Jalan-jalan

23 November 2017

First Time Solo Traveler? Perhatikan 7 Hal Berikut Ini

Traveling sendiri juga menyenangkan lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (katri.dyah)
Disunting oleh (katri.dyah)

Traveling tidak selalu identik dengan jalan bersama keluarga, atau teman-teman, tapi bisa dilakukan sendiri. Menjadi solo traveler ada asyik nya juga, lho, Moms. Moms tidak perlu berkompromi untuk menentukan destinasi, atau mencocokkan waktu yang pas dengan orang lain untuk pergi berlibur.

Selain itu, dengan menjadi solo traveler, Moms bisa tahu kemampuan diri untuk mengatasi segara rintangan yang terjadi saat di perjalanan. Banyak membaca tips persiapan traveling juga sangat membantu Moms agar perjalanan menyenangkan, dan aman dari kendala yang tidak diinginkan. Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan.

Akomodasi Aman

Sebagai solo traveler perempuan, permasalahan pertama yang harus disiapkan adalah akomodasi alias tempat penginapan yang aman dan nyaman. Lain hal jika Moms bepergian dengan beberapa teman atau dengan pasangan, bepergian sendiri membutuhkan keamanan ekstra. Pilih penginapan dengan review yang baik. Pastikan lokasi penginapan juga kondusif untuk Moms yang ingin berjalan kemana-mana seorang diri.

Persiapan Itinerary

Walaupun Moms bepergian sebagai solo traveler, bukan berarti Moms bebas kemanapun semaunya tanpa ada persiapan. Menyusun beberapa destinasi perjalanan juga sangat penting untuk dilakukan. Jangan sampai di daerah tujuan Moms malah bingung ingin kemana. Tampak bingung saat sendirian di daerah yang asing pun akan berisiko terjadi tindakan kriminal. Jadi susun itinerary sebaik mungkin ya, Moms.

Cari Tahu Akses Transportasi

Berpindah dari satu destinasi ke destinasi lainnya memang perlu moda transportasi yang efisien. Maka dari itu, Moms pun perlu cari tahu transportasi umum yang mudah dijangkau dan diandalkan. Jika menggunakan bus atau MRT, Moms juga perlu tahu jadwal keberangkatan setiap harinya, juga batas jam operasional jika memang ada. Catat semua di buku catatan kecil Moms.

Baca juga: Seberapa Pentingkah Asuransi Perjalanan?

Bawa Obat-Obatan

Pergi ketempat yang belum dikunjungi sebelumnya apalagi keluar negeri sendiri memang butuh nyali yang tinggi. Tidak ada yang bisa mengatasi masalah kesehatan Moms saat dalam perjalanan selain diri Moms sendiri. Maka dari itu, bawalah perbekalan obat-obatan selengkap mungkin. Mulai dari vitamin, obat pusing, krim pereda nyeri, sampai paracetamol.

Morning Call

Kalau Moms termasuk orang yang sulit bangun pagi, saat menjadi solo traveler penting sekali untuk menggunakan fasilitas morning call di hotel. Apalagi kalau Moms ingin mengejar atraksi wisata yang memang mengharuskan bangun pagi. Bersiap-siap eksplore daerah tujuan saat pagi pun bisa memaksimalkan waktu Moms saat berlibur.

Interaksi dengan Penduduk Lokal

Saat menjadi solo traveler, pasti Moms tidak punya partner untuk berbagi cerita. Nah, ini saatnya untuk mendekatkan diri dengan penduduk lokal. Bersikaplah hangat dan ramah, dengan seperti itu, Moms akan mudah diterima bahkan tidak jarang mereka akan membantu jika Moms mengalami kesulitan. Berbagi cerita seputar kebudayaan dan gaya hidup penduduk lokal pun bisa menjadi pengetahuan baru yang bisa Moms bagikan kepada teman-teman.

Bawa Uang Lebih

Sekali lagi, menjadi solo traveler perlu kesiapan dalam mengatasi problem apapun dalam perjalanan sendirian. Untuk itu, bawalah uang ekstra untuk sekedar berjaga-jaga. Sebenarnya bisa saja Moms bawa uang pas dan liburan dengan gaya backpacker. Tapi kita tidak akan mengetahui hal apa yang akan terjadi, kan? Bawalah uang cash secukupnya, sisanya Moms bisa alihkan di ATM atau menggunakan kartu kredit.

Apa Moms pernah mempunyai pengalaman solo traveler? Atau selalu bermimpi untuk melakukannya?

(LMF)

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait