Newborn

15 Februari 2021

7 Tips Fotografi Bayi ala Fotografer Profesional, Bisa Dilakukan di Rumah!

Moms, berikut ini tips fotografi bayi lucu yang bisa ditiru!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Ketika sang buah hati lahir ke dunia, momen tersebut menjadi kebahagiaan yang tidak dapat tergantikan.

Untuk itu, ada banyak orang tua yang memilih untuk mengabadikan momen tersebut ke dalam bentuk foto. Kini, sudah banyak fotografi bayi lucu yang dilakukan beberapa hari, minggu, atau bulan setelah Si Kecil lahir.

Hal yang menjadi perhatian apakah flash kamera berbahaya untuk mata bayi? Dikutip dari laman Parenting FirstyCry, setelah banyak penelitian yang dilakukan, para dokter sampai pada kesimpulan bahwa tidak ada hubungan yang berbahaya antara flash kamera dan bayi.

Jadi, penggunaan flash kamera pada bayi tidak akan merusak penglihatannya apalagi membutakannya. Sebab, setiap kali ada cahaya yang terang, pupil di mata akan mengerut untuk melindunginya.

Baca Juga: Gemas! Ini 7 Foto Bayi Artis Sedang Berenang

Tips Fotografi Bayi Lucu

Fotografi bayi, terutama yang baru lahir, harus tetap dilakukan oleh para ahli yang sudah terpercaya dan terbukti keahliannya.

Namun, bila Si Kecil sudah lebih besar, Moms dan Dads bisa melakukan photoshoot sendiri di rumah. Lebih hemat bukan?

Berikut ini trik dan tips fotografi bayi lucu yang bisa dilakukan oleh orang tua.

1. Persiapkan Tema dan Properti

Persiapkan Tema dan Properti.jpg

Foto: instagram.com/chelseaoliviaa

Tips pertama yang paling penting untuk dilakukan, yaitu mempersiapkan tema yang tepat untuk menghasilkan fotografi bayi lucu.

Ada banyak ide yang bisa dipilih, mulai dari tema islami, kartun, superhero, luar angkasa, atau tematik lainnya, menggunakan background yang imut, atau memilih warna-warna yang lucu sebagai background foto. Semua tergantung pada pilihan dan keputusan Moms dan Dads.

Setelah menentukan tema, Moms bisa memilih properti yang mendukung hasil fotografi bayi lucu. Seperti yang dilakukan oleh pasangan selebriti Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie saat melakukan pemotretan bayi Dante.

Mereka menggunakan properti bantal yang berbentuk seperti balon sehingga terlihat lebih imut.

2. Tidak Perlu Terburu-buru

Tidak Perlu Terburu-buru.jpg

Foto: pixabay.com

Moms dan Dads tidak perlu terburu-buru dalam memilih waktu untuk melakukan pemotretan Si Kecil.

Setidaknya Moms membutuhkan waktu kurang lebih 3-4 jam untuk menghasilkan fotografi bayi lucu. Pemilihan waktu juga sepenuhnya ada di tangan orang tua.

Ingat, Moms membutuhkan waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri seusai melahirkan, jadi sebaiknya tidak perlu terburu-buru dalam melakukan semuanya dalam waktu yang bersamaan. Hal tersebut hanya akan membuat Moms kelelahan dan frustrasi.

Ketika mood orang tua sedang tidak bagus, maka hal tersebut bisa berdampak negatif pada hasil pemotretan Si Kecil.

Terkhusus untuk fotografi bayi yang baru lahir, Moms sebaiknya memilih fotografer yang sudah ahli di dalam bidangnya.

Dilansir dari American Association of Newborn Photography Safety, ketika mencari seorang fotografer, Moms harus mencari orang yang telah menerima pelatihan yang diperlukan tentang keselamatan bayi baru lahir.

Selain itu, dalam fotografi bayi baru lahir juga terdapat standar industri dalam fotografi keselamatan bayi baru lahir dan memastikan bahwa fotografer baru lahir mengetahui langkah-langkah yang harus diambil.

Tujuannya untuk memastikan keselamatan bayi selama sesi foto.

Baca Juga: 4 Aplikasi Edit Foto Bayi yang Wajib Moms Install, Gemas Banget!

3. Usahakan saat Bayi Sedang Tidur

Usahakan saat Bayi Sedang Tidur.png

Foto: instagram.com/citraciki

Fotografi bayi lucu sebaiknya dilakukan saat bayi tidur nyenyak. Ini merupakan cara termudah untuk mendapatkan foto yang bagus dan situasi yang lebih tenang.

Selain itu, usahakan suasana lebih nyaman, bisa dengan memainkan musik yang menyenangkan.

Moms juga dapat memastikan Si Kecil sudah menyusui atau diberikan makan, apabila ia sudah MPASI.

Tindakan ini untuk mencegah bayi rewel di tengah-tengah waktu pemotretan. Contoh fotografi bayi lucu yang terlihat sederhana namun tetap menarik adalah foto baby Athar, anak dari Citra Kirana dan Rezky Aditya.

Baby Athar tampak sedang terlelap, dengan menggunakan kain panjang dengan background yang bersih, tampilannya tetap menggemaskan, bukan? Ini bisa jadi pilihan ide untuk fotografi bayi lucu.

4. Menjaga Ruangan Tetap Hangat

Menjaga Ruangan Tetap Hangat

Foto: freepik.com

Dilansir dari laman The Bump, selain memastikan perut bayi sudah kenyang, Moms perlu memastikan ruangan tempat pemotretan tetap hangat agar bayi merasa nyaman.

“Jangan sampai suhu AC di dalam ruangan terlalu dingin. Pertahankan suhu ruangan di dalam ruangan. Sebab, bayi yang kedinginan tidak akan tidur nyenyak selama pemotretan. Suhu yang terlalu hangat juga membuat tidak nyaman, jadi pastikan suhu tetap nyaman,” ungkap Charlie Juliet, fotografer profesional dari New York.

5. Pencahayaan Itu Penting

Pencahayaan Itu Penting.jpg

Foto: pixabay.com

Salah satu kesalahan yang umum dilakukan saat fotografi bayi adalah pemilihan waktu yang tidak tepat. Pencahayaan yang salah akan merusakan hasil foto secara keseluruhan.

Nah, sebenarnya pencahayaan terbaik berasal dari sinar matahari. Jadi, sebaiknya Moms juga memilih waktu yang tepat untuk melakukan pemotretan.

Aturan praktis yang baik untuk bayangan lembut dan sorotan yang bagus untuk fotografi bayi lucu adalah memiringkan Si Kecil, sehingga cahaya mengalir dari atas kepala bayi ke bawah tubuhnya kira-kira pada sudut 45 derajat. Cari bayangan lembut di bawah hidung bayi.

Menurut fotografer ahli bernama Heather Mohr, waktu terbaik untuk mendapatkan cahaya alami terbaik adalah dari jam 8-10 pagi.

Selain itu, idealnya menghadap ke arah utara atau selatan, bukan ruangan yang terpapar sinar matahari secara langsung.

Baca Juga: 5 Mitos Seputar Bedong Bayi, Moms Masih Percaya?

6. Membedong Bayi dengan Kuat

Membedong Bayi dengan Kuat.png

Foto: instagram.com/vanessaangelofficial

Moms, tidak perlu khawatir membedong bayi yang baru lahir dengan sangat ketat saat sesi pemotretan.

Cara ini justru dilakukan agar memastikan bayi tidak goyah, karena sebenarnya tubuh mereka masih sangat kecil dan lemah.

Nah, dalam membedong bayi, Moms juga bereksperimen dengan balutan yang berbeda. Tips ini dapat mempercantik tampilan sang buah hati dan menjadi ide untuk fotografi bayi lucu yang bisa dicoba.

Ide yang bisa Moms coba adalah foto dari Gala Sky Andriansyah, anak dari Vanessa Angel yang dibedong dengan rapat dan dilengkapi dengan properti boneka yang lucu. Ide seperti ini bisa membuat fotografi bayi lucu dan semakin menggemaskan, bukan?

7. Pose yang Sederhana

Pose yang Sederhana.jpg

Foto: freepik.com

Jika Moms ingin melakukan fotografi bayi yang lucu sendiri di rumah tanpa ada bantuan ahli profesional, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Terpenting adalah lakukan pose yang sederhana, sesuai dengan posisi alami bayi.

Misalnya, foto diambil ketika bayi sedang tidur dan dengan lembut angkat tangannya ke atas. Moms bisa menambahkan topi yang lucu sebagai properti tambahannya.

Pose hebat lainnya untuk pemotretan bayi yang baru lahir, yaitu menempatkan bayi yang mengantuk di sisi mereka. Kemudian Moms bisa bermain-main dengan posisi tangan bayi untuk menemukan pose paling imut.

Namun, perlu diingat untuk melakukan pose yang sederhana dan tidak membahayakan bayi. Sebab, tetap ada beberapa pose bayi yang tidak disarankan jika tidak dilakukan oleh fotografer profesional.

Itulah tips dan trik untuk menghasilkan fotografi bayi lucu. Nah, apakah Moms masih bingung menentukan ide tema yang tepat untuk pemotretan Si Kecil? Berikut ini ada beberapa koleksi foto yang bisa jadi referensi, ya!

Baca Juga: 11 Foto Bayi dengan Anjing yang Dijamin Bikin Gemas!

Koleksi Fotografi Bayi Lucu

Mengabadikan momen sang buah hati yang baru lahir tentunya bukan menjadi masalah, asalkan dilakukan oleh fotografer yang memiliki kredibilitas tinggi.

Nah, berikut ini beberapa koleksi fotografi bayi lucu dan bisa menjadi referensi untuk Moms:

1. Bermain dengan Properti

Bermain dengan Properti.jpg

Foto: freepik.com

Ide fotografi bayi lucu satu ini bisa menggunakan properti yang menarik. Dengan tema seperti ini, Moms juga bisa melakukan pemotretan di rumah, lho!

Cukup dengan mengenakan bathrobe dan handuk, serta dengan properti telepon warna pink yang menggemaskan.

2. Ide Tema Superhero

Ide Tema Superhero.jpg

Foto: hellosplendid.com

Bayi laki-laki cocok menggunakan dengan tokoh superhero, salah satunya adalah Superman. Nah, Moms bisa memakaikan kostum superhero yang sesuai untuk menghasilkan fotografi bayi yang lucu.

Sementara itu, background yang bisa digunakan cukup polos saja. Mini Superman ini terlihat menggemaskan sekali, ya!

Baca Juga: 9 Foto Kakak Menggendong Adik Bayi untuk Pertama Kali, Gemas!

3. Tema Islami

3. Tema Islami.jpg

Foto: seruni.id

Bagi Moms dan Dads yang ingin menggunakan tema islami untuk pemotretan Si Kecil, maka foto ini bisa menjadi referensi. Moms bisa memakaikan kostum yang sesuai, dilengkapi dengan Alquran, tasbih, dan kain sorban.

Terlihat imut sekali, ya? Nah, teruntuk anak perempuan, Moms bisa memakaikan hijab atau mukena mini sebagai kostumnya. Sama-sama menggemaskan!

4. Background Foto yang Berwarna

4. Background Foto yang Berwarna.jpg

Foto: instagram.com/syahnazs

Tips menghasilkan fotografi bayi lucu juga bisa dengan menggunakan background foto yang full dengan warna-warni cerah dan terlihat menarik.

Seperti yang dilakukan oleh selebriti Syahnaz Sadiqah saat pemotretan ulang tahun anak kembarnya, Zayn dan Zunaira. Imut sekali, ya, Moms!

Nah, itulah beberapa referensi fotografi bayi yang lucu, serta tips dan trik yang bisa Moms coba lakukan. Selamat berkreasi dengan foto Si Kecil, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait