Kesehatan

29 Mei 2021

Ragam Fungsi Lemak pada Tubuh untuk Kesehatan, Moms Sudah Tahu?

Dalam beberapa hal, lemak berperan penting untuk kesehatan tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Tak semua lemak buruk untuk tubuh. Dalam beberapa hal, lemak berperan penting untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa saja yang menjadi fungsi lemak?

Mulai dari menyimpan energi, menyerap vitamin, perlindungan organ tubuh, hingga memainkan peran penting dalam regulasi serta memberikan sinyal pada tubuh.

Selain pada tubuh, lemak juga memiliki peran unik dalam makanan, termasuk meningkatkan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak dan berkontribusi pada rasa serta kepuasan makanan.

Baca Juga: Mengenal Ketogenic, Diet Rendah Karbo dan Tinggi Lemak

Fungsi Lemak untuk Tubuh

Masih ada banyak fungsi lemak untuk tubuh lho, Moms! Yuk, simak selengkapnya penjelasan mengenai fungsi lemak berikut ini.

1. Menyimpan Energi

fungsi lemak

Foto: Orami Photo Stocks

Melansir dari The American Journal of Clinical Nutrition, sebagian besar energi yang dibutuhkan tubuh manusia disediakan oleh karbohidrat dan lemak.

Energi berlebih yang ada dalam tubuh manusia akan dimasukkan ke dalam jaringan adiposa, atau jaringan lemak. Fungsi lemak dapat berfungsi sebagai cadangan energi yang lebih besar dan berjangka panjang.

Baca Juga: Kenali Bahaya dari 5 Makanan Berlemak Jenuh Tinggi Ini

2. Penyerapan Vitamin

Fungsi lemak juga dapat membantu proses penyerapan vitamin.

Beberapa jenis vitamin mengandalkan lemak untuk penyerapan dan penyimpanan. Vitamin A, D, E dan K, merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan tidak dapat berfungsi tanpa asupan lemak harian yang cukup.

Jika Moms tidak memenuhi asupan lemak harian atau terlalu banyak mengonsumsi lemak maka penyerapan vitamin-vitamin tersebut ke dalam tubuh akan kurang maksimal bahkan dapat mengakibatkan gangguan fungsi orang tubuh.

Baca Juga: Ampuh, Ini 5 Cara Menghilangkan Lemak di Perut dalam Waktu Singkat

3. Pelindung Organ Vital dan Pengaturan Suhu

fungsi lemak

Foto: Orami Photo Stocks

Sel lemak disimpan dalam jaringan adiposa yang berfungsi untuk melindungi tubuh dan membantu mempertahankan suhu normal tubuh. Ini juga menjadi fungsi lemak lain yang tak kalah menarik.

Terlebih jika Moms sedang berada di wilayah dataran tinggi, lemak bertugas menjaga suhu tubuh tetap normal sehingga menghindarkan diri dari hipotermia atau kedinginan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jaringan adiposa ini sebenarnya tidak dapat dilihat langsung dengan mata, namun jika Moms mengalami obesitas maka jaringan adiposa ini dapat dilihat di bawah jaringan kulit. terutama pada sekitar paha dan perut.

Selain sebagai pengatur suhu tubuh, lemak juga berfungsi melindungi organ vital dan menjaganya dari gerakan tiba-tiba atau benturan dari luar.

Baca Juga: 14 Makanan Rendah Kalori dan Lemak Tanpa Takut Gemuk

4. Fungsi Biologis Lainnya

Menurut British Journal of Management, sejatinya, tubuh tidak dapat memproduksi asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), linoleic acid (LA), dan alpha linolenic acid (ALA).

Tanpa asam lemak esensial ini, beberapa fungsi vital akan terganggu, sehingga harus disediakan oleh melalui makanan. Karena itu, fungsi lemak ini juga tak kalah penting.

LA dan ALA dapat diubah menjadi asam lemak rantai panjang dan senyawa dengan sifat seperti hormon atau inflamasi. Asam lemak esensial berfungsi dalam banyak proses fisiologis seperti pembekuan darah, penyembuhan luka, dan pembengkakan.

Meskipun tubuh mampu mengubah LA dan ALA menjadi versi rantai panjang asam arakidonat (AA), asam eicosapentaenoic (EPA).

Pada tingkat yang lebih rendah, lemak diubah menjadi asam docosahexaenoic (DHA), namun tetap saja, tubuh membutuhkan sumber langsung dari asam lemak untuk membuat rantai panjang tersebut.

Sumber asam lemak yang baik ialah minyak ikan, termasuk ikan teri, salmon, tuna, dan mackerel.

Baca Juga: 4 Sumber Lemak Terbaik untuk MPASI Bayi

5. Meningkatan Nafsu Makan

fungsi lemak

Foto: Orami Photo Stocks

Fungsi lemak dapat membuat makanan lebih enak dengan meningkatkan tekstur dan rasa di mulut, membuat penampilan masakan jadi lebih menggiurkan sehingga meningkatkan nafsu makan.

Selain itu, lemak dan minyak dapat mengubah tampilan makanan dengan menciptakan tekstur visual yang mengkilap atau lembap. Lemak juga membantu proses pencoklatan banyak makanan, memberi warna cokelat keemasan yang menarik dan terlihat lezat.

Baca Juga: Simak Kebaikan Lemak Tak Jenuh Bagi Tubuh

Memilih Lemak Baik dan Lemak Jahat

memilih sumber lemak baik

Foto: Orami Photo Stock

Moms sudah mengetahui ragam fungsi lemak. Namun, perlu dipastikan untuk mengonsumsi lemak yang baik dan menghindari asupan lemak jahat.

Pilihlah lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang baik, atau MUFA dan PUFA. Lemak yang menyehatkan jantung ini menstabilkan kadar kolesterol dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular secara keseluruhan saat kamu mengkonsumsinya sebagai pengganti lemak jahat.

Lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda berasal dari minyak nabati, kacang-kacangan, alpukat, dan ikan air dingin, seperti salmon dan tuna.

Sedangkan lemak jahat, atau lemak jenuh dan trans, meningkatkan lipoprotein densitas rendah, juga disebut LDL serta kolesterol. Dalam hal ini, lipoprotein densitas rendah yang tiba-tiba meningkat dapat mengeraskan arteri dan meningkatkan tekanan darah. Jika hal ini dibiarkan maka risiko terkena penyakit jantung dan stroke akan meningkat.

Baca Juga: 4 Bahaya Lemak Jenuh untuk Tubuh, Waspada!

Sehingga, Moms membutuhkan peningkatan kadar lipoprotein densitas tinggi untuk membersihkan tubuh dari kelebihan lipoprotein densitas rendah.

Lemak trans sangat berbahaya karena mereka menurunkan lipoprotein densitas tinggi pada tubuh yang disebut kolesterol HDL.

Lemak jenuh dan lemak trans secara alami terdapat pada daging, makanan laut, dan produk susu, tetapi makanan cepat saji olahan juga mengandung lemak jahan ini.

Oleh karena itu penting untuk memilah dan memilih makanan yang mana mengandung lemak baik agar sehat dan organ tubuh berfungsi maksimal.

Itu dia Moms, ragam fungsi lemak dan juga bagaimana memilih lemak baik untuk dikonsumsi dan bermanfaat bagi tubuh.

  • https://healthyeating.sfgate.com/three-functions-fat-body-3402.html
  • https://www.eufic.org/en/whats-in-food/article/facts-on-fats-the-basics
  • https://www.eufic.org/en/whats-in-food/article/facts-on-fats-dietary-fats-and-health
  • https://academic.oup.com/ajcn/article/91/3/502/4597078
  • https://www.who.int/en/news-room/fact-sheets/detail/obesity-and-overweight
  • https://www.bmj.com/content/348/bmj.g2272
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait