2-3 tahun

12 April 2021

10 Film Keluarga Menarik untuk Quality Time bareng Si Kecil

Ayo tonton bersama suami dan Si Kecil!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Adeline Wahyu

Menonton film keluarga bisa menjadi momen untuk menciptakan hubungan yang baik dengan Si Kecil. Dengan meluangkan waktu bersama anak-anak, tentunya akan semakin banyak ingatan indah yang tertanam dalam pikiran anak.

Hubungan antara anak dan ornag tua di dalam keseharian sendiri bisa sangat memengaruhi kondisi kesehatan mental Si Kecil. Jadi, sangatlah wajar jika Moms ingin mendekatkan diri dengan cara menonton film keluarga dengan mereka.

Dilansir dari Parenting NI, salah satu cara untuk menumbuhkan kedekatan antara anak dan orang tua adalah dengan menjadi pendengar yang baik. Nah, Moms bisa mulai mendengarkan celotehan Si Kecil selama menonton film.

Ketika menonton film keluarga, Moms pun bisa menjelaskan berbagai macam adegan untuk menambah pengetahuan Si Kecil dan membentuk cara padangnya mengenai suatu hal.

Nah ini dia beberapa rekomendasi film keluarga yang bisa ditonton bersama Si Kecil!

Baca Juga: 3 Wisata Selfie Kekinian yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga

Daftar Film Keluarga yang Wajib Ditonton

Apa saja daftar film keluarga yang bisa Moms saksikan bersama dengan anak di rumah? Yuk langsung cek di bawah ini.

1. How to Train Your Dragon: The Hidden World

hidden world third poster

Foto: Orami Photo Stock

Dari DreamWorks Animation datanglah film keluarga animasi yang sangat ditunggu, How to Train Your Dragon: The Hidden World.

Di film terbarunya ini, Moms akan menyaksikan petualangan baru Hiccup dan Toothless.

Tak hanya itu, film ini juga akan semakin menarik dengan adanya tokoh naga baru.

Naga tersebut merupakan naga yang berjenis Night Fury yang mirip dengan Toothless.

Hanya saja, warna kulit naga baru ini putih. Film keluarga ini bersifat trilogi, jadi Moms bisa banyak menghabiskan waktu untuk bermain dan juga berkomunikasi dengan Si Kecil nih!

Baca Juga: Berani Nonton? Ini 5 Film Horor Indonesia Terseram

2. Dumbo

filk

Foto: Orami Photo Stock

Film keluarga dari Disney memang sedari dulu sudah menjadi teman anak-anak tumbuh dewasa. Anak yang lahir atau tumbuh di era 90an pasti mengetahui film-film Disney klasik yang kebanyakan menceritakan kisah para puteri kerajaan dan juga binatang.

Kini Disney secara aktif melakukan re-make berbagai macam film box officenya dan menjadikannya live action. Film Disney memang menjadi film keluarga favourite sedari dulu ya!

Kini Moms bisa menonton film Dumbo sebagai bentuk nostalgia sekaligus menemani anak dan menciptakan waktu berkualitas dengannya.

Film Disney "Dumbo" akan memperkenalkan mengisahkan tentang seorang bintang sirkus yang kemudian turun ke dunia perang dan mengubah kepribadiannya.

Saat kembali ke dunia sirkus, ia bekerja sebagai seorang perawat gajah kecil, Dumbo.

Ketika pemilik sirkus tahu Dumbo bisa terbang, mereka berambisi menjadikan Dumbo bintang besar. Nah, jangan lupa untuk membawa tissue saat menonton film ini ya, Moms!

Baca Juga: Quality Time Bersama, Ini Keseruan 4 Keluarga Artis Liburan ke Eropa

3. The Lion King

filk1

Foto: Orami Photo Stock

Lion King adalah salah satu film Disney dibuat versi live action-nya. Meski banyak sekali yang mengkritik visual dari film ini, namun Moms tetap bisa menjadikan Lion King versi ini sebagai film keluarga lho!

Cerita yang disuguhkan pun tidak mengalami perubahan. Jadi, Moms bisa mengajarkan atau memberi pandangan baru mengenai kehidupan pada Si Kecil.

Ya, Mufasa sendiri memang terkenal sebagai raja yang bijaksana. Ia selalu memberikan nasihat yang baik untuk Simba agar kelak ia menjadi raja yang lebih baik dari dirinya.

Dari filosofi kehidupan yang diberikan oleh Mufasa kepada Simba, mungkin Moms juga bisa menjelaskannya kepada Si Kecil kelak!

Film Lion King versi live action ini memang semakin spesial dengan para pengisi suara yang terkenal seperti seperti Beyonce, Donald Glover, Chiwetel Ejiofor, dan Seth Rogen, Moms!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Acara Ngabuburit Bareng Keluarga di Akhir Pekan

4. A Dog's Way Home

mv5bmtg5mjcwmzy5ov5bml5banbnxkftztgwmdm0oti1njm@. v1

Foto: Orami Photo Stock

Film keluarga berikutnya adalah A Dog's Way Home yang mengisahkan petualangan Bella yang menyentuh hati.

Film ini akan menceritakan tentang seekor anjing yang memulai perjalanan pulang 400 mil setelah ia dipisahkan dari pemilik yang dicintainya.

Bagi Moms yang memelihara anjing, pasti akan sangat tersentuh menyaksiakn film yang satu ini. Jadi, jangan lupa jadikan film ini sebagai film keluarga ya, Moms!

Baca Juga: Selain Cek Toko Sebelah, 5 Film Ini Juga Dibuat Menjadi Serial

5. The LEGO Movie 2: The Second Part

filk4

Foto: Orami Photo Stock

The LEGO Movie 2: The Second Part menyatukan para pahlawan Bricksburg dalam sebuah petualangan penuh aksi baru untuk menyelamatkan kota tercinta mereka.

Mereka akan menghadapi ancaman baru yang sangat besar dari luar angkasa.

LEGO akan membawa Emmet, Lucy, Batman dan teman-teman mereka ke dunia yang jauh dan belum dijelajahi, termasuk galaksi yang aneh di mana semuanya adalah musikal.

Hal ini akan menguji keberanian, kreativitas dan keterampilan mereka.

6. Magic Camp

thumb 2112

Foto: Orami Photo Stock

Film keluarga ini bercerita tentang Roy Preston, pemilik kamp musim panas bagi para pesulap muda bertemu dengan Andy, mantan kemping yang kariernya sebagai penyihir telah memaksanya untuk kembali ke kamp sebagai konselor.

Tak hanya itu, sosok yang juga kembali ke kampnya adalah Darkwood, mantan rekan yang menjadi musuhnya.

Ketika persiapan dimulai untuk kontes sulap Andy dan timnya yang kacau harus berhadapan langsung dengan Darkwood dan timnya.

Dalam prosesnya, Andy terinspirasi oleh orang-orang yang berkemah dan menemukan kembali hasratnya akan sihir.

7. Keluarga Cemara

film keluarga

Foto: Visinema Pictures

Datang dari dalam negeri, film Keluarga Cemara bisa dihadikan film keluarga yang ditonton saat liburan nih Moms.

Seperti yang sudah kita ketahhui, film karya Yandy Laurens ini bisa menghadirkan kembali suasana yang membuat kita rindu terhadap sinetron berjudul sama yang tayang pada tahun 1996 silam.

Film Keluarga Cemara sendiri dibintangi oleh Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Adhisty Zara dan Widuri Putri Sasono.

Film ini pun mampu membuat penonton terbawa emosi kesedihan dan membuat banyak perasaan penonton terasa seperti diaduk. Jadi, jangan lupa untuk menyediakan tissue ya, Moms!

8. Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini

film keluarga

Foto: Visinema Pictures

Film keluarga yang diangkat dari novel yang berjudul sama ini menjadi awal yang baik untuk perfilman Indonesia di awal tahun 2020. Film ini pun bisa dijadikan sebagai salah satu rekomendasi film keluarga yang apik.

Disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko, film ini mampu membuat emosi penonton terasa seperti diaduk dengan cerita yang mengharukan. Bahkan tak jarang banyak penonton yang merasa sangat relate dengan kisah yang disuguhkan nih, Moms!

Film ini menceritakan tentang kehidupan kakak beradik yang tampak dari keluarga bahagia. Meski demikian, ternyata masing-masing anggota keluarganya pun memiliki perasaan tersembunyi masing-masing.

Adanya konflik yang terjadi di keluarga mereka membuat Si Bungsu harus tenggelam dengan angannya. Sejak mengalami kegagalan besar, Si Bungsu pun akhirnya bertemu dengans eseorang yang bisa memberikan pengalaman hidup yang baru.

Film ini menceritakan tentang emosi yang patah, bangun, kembali jatuh, hilang, dan hilang serta semua emosi yang seringkali hinggap di hati manusia pada umumnya.

9. Dua Garis Biru

film keluarga

Foto: Starvision dan Wahana Kreator

Untuk Moms yang memiliki anak remaja, film Dua Garis Biru cocok untuk dijadikan film keluarga yang mengedukasi.

Mungkin bagi sebagian Moms, akan terasa canggung untuk membicarakan mengenai pendidikan seks untuk anak. Meski demikian, ada cara yang lebih mudah untuk mengajarkannya pada buah hati yakni dengan media film.

Dua Garis Biru adalah film remaja yang disutradari oleh Gina S. Noer. Film ini pun banyak memberikan pesan moral mengenai konsekuensi yang akan dilalui oleh para remaja yang memutuskan untuk melakukan seks di luar nikah.

Ya, membicarakan ini pada anak memang sedikit tabu. Kendati demikian, orang tua harus turut aktif dalam memberikan edukasi mengenai bahaya seks bebas yang akan diterima jika mereka belum siap.

Film Dua Garis Biru sendiri dibintangi oleh Angga Yunanda dan Adhisty Zara sebagai pemeran utamanya.

Menceritakan tentang Bima dan Dara yang harus melalui fase baru yakni menjadi siswa SMA sekaligus orang tua karena Zara yang hamil di kala itu.

Orang tua dari kedua pihak keluarga pun akhrinya harus berdiskusi untuk memutuskan hal yang sangat amat berisiko. Terlebih, pendidikan untuk anak pun harus dipenuhi meski Bima dan Dara sudah terlanjur memiliki anak.

Baca Juga: 10 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Sudah Tonton Semua Belum?

10. Spirited Away

film keluarga

Foto: Studio Ghibli

Berbeda dengan genre yang lain, kini kita beralih ke film keluarga yang berasal dari Jepang. Spirited Away sendiri rilis pada tahun 2001 lalu.

Film yang diproduksi oleh Studi Ghibli sendiri, seperti biasanya, menyediakan kualitas animasi yang cantik dan sangat nyaman untuk ditonton dengan Si kecil.

Film ini menceritakan kisah Chihiro yang berusia 10 tahun yang haris pindah ke pedesaan untuk memulai hidup baru bersama keluarganya. Saat pindahan, ia merasa tidak nyaman karena harus berpisah dengan teman-teman serta meninggalkan kehidupannya yang lama.

Dalam perjalanan Chihiro harus terjebak dalam pengalaman yang aneh dan membawa dirinya dalam bahaya. Ia bisa melihat banyak makhluk dengan visual tak biasa dan juga berbahaya bagi orang tuanya.

Di sini, akan diperlihatkan perjuangan Chihiro untuk kembali bersama dengan keluarga serta kebaikan hatinya dalam menolong orang lain yang diketahui berhubungan dengan masa lalunya.

Nah, ada banyak sekali rekomendasi film keluarga yang bisa Moms tonton bersama dengan Si Kecil di rumah saat liburan tiba.

Memilih tontonan yang baik dengan pesan moral yang membangun tentu bisa membuat hubungan dengan Si Kecil semakin dekat serta menambah pengetahan yang baru untuknya.

Film keluarga sendiri bisa menjadi salah satu cara yang menyenangkan untuk memberikan pendidikan untuk Si Kecil. Seperti film Dua Garis Biru, misalnya.

Jika Moms merasa kesulitan untuk membicarakan tentang pendidikan seks pada anak, Moms bisa memulainya dengan menonton film ini untuk kemudian membuka diskusi yang lebih dalam dengan mereka.

Jadi, mau nonton film keluarga apa minggu ini, Moms?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait