Kesehatan

KESEHATAN
23 November 2019

6 Gejala Depresi pada Pria yang Harus Diwaspadai

Lekas marah sampai makan terlalu banyak bisa jadi tanda depresi pada pria
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Depresi tidak mengenal gender. Siapa saja bisa terkena depresi, baik pria maupun perempuan. Namun, yang membedakan gejala-gejala depresi pada perempuan lebih mudah dikenali ketimbang pria.

Cukup banyak penelitian yang berfokus pada bagaimana depresi dapat terlihat berbeda pada pria dan perempuan.

Sebelumnya, berdasarkan penelitian terdahulu, depresi lebih sering terjadi pada perempuan daripada pada pria. Namun, hal tersebut terbantahkan dengan adanya penelitian terbaru di JAMA Psychiatry.

Para peneliti memeriksa hasil dari survei kesehatan mental nasional dan menemukan bahwa pria dengan depresi, dibandingkan dengan wanita yang depresi, lebih sering melaporkan ledakan kemarahan, agresi, penyalahgunaan zat, dan perilaku pengambilan risiko.

Tetapi ketika perbedaan diperhitungkan, survei menemukan depresi pada pria dan wanita pada tingkat yang sama, yakni sekitar sepertiga orang dewasa.

"Seorang pria dengan depresi lebih cenderung mempraktikkan penolakan perasaan, seringkali berusaha menutupi mereka dengan perilaku lain," kata Dr. Gregory Fricchione, Direktur Divisi Psikiatri dan Kedokteran di Rumah Sakit Umum Massachusetts yang berafiliasi dengan Harvard seperti dilansir dari health.harvard.edu.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Kenali 10 Gejala Depresi yang Dapat Dialami

Gejala Depresi pada Pria

Menurut The National Institute of Mental Health Information Resource Center, beberapa pria dengan depresi menyembungikan emosi mereka dan mungkin terlihat marah, mudah marah, atau agresif sementara banyak perempuan tampak sedih atau mengungkapkan kesedihan.

Pria dengan depresi mungkin merasa sangat lelah dan kehilangan minat dalam pekerjaan, keluarga, atau hobi. Mereka mungkin lebih cenderung mengalami kesulitan tidur daripada perempuan yang mengalami depresi.

Kadang-kadang gejala kesehatan mental muncul sebagai masalah fisik. Misalnya, jantung yang berdetak kencang, dada yang mengencang, sakit kepala yang sedang berlangsung, atau masalah pencernaan bisa menjadi tanda-tanda masalah kesehatan mental.

Banyak pria lebih cenderung menemui dokter mereka tentang gejala fisik daripada gejala emosional.

Karena itu, gejala-gejala depresi yang umum seperti menangis, murung, dan ketidakmampuan untuk memulai dengan tugas apa pun tampaknya tidak terdeteksi pada pria.

"Jadi seorang perempuan yang depresi mungkin terlihat dan bertindak layaknya orang depresi, sementara seorang pria yang depresi malah terlihat seperti pria brengsek," ungkap Psikoterapis sekaligus CEO Seeking Integrity Robert Weiss, Ph.D., MSW asal Palm Springs, California seperti dikutip dari psychologytoday.com.

Karena itu, tidak mudah mengenali gejala depresi pada pria. Karena mereka memilih menyembunyikannya. Namun, menurut Fricchione, sekalipun berusaha ditutupi, gejala-gejala depresi tersebut tetap bisa dikenali.

Yuk kita simak apa saja gejala-gejala depresi pada pria yang tersembunyi.

1. Kemarahan

Waspadai Gejala Depresi Tersembunyi Pada Pria__-1.jpg

Foto: shutterstock.com

Gejala depresi pada pria yang pertama adalah lekas marah. Lekas ​​marah, hipersensitivitas, kehilangan selera humor, melakukan pelecehan verbal orang yang dicintai.

Seorang pria yang didesak oleh pasangannya untuk mencari konseling manajemen marah atau anger management bisa jadi menderita depresi.

Baca Juga: Gejala Depresi dan Kelelahan Hampir Sama, Ini Cara Bedakannya

2. Gejala Fisik

Waspadai Gejala Depresi Tersembunyi Pada Pria__-2.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Gejala depresi pada pria yang selanjutnya adalah gejala fisik. Nyeri punggung bawah, sakit kepala, susah tidur, disfungsi seksual, masalah perut dan pencernaan. Gejala fisik ini dapat bertahan meskipun ada perawatan medis konvensional.

3. Perilaku Kompulsif

Waspadai Gejala Depresi Tersembunyi Pada Pria__-3.jpg

Foto: metro.co.uk

Gejala depresi pada pria yang selanjutnya adalah perilaku kompulsif. Meningkatkan asupan alkohol, penyalahgunaan obat-obatan, hingga terlibat judi secara kompulsif.

4. Sembrono

suami pelupa cover

Gejala depresi pada pria yang selanjutnya adalah sembrono. Terlibat dalam perilaku yang berisiko, seperti mengemudi sembrono atau melakukan hubungan seksual yang tidak aman.

5. Tidur dan Makan di Luar Kebiasaan

Waspadai Gejala Depresi Tersembunyi Pada Pria__-5.jpg

Foto: variety.com

Gejala depresi pada pria yang selanjutnya adalah tidur dan makan di luar kebiasaan. Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit. Kemudian, makan terlalu banyak atau terlalu sedikit atau bisa juga mengonsumsi makanan-makanan tidak sehat seperti junk food dalam jumlah besar.

Baca Juga: Kenali Tanda dan Gejala Depresi pada Anak Berikut Ini

6. Melakukan Isolasi Sosial dan Emosional

Waspadai Gejala Depresi Tersembunyi Pada Pria__-6.jpg

Foto: suttherstock.com

Gejala depresi pada pria yang selanjutnya adalah melakukan isolasi sosial dan emosional. Mulai kehilangan minat pada hobi dan aktivitas yang sebelumnya menyenangkan.

Kemudian, mengekspresikan rasa malu, rasa bersalah, dan perasaan tidak berharga bahkan berbicara tentang kematian atau bunuh diri meski hanya secara sepintas.

Jika kita melihat lebih dari satu atau dua gejala depresi pada pria ini secara konsisten pada pasangan atau mungkin saudara pria, maka kita perlu memulai percakapan tentang depresi.

Namun, jika kurang nyaman melakukan percakapan ini berdua, berbicaralah dengan keluarga dan teman-temannya dan minta mereka untuk membantu, sebelum terlambat.

(SERA)

Artikel Terkait