Selebriti

4 Maret 2019

Film Pendek "Bao" Menang Oscar 2019, Ini Dia Asal Usul Dumpling

Selamat untuk film pendek “Bao” yang menang Oscar 2019 dalam kategori Best Animated Short Film. Cerita tentang dumpling, nah apa sih dumpling itu?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Film animasi pendek “Baoproduksi studio Disney Pixar berhasil membawa piala dari penghargaan bergengsi Academy Awards ke-91 (Oscar 2019). Bao menang dalam kategori Best Animated Short Film, mengalahkan 4 film lainnya yaitu Weekend, One Small Step, Late Afternoon, dan Animal Behaviour.

Jika Moms dan Si Kecil pernah menonton film Incredibles 2, maka tentu ingat ada suguhan cerita yang manis dari film animasi pendek Bao sebelum film diputar.

Fakta Film Animasi Pendek “Bao

domee

Film animasi pendek Bao berdurasi sekitar 8 menit. Film animasi pendek ini bercerita tentang hubungan seorang wanita tua dengan sebuah bayi pangsit.

Disutradarai oleh perempuan Asia pertama yang sukses menggarap film pendek Disney Pixar, Domee Shi. Ia berhasil mematahkan label Pixar yang sering disebut boy club animator.

Mengagumkannya, cerita Bao diangkat dari pengalaman pribadi Shi yang dilahirkan sebagai anak tunggal dan sangat disayangi oleh Ibunya. Penggambaran kisah hidupnya itu diceritakan seperti dumpling pada film animasi pendek Bao.

Menurut penuturan Shi yang menjawab pada laman Time.com, dirinya mengaku kalau ia sering membuat dumpling bersama Ibunya di akhir pekan. Sweet ya, Moms!

Baca Juga: 10 Kartun yang Baik Ditonton Anak

Asal Usul Dumpling

f15 2 ancient dumpling 18th century for cover

Menurut laman Wikipedia, dumpling adalah salah satu jenis dim sum yang mempunyai banyak penggemar, biasanya disajikan saat bersantap di restoran. Kebiasaan menyantap dim sum sudah ada sejak periode jalur sutera, yaitu pada masa Dinasti Han di tahun 206 SM sampai abad 14 M Dinasti Yuan.

Tahukah Moms, kalau sejak abad ke-10 sudah dikenal sekitar 2.000 jenis dim sum, termasuk salah satunya adalah dumpling. Waw!

Biasanya dumpling disajikan dalam bentuk yang kecil agar mudah disantap dalam satu kali suapan. Bentuknya dibuat indah dan menarik, Moms bisa melihatnya di dalam film Bao yang animasinya juga dibuat dengan sangat indah.

Isi di dalam Dumpling

p14 milner xiao long bao a 20140101

Jenis dumpling di dalam film animasi pendek Bao berjenis Baozi. Biasanya berisi daging cincang dan ditambahkan dengan sayuran, kemudian dibalut dengan selembar adonan seperti kulit yang dibuat dari tepung, sama persis seperti yang digambarkan dalam film animasi pendek Bao.

Namun, ada beberapa jenis dumpling yang berisi udang, rabung, daging ayam, atau ikan.

Ada berbagai cara dalam memasak dumpling, mulai dari dikukus seperti dalam film animasi pendek Bao, direbus, digoreng, atau dipanggang.

Baca Juga: 5 Kartun Yang Tidak Boleh Dilewatkan Anak

Nah, itu dia Moms sekilas asal usul dumpling yang ada di film animasi pendek Bao. Yuk nonton filmnya dan coba dumpling-nya, Moms!

(IRN)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait