Rupa-rupa

6 Juni 2021

Rekomendasi 11 Film Kolosal Terbaik dari Berbagai Negara, Sudah Nonton?

Film kolosal memiliki cerita yang menarik dan sarat akan kisah sejarah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Film kolosal dikenal dengan latar yang megah dan melibatkan banyak pemain. Tak heran, kalau genre ini memerlukam budget yang sangat besar selama proses pembuatannya. Biasanya, film kolosal akan mengangkat kisah kerajaan atau legenda dari suatu negara. Adegan berantem atau perang juga sangat identik dengan genre film ini.

Moms yang suka dengan genre ini, berikut rekomendasi film kolosal terbaik dari berbagai negara untuk menemani waktu senggang.

Baca juga: 5 Film Romantis Terbaik untuk Tingkatkan Kemesraan Suami Istri

Rekomendasi Film Kolosal Terbaik Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya. Sehingga, banyak sekali cerita yang menarik untuk diangkat menjadi sebuah film.

Film kolosal Indonesia, biasanya mengangkat legenda yang berhubungan dengan budaya daerah setempat. Bahkan, ada juga film kolosal Indonesia yang mengangkat kisah para jagoan seperti Wiro Sableng dan Si Buta dari Gua Hantu.

Biar enggak makin penasaran, berikut rekomendasi film kolosal Indonesia yang bisa tambah pengetahuan Moms soal budaya dalam negeri.

1. Drupadi

Drupadi merupakan salah satu film kolosal terbaik

Foto: Wikipedia.com

Film kolosal terbaik Indonesia ini mengangkat kisah tokoh wayang wanita bernama Drupadi (Dian Sastro) istri dari kelima bersaudara yang dikenal sebagai Pandawa.

Drupadi merupakan bagian dari cerita epik Mahabarata asal India. Kisah ini bermula saat Yudhistira (Dwi Sasono) kakak dari para Pandawa yang kehilangan kekayaan saat bermain dadu dengan Kurawa.

Dia kemudian mempertaruhkan semua yang dia miliki, termasuk Drupadi untuk menjadi pelayan para kurawa. Demi memperjuangkan kebebasannya, Drupadi berulangkali mempertanyakan hak Yudhistira untuk mempertaruhkan dirinya saat dia sendiri telah kehilangan kebebasannya.

Film ini tidak hanya cerita tentang Drupadi, tetapi juga sebuah kiasan tentang dunia modern, sebuah ymbol di mana seorang wanita memperjuangkan sebuah dunia yang didukung keadilan dan persamaan hak.

2. Gending Sriwijaya

Gending Sriwijaya

Foto: pinterest.com

Gending Sriwijaya merupakan film kolosal terbaik karya Hanung Bramantyo dan terinspirasi dari lagu dan budaya tradisional Sumatera Selatan. Cerita film ini berlatar Nusantara pada abad ke-16 atau tiga tahun setelah keruntuhan Sriwijawa dan muncul kerajaan-kerajaan kecil yang saling berebut kekuasaan.

Baca juga: 7 Adegan Film yang Kamu Percaya Benar Tapi Ternyata Salah

3. Pendekar Tongkat Emas

Pendekar Tongkat Emas

Foto: wikipedia.com

Film kolosal terbaik satu ini bercerita tentang seorang Pendekar Tongkat Emas termasyur di dunia persilatan bernama Cempaka (Christine Hakim). Ia memiliki empat murid yang diambil dari musuh-musuhnya dikalakannya.

Keempat murid tersebut adalah Biru (Reza Rahadian), Gerhana (Tara Basro), Dara (Eva Celia), dan Angin (Aria Kusumah). Cempaka yang kondisinya tidak bugar lagi, akhirnya memilih salah satu muridnya untuk mewarisi tongkat emas miliknya. Namun, hal itu membuat konflik terjadi diantara para muridnya.

4. Wiro Sableng : Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212

film kolosal terbaik wiro sableng

Foto: movfreak.blogspot.com

Wiro Sableng merupakan film kolosal terbaik Indonesia yang diangkat dari Novel yang sangat terkenal di era 80an. Film ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Wiro Sableng (Vino G. Bastian) murid dari pendekar misterius bernama Sinto Gendeng (Ruth Marini), mendapat titah dari gurunya untuk meringkus Mahesa Birawa (Yayan Ruhaya) mantan murid Sinto Gendeng yang berkhianat..

Dalam perjalanannya mencari Mahesa Birawa, Wiro terlibat dalam suatu petualangan seru bersama dua sahabat barunya Anggini (Sherina Munaf) dan Bujang Gila Tapak Sakti (Fariz Alfarazi). Pada akhirnya Wiro bukan hanya menguak rencana keji Mahesa Birawa, tetapi juga menemukan esensi sejati seorang pendekar.

Baca juga: 10+ Film Romantis Indonesia yang Cocok Ditonton saat Valentine

Rekomendasi Film Kolosal Terbaik Barat

Legenda atau sejarah yang menarik juga sering diangkat para sineas barat ke dalam sebuah film. Konflik antara suku atau kerajaan akan dikemas secara menarik hingga berhasil menjadi film kolosal terbaik kelas dunia.

Yuk Moms, simak film kolosal barat yang mendunia dan masuk dalam box office.

5. Gladiator

Gladiator film kolosal terbaik barat

Foto: rottentomatoes.com

Gladiator merupakan salah satu film kolosal Amerika yang meraih banyak kesuksesan. Film ini bercerita tentang mantan jenderal Romawi bernama Maximus Decimus Meridius yang mengubah identitasnya menjadi Carthaginian, seorang gladiator paling handal di masa Colloseum.

Keputusan Maximus untuk berhenti dari tugas dan jabatannya karena ulah kaisar baru yang telah membunuh keluarganya. Sejak saat itu, dia berusaha untuk membalaskan dendamnya terhadap kaisar Commodus.

6. The Lord of the Rings Trilogy

film kolosal terbaik Lord of the Rings

Foto: amazon.com

Film kolosal terbaik yang diangkat dari Novel karya J.R.R. terdiri dari tiga seri. Berlatar dunia fiksi Middle-earth, ketiga seri Lord of the Ring bercerita tentang seorang hobbit bernama Frodo Baggins dan para Fellowship memulai pencarian untuk menghancurkan Cincin buatan Pangeran Kegelapan Sauron.

Namun di tengah perjalanan, para Fellowship mulai berpecah dan Frodo melanjutkan pencarian dengan teman setianya Sam dan Gollum. Sayangnya, Gollum juga melakuka penghianatan.

The Lord of the Rings merupakan salah satu serial film terbesar dan paling berpengaruh yang pernah dibuat. Bahkan film ini juga dinobatkan sebagai film terlaris sepanjang masa.

Hampir setiap filmnya mendapat pujian kritis, dengan pujian tinggi untuk efek khusus inovatif mereka, akting, skor musik, dan kedalaman emosional, dan banyak penghargaan, seri memenangkan 17 dari 30 nominasi Academy Award.

Baca juga: 3 Serial dan Film Kartun Yang Mengajarkan Anak Tentang Agama Islam

7. Troy

film kolosal terbaik Barat

Foto: imdb.com

Film kolosal terbaik ini memili latar tahun 1250 SM atau selama akhir zaman Perunggu. Dua negara berkembang mulai bentrok setelah Paris, pangeran Troya, meyakinkan Helen, Ratu Sparta, untuk meninggalkan suaminya, Menelaus, dan berlayar bersamanya kembali ke Troy.

Setelah Menelaus mengetahui bahwa istrinya diambil oleh Trojan, dia meminta saudaranya Agamemnon untuk membantunya mendapatkannya kembali. Agamemnon melihat ini sebagai kesempatan untuk mendapatkan kekuasaan.

Jadi mereka berangkat dengan 1.000 kapal yang membawa 50.000 orang Yunani ke Troy. Dengan bantuan Achilles, orang-orang Yunani mampu melawan Trojan yang belum pernah dikalahkan sebelumnya. Tapi mereka dihentikan oleh Hector, Pangeran Troy.

8. Kingdom of Heaven

film kolosal terbaik barat, troy

Foto: imdb.com

Kingdom of Heaven merupakan film kolosal terbaik dengan layer masa Perang Salib selama Abad Pertengahan. Seorang pandai besi bernama Balian telah kehilangan keluarganya dan hampir kehilangan imannya. Perang agama yang berkecamuk di Tanah Suci yang jauh tampak tidak menarik baginya, namun tanpa sengaja dia ditarik ke dalam drama yang luar biasa itu.

Di tengah arak-arakan dan intrik Yerusalem abad pertengahan, dia mulai mengenal cinta dan tumbuh menjadi seorang pemimpin. Pada akhirnya, ia menggunakan semua keberanian dan keterampilannya untuk mempertahankan kota dari rintangan yang mengejutkan.

Takdir datang mencari Balian dalam bentuk kesatria hebat, Godfrey dari Ibelin, seorang Tentara Salib, pulang ke Prancis dari pertempuran di Timur mengungkap dirinya sebagai ayah Balian, Godfrey menunjukkan kepada Bailan arti sebenarnya dari ksatria dan membawanya dalam perjalanan melintasi benua ke Kota Suci.

Baca juga: 3 Serial dan Film Kartun Yang Mengajarkan Anak Tentang Agama Islam

Rekomendasi Film Kolosal Asia

Film kolosal dari Asia, seperti Jepang Cina dan Korea juga banyak yang menarik untuk ditonton lho Moms. Bahkan, tidak sedikit penonton yang merasa kagum akan latar dan juga adegan-adegan di dalam film tersebut.

Berikut rekomendasi film kolosal terbaik dari Jepang, Korea dan Cina untuk mengisi waktu luang Moms.

9. 13 Assasins

film kolosal terbaik Jepang

Foto: imdb.com

Film kolosal terbaik Jepang ini memiliki latar tahun 1844, dimana kedamaian Feodal Jepang terancam oleh Raja Naritsugu Matsudaira yang kejam.

Seorang samuran Shinzamon mendapat panggilan dari penasehat shogun Sir Doi dari Klan Akasi setelah upacara harakiri pemimpin klan Namiya. Di sana, Shinza mendengar cerota Makino Uneme, seorang yang putra dan menantunya telah dibunuh oleh Naritsugu.

Tak hanya itu, Sir Doi juga menunjukkan seorang wanita dengan lengan, kaki dan lidah yang dipotong oleh Naritsugu dan dia menulis dengan lengannya permintaan kepada Shinza untuk membantai Naritsugu dan samurai nya.

Setelah bertemu dua korban kekejaman Narigusu, Shinza mengumpulkan sebelas samurai lainnya dan merencanakan sebuah rencana untuk menyerang Naritsugu dalam perjalanannya kembali ke tanah Akashi.

Tapi samurai licik Hanbei Kitou yang bertanggung jawab atas keamanan tuannya meramalkan niat Shinza. Akhirnya, Shinza memutuskan untuk pergi bersama para samurai melewati gunung. Di sana, mereka menemukan pemburu Koyata yang membimbing mereka turun gunung dan bergabung dengan kelompok tersebut sehingga menjadi 13 orang.

10. Red Cliff

film kolosal terbaik cina

Foto: imdb.com

Film kolosal terbaik ini bercerita tentang hari-hari terkahir masa Dinasti Han sekitar tahun 208 M. Dimana negara dipimpin oleh Perdana Menteri Cao Cao yang cerdik meyakinkan Kaisar Han yang berubah-ubah, satu-satunya cara untuk menyatukan seluruh Tiongkok adalah dengan menyatakan perang terhadap kerajaan Xu di barat dan Wu Timur di selatan.

Perdana Menteri akhirnya memimpin kampanye militer dengan dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Karena tidak ada harapan lain untuk bertahan hidup, kerajaan Xu dan East Wu membentuk aliansi yang tidak terduga. Banyak pertempuran kekuatan dan kecerdasan terjadi, baik di darat maupun di air, yang akhirnya berpuncak pada pertempuran Tebing Merah. Selama pertempuran, dua ribu kapal dibakar, dan jalannya sejarah Tiongkok berubah selamanya.

11. The Great Battle

film kolosal terbaik Korea

Foto: imdb.com

Pada tahun 645, pasukan besar Tang, yang dipimpin oleh Kaisar Li Shimin (Park Sung-Woong), menyerang kerajaan Goguryeo. Pasukan Goguryeo, yang dipimpin oleh Yeon Gaesomun (Yu Oh-Seong), dikalahkan berulang kali.

Yeon Gaesomun memutuskan untuk mundur ke Kastil Pyongyang yang merupakan ibu kota Goguryeo dan dia memerintahkan Sa-Mool (Nam Joo-Hyuk) untuk membunuh Yang Man-Chun (Zo In-Sung).

Yang Man-Chun adalah penguasa Benteng Ansi dan Yeon Gaesomun menyebutnya pengkhianat karena tidak ikut berperang dengan pasukan Tang. Sa-Mool pergi ke Benteng Ansi untuk membunuh Yang Man-Chun, tapi, di sana, dia tersentuh oleh cara Yang Man-Chun peduli pada rakyatnya.

Sementara itu, Kaisar Li Shimin dan pasukan Tang mendekati Benteng Ansi. Benteng itu berada di pawai pasukan Tang ke ibu kota Pyongyang. Yang Man-Chun dan pasukannya memutuskan untuk mempertahankan Benteng Ansi sampai mati.

Baca juga: Aktor Pria Indonesia yang Sering Main Film Action

Moms demikian rekomendasi film kolosal terbaik dari dalam dan luar negeri. Semoga bisa jadi hiburan di waktu senggang ya.

  • https://www.imdb.com/list/ls062454757/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait