Rupa-rupa

17 September 2021

Filosofi Warna Putih secara Umum dan Menurut Feng Shui

Apa ya Moms arti filosofinya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Filosofi warna putih adalah kemurnian, kepolosan dan kelengkapan. Perlu Moms ingat, filosofi warna tidak selalu sama satu dengan yang lainnya. Pasalnya, arti sebuah warna juga bisa ditentukan oleh budaya seseorang.

Dalam budaya Barat, warna putih sering dikaitkan dengan pernikahan, rumah sakit, dan malaikat. Beberapa masyarakat barat percaya, kalau warna putih menyampaikan rasa kemurnian, kebersihan, dan kedamaian.

Sementara di budaya timur, filisofi warna putih sering dikaitkan dengan kesedihan dan juga kematian. Jadi, jangan heran kalau banyak orang timur menggunakan pakaian serba putih dalam acara pemakaman atau ritual berkabung lainnya.

Baca juga: 7+ Rekomendasi Eye Cream untuk Menghilangkan Mata Panda, Harga Mulai dari 35 Ribu!

Filosofi Warna Putih Berdasarkan Psikologi

Filosofi warna putih

Foto: Orami Photo Stock

Dalam ilmu psikologi warna, putih merupakan simbol dari awal yang baru. Banyak orang menggunakan warna putih sebagai pengingat masa muda dan kepolosan mereka.

Putih juga disebut sebagai warna yang mewakili aspek keseimbangan, yaitu negatif dan positif. Karena warna ini sering dijadikan sebagai pemisah dalam percampuran sebuah warna.

Beberapa makna positif yang dapat disampaikan putih antara lain kebersihan, kesegaran, dan kesederhanaan. Di sisi negatif, putih bisa tampak mencolok, dingin, dan terisolasi.

Tak hanya itu, masih ada filosofi warna putih menurut buku psikologi yang perlu Moms ketahui. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Lambang Kemurnian

Filosofi warna putih melambangkan kemurnian atau kepolosan. Warna ini sering digunakan untuk gaun pernikahan sebagai lambang keperawanann seorang wanita.

Tidak hanya putih, warna biru juga pernah menjadi warna tradisional yang dikenakan oleh pengantin wanita untuk melambangkan kesucian.

2. Membuat Ruang Lebih Luas

Putih sering dianggap sebagai warna yang cerah dan dapat menciptakan kesan dalam sebuah ruangan atau menambahkan highlights.

Tak heran, kalau banyak desainer interior sering menggunakan warna putih untuk membuat ruangan terlihat lebih besar dan lebih luas.

3. Dingin, Hambar dan Steril

Filosofi warna putih dapat berbeda berdasarkan pengaplikasiannya. Kamar yang dicat mungkin tampak luas, tetapi kosong dan tidak ramah.

Sementara warna putih yang digunakan pada rumah sakit memberikan kesan steril.

4. Siklus Hidup

Filosofi warna putih juga sering dihubungkan dengan selesainya sebuah siklus hidup. Moms mungkin memilih baju warna putih saat akan memulai sesuatu yang baru.

Misalnya, Moms yang merencanakan perjalanan ke luar negeri untuk pertama kali, atau pindah rumah setelah sekian lama di satu tempat, atau dalam mencari hubungan baru atau arah karier baru.

Baca juga: Sakit Maag: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Filosofi Warna Putih Menurut Feng Shui

Filosofi warna putih berdasarkan feng shui

Foto: Orami Photo Stock

Feng shui adalah praktik tradisional pseudoscientific berasal dari Cina kuno yang mengklaim menggunakan kekuatan energi untuk menyelaraskan individu dengan lingkungan sekitarnya.

Dalam ajaran feng shui, warna putih dianggap sebagai warna yang kuat, sistem penataan lingkungan Moms untuk menciptakan harmoni.

Warna terkait dengan elemen feng shui tertentu dan dalam kasus putih, elemen yang diekspresikannya adalah logam.

Aksen kayu dan kaca sangat cocok dengan warna putih, begitu juga dengan warna hitam untuk menyeimbangkannya.

Putih juga bagus untuk dapur, ruang tamu, kamar mandi, dan kamar tidur dan bunga putih dalam pot putih adalah cara ekonomis untuk memasukkan putih ke dalam lingkungan Moms.

Baca juga: 8 Manfaat Baking Soda untuk Keperluan Sehari-hari

Filosofi Warna Putih dalam Marketing

Filosofi warna putih dalam marketing

Foto: Orami Photo Stock

Dalam pemasaran dan branding, warna putih digunakan untuk menyampaikan rasa aman, kemurnian, kesegaran, dan kebersihan, serta untuk menciptakan kontras.

Beberapa merek terkenal yang banyak menggunakan warna putih dalam logo dan pemasarannya adalah Michelin, Gap, Hewlett-Packard (HP), Lego, Volkswagen, Starbucks, Fisher-Price, Levi's, dan Ford.

Baca juga: 20 Makanan Khas Nusantara dengan Filosofi Unik dan Kekinian

Bukan Warna Favorit

bukan warna favorit

Foto: Orami Photo Stock

Walaupun memiliki arti yang positif, tetapi tidak banyak orang memilih putih sebagai warna faborit lho Moms. Hal ini ditunjukan dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Colour Research & Application.

Studi tersebut menunjukan bahwa dari 18 warna, putih menduduki posisi ke-15 sebagai warna favorit secara keseluruhan.

Sementara untuk warna baju, putih menduduki urutan ke-10 yang dipilih oleh orang dewasa.

Kendai begitu, para orang dewasa memilih putih sebagai warna favorit nomor satu untuk ruangan, termasuk kamar tidur, ruang keluarga, kantor dan ruang pertemuan.

Baca juga: 10+ Jenis Pakaian Adat Aceh, Penuh dengan Filosofis

Demikian penjelasan filosofi warna putih sesuai dengan kegunaannya. Jangan ragu untuk pilih warna ini ya Moms!

  • https://www.empower-yourself-with-color-psychology.com/color-white.html
  • https://www.verywellmind.com/color-psychology-white-2795822#citation-5
  • https://www.sensationalcolor.com/meaning-of-white/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait