Rupa-rupa

5 November 2021

Rekomendasi Film Robot Era 1990 dan 2000, Yuk Tonton Bersama Si Kecil!

Film robot sering menarik perhatian para pecinta film sci-fi
placeholder

Foto: disney-plus.net

placeholder
Artikel ditulis oleh Sudiyanti
Disunting oleh Amelia Puteri

Di era modern seperti saat ini, robot perlahan terealisasi di dunia nyata. Berawal dari film robot yang mengusung cerita tentang kehebatan teknologi masa depan.

Kehebatan manusia dalam berinovasi memiliki kontribusi yang cukup besar dalam kemajuan zaman. Semua ini tak luput dari film robot yang banyak mempengaruhi dunia nyata.

Film robot yang pernah tayang sebelumnya selalu masuk dalam deretan teratas film box office. Jalan cerita, teknologi hingga pesan moral yang ada didalamnya ini membuat film begitu sangat digemari bahkan melahirkan karya-karya unik.

Dilansir dari Jurnal Peranan Cyborg dalam Film “I, Robot” menyebutkan film sebuah perangkat yang berangkat dari suatu benda teknologi.

Kemajuan teknologi canggih sekarang ini seperti kemampuan komputer yang bisa merubah yang biasa menjadi luar biasa dan membuat yang tidak ada menjadi ada.

Teknologi inilah yang menjadi dasar impian manusia tidak hanya mimpi saja, tapi sebuah representasi yang dipaparkan secara detail oleh para sutradara dan produser film mencoba mengajak manusia menginjak realitas masa depan.

Baca juga: 13 Film Horor Korea Terbaik, Berani Nonton?

Sejarah Film Robot

film robot

Foto: Pexels.com

Dilansir dari University of Michigan, berikut sejarah singkat film robot dari tahun 1930-an.

1. 1930-1940

"The Wizard of Oz" (1939) memperkenalkan Tin Man, salah satu film yang paling dikenal. Dalam film robot ini Tin Man berkarakter menyenangkan mirip sama manusia.

Di tahun 30-an dan sampai 40-an para sutradara masih sering menggunakan karakter robot pembunuh yang tidak terkendali.

2. 1950-1960

Film di tahun 1950-an mencerminkan ketakutan akan bentuk-bentuk kekerasan yang selama Perang Dingin.

"The Day the Earth Stood Still" (1951) menggambarkan Gort, robot alien berukuran raksasa yang terbuat dari logam yang mengirimkan pesan anti nuklir ke Bumi.

"Stanley Kubrick 2001: A Space Odyssey" (1968) salah satu film robot yang paling dikenal.

Ini bukan robot korporeal tradisional dan film ini memprediksi robot dengan kemampuan pemahaman serta pemrosesan tingkat lanjut.

3. 1970-1980

Film robot "Star Wars" menetapkan standar robot di film pada 1970-an dan 1980-an. C-3PO dan R2-D2, dua karakter paling dicintai dan ikonik dari seri ini.

Dalam film ini banyak robot menciptakan karakter robot jahat. Terutama Terminator yang menggambarkan perang antara manusia dan robot.

4. 1990-2000 dan Seterusnya

Film robot di pergantian abad ke-21 semakin menampilkan kecintaan terhadap teknologi saat itu. "Wall-E" (2004) menjadi film robot yang menyelamatkan bumi demi manusia.

Hingga saat ini, film ini begitu menarik dan digemari terutama anak laki-laki ya Moms!

Baca juga: 11 Rekomendasi Film Bencana Alam yang Seru dan Menegangkan

Rekomendasi Film Robot Era Tahun 90-an

film robot

Foto: Pexels.com

Setelah membahas tentang sejarah film robot, selanjutnya ada beberapa film robot yang direkomendasikan untuk para penggemar film robot. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut!

1. RoboCop

Film bergenre action, sci-fi ini dirilis tahun 1987. Film ini disutradarai Paul Verhoeven dan diproduksi oleh Orion Pictures.

Film robot ini bercerita tentang masa depan dimana kejahatan sudah merajalela. Banyak perusahaan menciptakan robot untuk pertarungan untuk kejahatan.

Film RoboCop ini bercerita tentang penumpasan kejahatan di dunia RoboCop. Dalam film ini RoboCop mempunyai kekuatan yang sangat kuat yang diperankan oleh Alex.

2. The Iron Giant

Film robot "The Iron Giant" ini adalah salah satu film robot yang diproduksi pada tahun 90-an.

Film animasi ini dirilis pada tahun 1999 disutradarai oleh Brad Bird dan diproduksi oleh Warner Bros, Feature Animation.

Film ini bercerita tentang persahabatan seorang anak dengan robot. Robot berukuran raksasa bernama The Iron Giant yang merupakan alien yang jatuh ke bumi.

3. The Matrix

Film robot "The Matrix" film bergenre action, sci-fi ini dirilis pada tahun 1999 dan disutradarai oleh The Wachowskis diproduksi oleh Warner Bros, Village Roadshow Pictures.

Tidak berbeda dengan film robot "The Terminator".

Film ini menceritakan tentang manusia yang bertarung dengan mesin. Mesin komputer ini mempunyai kesadaran seperti manusia dan mempunyai tujuan untuk melawan manusia.

Selain itu film ini juga bercerita tentang seorang hacker yang bernama Neo (Keanu Reeves).

Dunianya hanyalah dunia buatan dan menjadi buronan saat mulai bekerja sama dengan seorang hacker legendaris yang bernama Morpheus.

Baca juga: 10 Film Romantis Jepang untuk Menemani Waktu Luang, Dijamin Baper!

Rekomendasi Film Robot Era Tahun 2000-an

film robot

Foto: Pexels.com

Banyak film robot di tahun 2000-an yang bisa ditonton oleh para penggemar robot. Semakin canggih dan majunya dunia, selain bentuk dan desain, film ini memiliki alur cerita yang menarik perhatian.

Berikut deretan film robot yang wajib Moms tonton bersama si kecil di rumah!

1. Transformers

Film ini merupakan film bergenre action, sci-fi yang diproduksi oleh Don Murphy dan Tom DeSanto. Film robot juga disutradarai oleh Michael Bay dan dirilis pada tahun 2007.

Film "Transformers" adalah film robot yang sangat populer dan banyak disukai di kalangan anak-anak maupun orang dewasa.

Film ini bercerita tentang dua ras yang berbeda dari planet Cybertron yaitu Autobots dan Deception.

Dua ras tersebut bertarung untuk merebutkan Allspark's yang berkekuatan sangat besar.

2. Pacific Rim

Film robot ini melibatkan robot raksasa yang wajib ditonton. Film bergenre action, sci-fi ini diproduksi oleh Legendary Pictures dan didistribusikan oleh Warner Bros.

Film ini dirilis di tahun 2013 film dan sangat disukai oleh anak-anak sampai orang dewasa.

Berbeda dengan film robot Transformers, film ini memiliki kesadaran seperti manusia. Dalam film ini robot yang berperan dikontrol oleh oleh manusia.

Film robot ini bercerita tentang monster laut yang menyerang kehidupan manusia. Untuk melawan monster laut ini dibuatlah proyek yang bernama Jaeger.

Jaeger adalah robot yang dibuat untuk melawan Kaiju. Robot ini bekerja dan dikendalikan oleh pilot melalui pikiran.

3. Wall-E

Film robot bergaya interpunct adalah film sci-fi tahun 2008 yang disutradarai oleh Andrew Stanton dan diproduksi oleh pixar Animation Studios. Film "Wall-E" dirilis oleh Walt Disney Pictures.

Ini adalah film animasi tentang distopia bumi di masa depan. Wall-E (Waste Allocation Load Lifter Earth-class) merupakan satu-satunya robot yang tinggal di bumi.

Film robot ini bercerita tentang petualangan robot pengumpul sampah bernama Wall-E dengan robot lain bernama Eve di kapal luar angkasa.

Teknologi memang berkembang dengan sangat pesat. Film ini sangat mempengaruhi perkembangan dunia teknologi saat ini.

Manusia berusaha menciptakan sesuatu yang terinspirasi dari film robot untuk mempermudah pekerjaan dengan menciptakan robot.

Bukan hal yang tidak mungkin jika di masa yang akan datang akan banyak robot bermunculan seperti manusia. Ini semua terinspirasi dari film yang pernah ada.

Dari beberapa film robot yang ada, teknologi tidak hanya memberikan dampak positif. Tapi ada juga dampak negatif jika tidak melakukannya secara bijak.

Moms bisa mendampingi Si Kecil menonton beberapa rekomendasi film robot di atas. Ingat, pilihlah film yang sesuai dengan usianya ya!

  • https://www.researchgate.net/publication/43330532_PERANAN_CYBORG_DALAM_FILM_I_ROBOT
  • https://ums.org/2016/01/18/study-up-brief-history-of-robots-in-film/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait