Program Hamil

29 Juni 2021

Ketahui Manfaat Ajaib Folavit untuk Promil, Moms Wajib Tahu!

Folavit mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Manfaat folavit untuk promil sangat banyak. Diketahui bahwa asam folat memang sangat penting untuk menjadi asupan untuk calon ibu yang sedang melakukan promil atau program hamil dan juga ibu yang sedang mengandung.

Asam folat digunakan oleh tubuh untuk membuat sel-sel baru dan menghasilkan DNA. Ini diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan normal

Kehamilan selalu menjadi situasi spesial di mana setiap tindakan atau efek samping obat bervariasi dibandingkan saat kita tidak hamil.

Hal ini tidak hanya disebabkan karena metabolisme perempuan hamil berbeda kerena hormon dan berbagai perubahan lainnya yang terjadi. Namun juga disebabkan karena berbagai obat yang dikonsumsi akan diterima juga oleh janin dan bereaksi.

Baca Juga: Apa Sajakah Persiapan untuk Program Hamil?

Oleh karena itu, ibu hamil harus berhati-hati, memerhatikan, dan mengawasi dengan baik setiap obat yang akan dikonsumsi saat hamil, termasuk saat mengonsumsi suplemen ibu hamil seperti folavit. Tak hanya itu mafaat folavit untuk promil pun sangat banyak!

Memangnya apa manfaat folavit untuk promil serta ibu yang sedang mengandung? Simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Folavit untuk Promil dan Ibu Hamil

folavit untuk promil

Foto: Orami Photo Stock

Folavit untuk promil sangatlah dibutuhkan tubuh. Pasalnya folavit bisa menyediakan asam folat yang penting ketika pasangan ingin memiliki keturunan.

Asam folat atau folavit untuk promil sendiri sudah harus dikonsumsi dua bulan hingga tiga bulan sebelum Moms menjalankan usaha promil.

1. Asam Folat Bantu Turunkan Risiko Bayi Cacat

Jadi, Moms perlu mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat sebelum pembuahan. Nah, asam folat ini akan menyimpan suplai vitamin dalam tubuh yang nantinya bisa mencegah kecacatan pada janin.

Dilansir dari jurnal Physiology of Folic Acid in Health and Disease, ketika tubuh Moms memiliki kadar asam folat yang cukup, hal tersebut bisa menurunkan risiko cacat tabung saraf hingga 70 persen, Moms! Jadi, folavit untuk promil sangatlah dibutuhkan, ya!

Tak hanya itu, folavit untuk promil juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung kongenital beserta risiko bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

Baca Juga: Program Hamil Anak Kedua, Ini Hal yang Harus Moms Pertimbangkan

2. Asam Folat Bantu Lancarkan Sirkulasi Haid

Tak hanya itu, folavit untuk promil juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung kongenital beserta risiko bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

Folavit untuk promil pun sangat berguna untuk meningkatkan kesempatan hamil nih, Moms! Dengan mengonsumsi asam folat yang cukup, siklus haid Moms bisa memperlancar siklus haid.

Nah untuk Moms yang mengalami siklus haid yang tidak teratur, siklus haid panjang dan juga suklus haid pendek, folavit untuk promil sangat dibutuhkan!

3. Asam Folat Bantu Suburkan Sperma Laki-laki

Folavit ternyata nggak hanya bermanfaat untuk para Moms namun juga bisa meningkatkan kesuburan Dads, lho! Jadi, mengonsumsi folat yang cukup harus dilakukan kedua belah pihak ya, Moms!

Kadar folat dalam sperma dikaitkan dengan jumlah dan kesehatan sel sperma yang ada di dalamnya. Bahkan stabilitas DNA buruk pada laki-laki bisa ditandai dengan rendahnya kadar folat yang ada di dalam tubuh.

Nah, Moms sudah paham kan mengenai pentingnya asam folat atau folavit untuk promil!

Baca Juga: 7 Buah untuk Program Hamil yang Bisa Tingkatkan Kesuburan

Suplemen Ibu Hamil

asam folat, folavit

Foto: Orami Photo Stock

Sebelumnya tahukah Moms apa itu folavit? Folavit adalah suplemen dengan kandungan asam folat di dalamnya.

Selama masa kehamilan, folavit biasanya digunakan sebagai pengobatan untuk anemia megaloblastik. Kebutuhan akan folavit semakin meningkat selama masa kehamilan, dan defisiensi dapat menyebabkan kerusakan pada janin.

Dilansir dari laman Generic Drugs, sebuah penelitian yang melibatkan ibu hamil tidak menunjukan bukti bahwa folavit meningkatkan risiko kelainan janin jika diberikan selama kehamilan. Folavit hanya boleh digunakan selama kehamilan jika benar-benar dibutuhkan.

Baca Juga: Perlukah Bayi Diberi Suplemen Vitamin?

Anjuran Penggunaan Folavit

asam folat, folavit

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi folavit untuk promil pun ada anjurannya nih, Moms! Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, folavit untuk promil sebaiknya dikonsumsi minumal dua sampai 3 bulan sebelum melakukan program kehamilan. Moms, perlu mengonsumsinya terus setiap hari.

Dosis asam folat yang disarankan untuk dikonsumsi sebelum hamil sebanyak 400 mikrogram setiap harinya. Meski demikian, Moms pelru melakukan diskusi lebih lanjut dengan dokter kandungan Moms mengenai rencana untuk hamil agar dokter bisa membuatkan resep asam folat yang sesuai dengan kondisi kesehatan Moms.

Perlu diketahui bahwa dosis asam folat sendiri bisa diberikan lebih tinggi dari biasanya dalam kasus tertentu. Terdapat beberapa kondisi yang membutuhkan dosis yang lebih tinggi yakni ketika;

  • Moms menderita diabetes
  • Moms mengonsumsi ibat untuk antiepilepsi
  • Moms punya riwayat kehamilan yang dipengaruhi cacat tabung syarf
  • Moms atau pasangan memiliki riwayat keluarga yang menderita cacat tabung syaraf

Jadi, jangan lupa untuk diskusikan dengan dokter kandungan, ya!

Sementara itu, konsumsi folavit sehari-hari selama masa kehamilan yang dianjurkan adalah 400 sampai 800 mcg per hari. Namun untuk kehamilan kembar, beberapa ahli menganjurkan untuk mengonsumsi 1 mg per hari.

Centers of Disease Control (CDC) di Amerika telah merekomendasikan konsumsi folavit 4 mg per hari, setidaknya 4 minggu sebelum konsepsi selama 3 bulan pertama kehamilan untuk wanita yang memiliki bayi atau janin dengan cacat tabung saraf dan 400 mcg per hari untuk semua wanita usia subur.

Selain itu, diduga janin dapat mengekstrak folat dari plasma ibu, mengubah folat menjadi bentuk yang tidak tersedia untuk ditransfer kembali, dan menggunakannya untuk keuntungannya sendiri.

Diet folavit tersedia dari sayur hijau, seperti asparagus, brokoli, bayam, dan selada, yang masing-masing mengandung folavit lebih dari 1 mg per 100 gram berat sayur kering. Memasaknya terlalu lama bisa menghilangkan atau menghancurkan kandungan folat.

Namun menurut Fergal Malone, kepala Departemen Obstetri dan Ginekologi dan Guru Rumah Sakit Rotunda RCSI, konsumsi suplemen vitamin rutin pada wanita hamil yang sehat tidak akan menunjukkan manfaat yang signifikan, kecuali mereka memiliki kekurangan zat tertentu.

Baca Juga: 6 Rahasia Kacang yang Bermanfaat Untuk Kehamilan

The Department of Health merekomendasikan agar wanita usia subur mengonsumsi 400 mikrogram tablet asam folat setiap hari, jika mencoba untuk hamil dan hingga 12 minggu kehamilan

Asam folat penting untuk kehamilan, karena dapat membantu mencegah cacat lahir yang dikenal sebagai cacat tabung saraf, termasuk spina bifida. Selain itu, makanan yang mengandung folat, seperti sayuran berdaun hijau juga harus dimakan secara teratur.

Namun, sulit untuk mendapatkan jumlah folat yang direkomendasikan untuk kehamilan hanya dari makanan saja, oleh karena itu penting untuk mengonsumsi suplemen asam folat.

Harga folavit untuk promil ada berbagai macam, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Semua produk tergantung dari kandungan tambahan yang digunakan.

Jika Moms bingung memilih produk folavit untuk promil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya.

Nah, sekarang Moms sudah mengetahui manfaat folavit untuk promil beserta kegunaannya untuk ibu hamil bukan? Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang sarat dengan asam folat demi pertumbuhan janin yang optimal ya, Moms!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12003352
  • https://www.cdc.gov/ncbddd/folicacid/recommendations.html
  • https://www.cdc.gov/mmwr/preview/mmwrhtml/00019479.htm
  • https://www.healthline.com/health/pregnancy/folic-acid#overview
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait