Trimester 1

TRIMESTER 1
4 Januari 2021

Apakah Gatal-gatal Tanda Kehamilan? Cari Tahu Kebenarannya di Sini!

Gatal juga bisa menyerang pada paha hingga betis lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kondisi gatal sering kita asumsikan sebagai keadaan ketika kulit menjadi media pertumbuhan bakteri dan kuman. Namun, tahukah Moms, bahwa ketika tengah mengandung, salah satu tanda kehamilan yang mungkin terjadi adalah kulit yang gatal?

Rasa tidak nyaman ini kerap kali dialami oleh para wanita yang tengah menjalani trimester kedua dan ketiga. Mengapa tanda kehamilan ini bisa muncul?

Tubuh wanita yang tengah mengandung pasti akan mengalami perubahan jumlah hormon yang disebut sebagai estrogen. Hormon ini akan memengaruhi tubuh terutama di bagian buah dada dan perut sebagai dua tempat yang paling berkaitan dengan kehamilan.

Baca Juga: Tebak Jenis Kelamin Janin Lewat Tanda Kehamilan

Tanda kehamilan ini juga akan terjadi karena kulit yang makin menegang mengingat janin yang juga makin bertumbuh besar.

Tidak hanya di bagian buah dada dan perut, terkadang saking pesatnya penambahan berat badan saat hamil membuat Moms juga merasakan gatal pada paha hingga betis.

Biasanya, tanda kehamilan ini akan terlihat dari kulit yang kemerahan serta gatal dan akan hilang sesaat setelah Moms melahirkan.

Selain ditandai dengan warna kulit kemerahan, efek dari tanda kehamilan ini juga bisa dilihat dari kondisi kulit yang makin mengering dan menjadi pemicu rasa gatal datang menyerang.

Apakah Puting Gatal Merupakan Tanda Kehamilan?

apakah gatal-gatal tanda kehamilan?

Foto: romper.com

Moms bertanya-tanya apakah payudara atau puting yang gatal merupakan tanda kehamilan? Ya, ini juga merupakan salah satunya.

Ada banyak alasan mengapa payudara dan puting mungkin gatal selama kehamilan. Sebagian besar terkait dengan iritasi kulit atau hormon yang bersirkulasi. Namun, ada kalanya rasa gatal harus segera memeriksakan diri ke dokter. Berikut ini beberapa penyebab puting terasa gatal.

1. Perubahan Hormonal

Hormon Moms akan mengalami overdrive selama kehamilan, dan terutama meningkat saat kita mendekati tanggal jatuh tempo.

Dengan semua perubahan itu muncul berbagai gejala, termasuk kulit gatal pada awal kehamilan. Faktanya, hal ini mungkin akan membuat Moms benar-benar gila, tetapi rasa gatal cukup mereda bahkan jika kita tidak memiliki kondisi kesehatan tertentu.

2. Kulit yang Meregang

Saat Moms dan bayi di dalam kandungn tumbuh, kulit kita akan meregang untuk mengakomodasi bentuk baru dan penambahan berat badan kita, termasuk dalam payudara, karena akan mulai terisi oleh ASI. Moms bahkan mungkin melihat goresan atau garis kecil yang menjorok ke dalam yang disebut striae gravidarum atau stretch mark.

Tidak hanya di payudara, namun juga bisa di perut, pinggul, dan bagian bokong kita. Saat terbentuk, Moms akan merasa gatal atau terbakar.

Baca Juga: Bolehkah Menggunakan Krim Selulit Saat Hamil?

Stretch mark dapat berupa berbagai warna dari merah menjadi merah muda sampai biru atau bahkan ungu. Mereka cenderung memudar menjadi warna yang lebih terang seiring waktu dan dapat menutupi sebagian besar tubuh kita.

3. Eksim

Berdasarkan jurnal Eczema in Pregnancy, eksim yang disebabkan kehamilan adalah kondisi kulit paling umum yang dapat Moms alami selama awal hingga akhir kehamilan sebagai rumah bagi bayi kita. Moms dapat mengembangkan bercak di payudara dan di bagian lain tubuh, sehingga muncul rasa gatal.

Bersamaan dengan gatal, Moms mungkin mengalami kulit kering, bercak merah, kulit pecah-pecah atau bersisik, atau benjolan kecil yang menonjol.

4. Papula Urtikaria Pruritus dan Plak Kehamilan (PUPPP)

Nama yang cukup bagus, tetapi PUPPP adalah alasan umum lainnya untuk gatal selama kehamilan. Dengan rasa gatal, Moms mungkin juga melihat gatal-gatal kecil atau benjolan di kulit. Mereka dapat muncul secara individu atau dalam tambalan dan umumnya menyebar dari perut ke payudara, paha, dan bokong.

Meskipun kondisi ini sangat tidak menyenangkan, dokter tidak tahu persis apa penyebabnya.

5. Prurigo Kehamilan

Kondisi lain yang spesifik untuk kehamilan adalah prurigo. Ini adalah respons sistem kekebalan tubuh terhadap semua perubahan yang ditimbulkan oleh kehamilan. Moms mungkin mengalami benjolan kecil di dada atau bagian lain dari tubuh kita. Mereka mungkin gatal dan terlihat seperti gigitan serangga.

Jumlah tonjolan mungkin hanya sedikit di awal tetapi meningkat seiring waktu. Kondisi ini bisa berlangsung berbulan-bulan bahkan berlanjut setelah bayi kita lahir.

6. Intertrigo

Intertrigo hanyalah istilah mewah untuk ruam di bawah payudara. Ini juga bukan kondisi khusus kehamilan. Sebaliknya, Moms dapat mengembangkan intertrigo kapan pun terjadi kelembapan, panas, dan gesekan di bawah kedua payudara kita.

Baca Juga: Mengatasi Intertrigo atau Kemerahan Pada Lipatan Kulit Bayi

Dengan semua perubahan payudara yang dilihat, Moms dapat melihat bagaimana ini bisa terjadi, terutama jika hamil selama musim panas. Moms akan melihat ruam merah, gatal, kulit mentah, atau basah. Tidak cukup sampai di situ, kulit Moms bahkan mungkin pecah atau sakit.

Apakah Pusar Gatal Tanda Kehamilan?

apakah gatal-gatal tanda kehamilan?

Foto: wehavekids.com

Menurut American College of Obstetrics and Gynecologists, kulit gatal, terutama di sekitar pusar, cukup umum terjadi selama kehamilan

Saat kulit meregang, hal ini dapat menyebabkan iritasi dan gatal. Ini biasanya bersifat sementara dan normal. Jaga kebersihan kulit kita dengan sabun dan air dan terhidrasi dengan baik dengan lotion favorit untuk bantuan. Krim hidrokortison atau antihistamin yang dijual bebas dapat membantu sementara, jika dokter merekomendasikannya.

Jika kondisi pusar Moms yang gatal tidak membaik setelah menggunakan produk-produk yang dijual bebas ini, bicarakan dengan penyedia kesehatan kita.

Pusar gatal yang terisolasi tidak boleh disamakan dengan papula urtikaria pruritik dan plak kehamilan (PUPPP). Ini adalah ruam yang menyebar dan sangat gatal yang terjadi di seluruh batang tubuh, bukan hanya di pusar. Dokter atau bidan dapat memberi Moms lebih banyak informasi jika hal ini dicurigai.

Tanda Kehamilan Berupa Gatal Parah

apakah gatal-gatal tanda kehamilan?

Foto: emmasdiary.co.uk

Nah, tanda kehamilan di atas dikategorikan sebagai rasa gatal yang ringan. Dalam beberapa kasus, wanita hamil juga bisa mengalami rasa gatal yang parah dan disebut sebagai Obstetric Cholestasis (OC).

OC yang dialami wanita hamil ini bisa menjadi tanda bahwa Moms tengah mengalami kelainan organ hati yang biasanya muncul pada saat hamil.

Pada umumnya, organ hati memproduksi cairan berwarna hijau kecoklatan yang akan membantu tubuh mencerna lemak. Namun, ketika Moms sedang mengandung, kelainan ini muncul karena cairan hijau tersebut tidak mencerna lemak dengan baik dan sebaliknya mengendap di dalam tubuh. Sayangnya, tidak obat yang bisa meredakan tanda kehamilan ini karena OC baru akan hilang jika si Kecil sudah lahir.

Baca Juga: Ketahui Komplikasi yang Terjadi Tiap Trimester Kehamilan

OC merupakan tanda kehamilan yang sangat mungkin diturunkan dalam keluarga , jadi Moms bisa menelurusi apakah ibu atau nenek mengalaminya juga atau tidak.

Para peneliti mengungkapkan bahwa OC paling umum terjadi pada wanita di India, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada kita.

Ketika Moms sudah mengalami OC yang kerap muncul pada 4 bulan terakhir dari masa kehamilan, kemungkinan si Kecil lahir dalam kondisi prematur akan tinggi.

Jika dokter mendiagnosis adanya OC pada tubuh Moms, solusi cepat yakni melakukan proses kelahiran caesar yang pada usia kehamilan minggu ke-37 akan ditawarkan supaya si Kecil lahir selamat dan begitupun ibunya.

Apakah Moms mengalami tanda-tanda serupa? Segera konsultasikan pada dokter jika rasa gatal sudah terlalu parah, Moms.

Artikel Terkait