemen di atas mereka.

Baca Juga: 7 Adegan Film yang Kamu Percaya Benar Tapi Ternyata Salah

4. One Missed Call (2003)

one missed call 2003.jpg

Foto: rottentomatoes.com

Sesuai dengan namanya, One Missed Call bercerita tentang sebuah panggilan telepon yang terekam di kotak suara. Namun, panggilan telepon yang dimaksud bukanlah telepon biasa, melainkan telepon misterius.

Kejadian yang menegangkan ini menimpa seorang wanita bernama Yumi dan kawan-kawannya. Telepon misterius tersebut datang dari masing-masing nomor telepon mereka sendiri yang berisi pesan percakapan singkat dari diri mereka sendiri di masa depan, sesaat sebelum kematian misterius menjemput mereka satu per satu.

Keanehan dan banyak kejadian tak masuk akal pun terjadi dan diiringi dengan penampakan hantu wanita berambut panjang. Berani untuk menontonnya, Moms?

Baca Juga: Waspada, Ini 4 Dampak Buruk Balita Nonton Film Horor

5. Noroi: The Curse (2005)

noroi.jpg

Foto: pinterest.com

Film horor Jepang yang jika diterjemahkan berarti kutukan ini berkisah tentang kejadian-kejadian supranatural.

Cerita bermula ketika wanita bernama Masafumi Kobayashi, seorang wartawan yang telah mengangkat fenomena supranatural sejak tahun 1995.

Ia pun menyelesaikan kasus terakhirnya dengan membuat video dokumenter berjudul "kutukan". Dari video tersebut, terungkaplah kejadian-kejadian supranatural dan "kutukan" yang belum terpecahkan.

Diketahui, kutukan tersebut bermula dari ritual setan misterius yang dilakukan masyarakat sebagai bentuk penentangan terhadap pembangunan bendungan di sebuah kota kecil.

Baca Juga: Berani Nonton? Ini 5 Film Horor Indonesia Terseram

6. Ringu (1998)

ringu.jpg

Foto: pinterest.com

Film horor Jepang berikutnya yang patut untuk disaksikan bagi Moms dengan jiwa pemberani, adalah Ringu atau The Ring.

Ringu bercerita mengenai sebuah rekaman video misteri, yang jika diputar harus diselesaikan oleh penontonnya. Jika tidak, hantu berbaju putih dengan rambut panjang bernama Sadako akan membunuh penontonnya.

Video yang berasal dari kegelapan tersebut dibuat oleh Sadako, hantu berbaju putih dengan wajah tertutup rambut panjang terurai yang ingin melakukan teror kutukan. Film karya sutradara bernama Hideo Nakata ini dapat membuat Moms yang menontonnya penasaran siapa kah sosok Sadako yang sebenarnya.

Namun tenang Moms, jalan cerita menegangkan ini tak melulu menampilkan hantu Sadako. Justru, Sadako hanya muncul di bagian akhir film.

Dalam akhir film tersebut, Sadako muncul dengan cara keluar dari sebuah sumur tua dan menembus TV. Sadako yang bergerak dengan merangkak tersebut menyiratkan kengerian dan penderitaan karena bajunya tampak lusuh, rambut terurai yang kotor, dan banyak luka di bagian tangannya.

Selain itu, Sadako juga memiliki kekuatan supranatural yang memungkinkan dirinya membunuh seseorang hanya dengan pikiran.

Baca Juga: 5 Drama Korea tentang Hantu yang Tidak Menakutkan

7. Sadako vs Kayako (2016)

sadako kayako.jpg

Foto: IMDb.com

Sadako vs Kayako bercerita tentang dua orang sahabat bernama Yuri dan Natsumi. Mereka membeli sebuah pemutar video tape lama dari sebuah toko loak.

Mereka pun heran ketika menyalakan video tape dan mendapati ada kaset di dalamnya. Dengan penuh rasa penasaran, Yuri lalu menyarankan Natsumi untuk menyalakan kaset dengan video tape tersebut.

Namun saat Natsumi menontonnya, Yuri mendapatkan sebuah pesan singkat sehingga tak ikut melihat videonya bersama Natsumi. Ternyata, isi kaset tersebut adalah video kutukan Sadako, dimana orang yang menontonnya akan mati dalam dua hari setelah sebelumnya mendapat telepon.

Yuri yang menyadari kesalahannya lalu menonton video dan berharap sahabatnya, Natsumi bisa selamat dari kutukan video Sadako.

Sementara itu di sisi lainnya, Suzuka dan keluarganya baru saja pindah rumah. Suzuka heran dengan rumah di sebelahnya karena terlihat kosong dan gelap.

Hal tersebut justru membuat Suzuka selalu merasa tertarik untuk masuk ke dalam rumah kosong dan gelap itu. Padahal, temannya telah memberi tahu bahwa ada cerita seram dalam rumah itu dimana dahulunya, setiap orang yang pindah ke rumah itu selalu meninggal.

Ternyata, rumah tersebut berisi dengan kutukan hantu bernama Kayako. Hantu yang ada dalam film horor Jepang berjudul Ju-On.

Yuri dan Suzuka akhirnya dipertemukan oleh pengusir roh jahat Kyozo-Tamao yang berusaha menyelamatkan mereka dari kutukan Sadako (video kutukan) dan Kayako (rumah kutukan). Kyozo-Tamao lalu berusaha membuat kedua roh jahat itu, Sadako dan Kayako untuk saling bertarung dengan kutukan mereka.

Baca Juga: Bukan Hantu, Ini 3 Alasan Bayi Suka Melambaikan Tangan ke Ruang Kosong

8. Confession (2010)

confession.jpg

Foto: IMDb.com

Film horor Jepang berjudul Confession merupakan film yang diangkat dari novel tahun 2008 karya Kanae Minato. Film yang jika diterjemahkan berarti pengakuan itu berisi tentang balas dendam.

Diceritakan bahwa seorang guru SMP sekaligus single-mother, Yuko Moriguchi yang menyatakan untuk berhenti mengajar kepada murid-muridnya. Di hari terakhirnya mengajar, ia memberikan pengakuan yang mengejutkan bahwa ada dua anak di kelas tersebut yang telah membunuh putri tunggalnya, Minami.

Karena kedua pelaku yang masih anak-anak tidak akan menerima balasan setimpal akibat hukum negara yang berlaku, Moriguchi pun berniat untuk melakukan balas dendam sebagai bentuk hukuman pada kedua murid sehingga mereka mengerti tentang arti penting kehidupan.

Salah satu cara balas dendam yang dilakukan Moriguchi adalah dengan memasukkan darah yang terkontaminasi HIV ke dalam susu yang diminum oleh dua siswa tersebut.

Baca Juga: 4 Film Horor yang Cocok Dinikmati Bersama Keluarga

Moms yang menyukai film horor dengan genre thriller menakutkan mungkin akan cocok menonton ini.

Itulah rekomendasi film horo Jepang yang bisa Moms jadikan sebagai ide hiburan di kala luang. Apakah ada salah satu film horor Jepang di atas yang sudah masuk dalam daftar tontonan Moms?

  • https://www.theguardian.com/tv-and-radio/2020/jul/01/ju-on-origins-review-netflix-gory-scare-free-grudge-tv-show
  • https://www.scmp.com/magazines/style/news-trends/article/3099303/7-scariest-asian-horror-films-ring-wailing-japan-korea
  • https://www.syfy.com/syfywire/13-must-see-japanese-horror-films
  • https://www.tofugu.com/japan/japanese-horror-movies/
  • https://www.mydomaine.com/best-japanese-horror-movies-4770320
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait