Rupa-rupa

18 November 2021

Catat, Beberapa Film Romantis Sedih yang Wajib Ditonton Akhir Pekan Ini!

Moms bisa menontonnya bersama Dads
placeholder

Foto: netflix.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Sudiyanti
Disunting oleh Amelia Puteri

Film romantis sedih sering bikin kita baper ya Moms. Jalan cerita yang nggak selalu mulus sering memberikan kesedihan bagi penontonnya.

Cerita yang bagus biasanya membuat penonton terasa nyata. Ada yang berakhir dengan happy ending, namun tak sedikit juga yang berakhir sad ending.

Patah hati sering kali jadi poin penting dalam film romantis sedih. Bukan hanya dalam cerita, tapi penonton pun ikut ditinggalkan rasa patah hati tersebut.

Bahkan, kesedihannya pun terasa begitu mendalam setelah selesai menonton film yang disajikan.

Baca juga: 13 Film Horor Korea Terbaik, Berani Nonton?

Film Bagian dari Proses Kreatif

film romantis sedih

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Jurnal Film sebagai Proses Kreatif dalam Bahasa Gambar, film merupakan hasil dari proses kreatif berbagai unsur diantaranya seni musik, seni rupa, seni suara, teater serta teknologi dengan kekuatan gambar sebagai bentuk visualisasinya.

Film selain sebagai alat untuk mencurahkan ekspresi bagi penciptanya, juga sebagai alat komunikator yang efektif.

Film dapat menghibur, mendidik, melibatkan perasaan, merangsang pemikiran dan memberikan dorongan, serta pengalaman baru yang tersirat dalam makna yang divisualisasikan lewat gambar-gambar yang menarik.

Pembuatan sebuah film merupakan hasil kerja kolaboratif. Artinya dalam proses produksi sebuah film melibatkan sejumlah tenaga ahli kreatif yang menguasai sentuhan teknologi dalam keahliannya.

Semua unsur ini saling menyatu, bersinergis serta saling mengisi satu sama yang lainnya sehingga menghasilkan karya yang utuh.

Perpaduan dan kerjasama yang baik antar elemen-elemen yang ada didalamnya akan menghasilkan sebua karya yang menarik dan enak ditonton.

Tahukah Moms? Saat kita menonton film yang sedih, secara otomatis Moms akan mengeluarkan kesedihan tersebut. Emosi yang terpendam pun keluar dan berubah menjadi perasaan yang lebih positif.

Baca juga: 11 Rekomendasi Film Bencana Alam yang Seru dan Menegangkan

Rekomendasi Film Romantis Sedih

film romantis sedih

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Glamour dan Instyle, beberapa film romantis sedih ini bisa Moms pilih untuk ditonton di rumah! Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Titanic (1997)

Ini adalah film romantis sedih yang epik dan menyedihkan. "Titanic" diperdebatkan selama beberapa dekade apakah Jack (Leonardo DiCaprio) bisa selamat atau tidak.

Bahkan sutradara James Cameron berkata, "Seandainya dia hidup, akhir film tidak akan ada artinya."

Titanic merupakan film tentang tentang kematian dan perpisahan.

2. Atonement (2007)

"Atonement" merupakan film romantis sedih dengan adegan seks yang diingat sepanjang masa. Pastikan tidak ada Si Kecil ketika menonton film ini, ya.

Sayangnya, momen panas antara karakter Keira Knightley dan James McAvoy itu menjadi kesalahpahaman besar yang akhirnya berujung pada tragedi.

3. Malcolm & Marie (2021)

Zendaya dan John David Washington berperan sebagai pasangan di ambang perpisahan dalam kisah cinta yang cukup emosional. Melalui film ini, penonton bisa mendapatkan kesan nyata akan sebuah situasi hubungan yang rumit.

4. Carol (2015)

Kate Blanchett adalah seorang wanita tertutup yang mengalami perceraian. Rooney Mara adalah calon fotografer yang jatuh cinta padanya.

Berlatar seperti tahun 1950-an, "Carol" adalah film yang indah dan memilukan tentang dua wanita yang menemukan cinta tanpa harapan.

Tidak ada representasi yang cukup dekat dari romansa yang hangat namun menyedihkan dalam film. Film ini juga sering digambarkan sebagai perselingkuhan terlarang.

Jadi, Carol adalah film romantis sedih yang luar biasa.

5. The Fault in Our Stars (2014)

Film romantis sedih ini diadaptasi dari novel lawas karya John Green.

Film ini yang dibintangi oleh Shailene Woodley dan Ansel Elgort sebagai dua pasien kanker. Selama menonton Moms pelu membawa sekotak tisu.

Dijamin membuat penonton turut ikut dalam kesedihan ceritanya.

Baca juga: 10 Film Romantis Jepang untuk Menemani Waktu Luang, Dijamin Baper!

6. 500 Days of Summer (2009)

Ini merupakan film romantis sedih yang dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt dan Zooey Deschanel. Film ini berakhir dengan perpisahan.

7. If Beale Street Could Talk (2018)

Ditulis dan disutradarai oleh penulis "Moonlight" Barry Jenkins, film "If Beale Street Could Talk" menceritakan seorang wanita muda (KiKi Layne) yang mencoba memperbaiki nama kekasihnya (Stephan James) karena telah dituduh melakukan kejahatan yang sebetulnya tidak dilakukan.

Film romantis sedih ini menyajikan kisah cinta yang menakjubkan dan begitu indah.

Pada cerita ini terdapat dua orang kulit hitam yang merupakan belahan jiwa, tetapi mereka berurusan dengan masalah yang sama setiap hari.

8. If I Stay (2014)

Jika Moms berencana untuk menonton "If I Stay", film romantis sedih ini bercerita tentang romansa remaja yang diadaptasi dari film Y.A. novel tentang seorang anak berusia 17 tahun.

Mereka berselisih hingga mengakibatkan kecelakaan mobil parah yang membuatnya koma.

9. Portrait of a Lady on Fire (2019)

Kisah cinta Prancis ini bercerita tentang seorang pelukis yang ditugaskan untuk membuat potret calon pengantin. Dalam prosesnya, kedua tokoh utama film ini menjalin ikatan yang berubah menjadi romansa.

10. A Walk to Remember (2002)

Film romantis sedih ini bercerita tentang kisah remaja pengidap kanker yang jatuh cinta pada teman sekelasnya.

Ini merupakan film yang diadaptasi dari karya Nicholas Sparks. Film ini cukup menarik perhatian dan populer sejak kemunculannya.

Baca Juga: Rekomendasi 9 Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

11. Marriage Story (2019)

Film romantis sedih ini bercerita tentang masalah kehidupan yang timbul dari perceraian.

Kisah ini ditulis dan disutradarai oleh Noah Baumbach dan sebagian cerita berdasarkan kisah perceraiannya sendiri dengan mantan istrinya Jennifer Jason Leigh.

12. Blue Is the Warmest Color (2013)

Film "Blue is the Warmest Color" merupakan cerita romansa antara seorang wanita muda (Adèle Exarchopoulos) dan seorang pelukis yang bercita-cita tinggi (Léa Seydoux).

Tetapi ketika adanya perbedaan, hubungan yang ada pun menjadi lebih tegang.

13. A Star is Born (2018)

Film "A Star is Born", bercerita kisah tragis tentang ketenaran, kecanduan, dan cinta. Film romantis sedih ini benar-benar terasa emosional.

14. Irreplaceable You (2018)

Film romantis ini begitu menyedihkan.

Film ini bercerita tentang seorang wanita penderita kanker dan pria yang mencintainya. Film ini dibintangi oleh Gugu Mbatha-Raw dan Michiel Huisman.

15. Remember Me (2010)

Film "Remember Me" bercerita tentang kisah cinta yang diperankan oleh Emilie de Ravin dan Robert Pattinson. Film ini berlatar New York City.

Saat menonton film romantis sedih ini, Moms akan menikmati cerita romantis sekaligus sedih.

Baca Juga: 10 Film Romantis Thailand, Bisa Bikin Hubungan Makin Mesra

16. Like Crazy (2011)

Film ini bercerita tentang Anna (Felicity Jones), seorang siswa pertukaran Inggris yang ditolak masuk kembali ke Amerika Serikat. Begitu pula hubungannya dengan Jacob (Anton Yelchin) diuji.

17. The Bodyguard (1992)

Ini merupakan film thriller romantis yang tayang di tahun 1992. Film ini dibintangi Whitney Houston sebagai penyanyi yang memulai hubungan dengan pengawalnya (Kevin Costner).

18. Call Me by Your Name (2017)

Kisah yang indah tentang romansa musim panas antara seorang remaja dan mahasiswa pascasarjana. Sayangnya, kontroversi kehidupan nyata Armie Hammer merusak reputasi dari film romantis sedih ini.

19. Romeo + Juliet (1996)

Moms tahu bagaimana film romantis sedih yang satu ini berakhir?

Sesuatu tentang kecemasan remaja tahun 90-an yang sempurna dari Claire Danes dan Leonardo DiCaprio membuat kisah cinta karya Shakespeare ini bernasib tragis.

20. Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

Dalam film ini Kate Winslet dan Jim Carrey berperan sebagai pasangan yang mengakhiri hubungan mereka. Bercerita tentang usaha mereka untuk menghapus kenangan hubungan di pikiran mereka.

Plot di film ini seperti seni kelas atas.

Baca Juga: 11 Film Romantis Korea yang Cocok Ditonton dengan Pasangan

21. Her (2013)

Film yang dibintangi oleh Scarlett Johansson bersama Joaquin Phoenix merupakan film perpaduan fiksi ilmiah dan romansa yang mungkin membuat banyak orang ingin mereka mempertimbangkan kembali hubungannya.

22. Moonlight (2016)

Di film ini mengisahkan cinta yang berbeda. "Moonlight" bercerita tentang komunitas pencarian jodoh.

23. P.S I Love You

Film romantis sedih ini bercerita tentang pasangan suami istri bernama Gerry dan Holly.

Dalam cerita ini Gerry meninggal akibat tumor otak yang dideritanya. Kondisi ini membuat Holly sedih dan menarik diri dari keluarga maupun sahabat.

Saat Holly berulang tahun, ia diberi kejutan berupa surat dari Gerry yang didalamnya terdapat tulisan "P.S I Love You".

Menonton film memang paling asyik kalau sudah bersantai ya, Moms. Bisa setelah pulang kerja atau saat anak sudah tertidur pulas. Itulah saat terbaik untuk Moms menikmati film-film terbaik.

Buat Moms yang suka film cinta-cintaan, beberapa daftar film di atas sangat direkomendasikan, lho. Pasalnya, film romantis memang paling disukai oleh ibu-ibu ya dibanding film action.

Film romantis sedih memang bisa bikin mewek. Selama menonton jangan lupa untuk membawa tisu ya Moms. Sebab, kita pasti meneteskan air mata saking terbawa suasana.

Tak kalah sedihnya dengan film Korea. Film romantis sedih dari Barat pun bisa menyatkan hati para penontonnya. Waktu luang Moms dengan pasangan pun jadi lebih bermakna.

Ajak suami nonton juga, yuk!

  • https://www.glamour.com/gallery/sad-romantic-movies
  • https://www.instyle.com/reviews-coverage/movies/sad-romance-movies-on-netflix
  • https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-4561-TeguhImanto.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait