Kesehatan

KESEHATAN
23 Januari 2020

Ini Gejala Virus Corona Novel, Penyakit yang Berasal dari China

Gejalanya bisa berupa penyakit pernapasan biasa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Hingga saat ini penyakit virus Corona masih ramai dibicarakan, terutama mengingat adanya korban jiwa bagi mereka yang terinfeksi penyakit ini. Karena itu, penting ketahui seperti apa gejala dari virus Corona.

Mengutip CBS News, hingga kini sudah ada 17 orang yang meninggal karena penyakit itu, dan 169 pasien dirawat di rumah sakit setempat terhitung sejak hari Selasa (21/1/2020).

Pada dasarnya, virus Corona merupakan kelompok besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pernapasan dengan tingkat ringan seperti flu, hingga tingkat serius seperti Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS) dan Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, jenis virus Corona yang terjadi di China tidak cocok dengan virus lain yang sudah dikenal. Untuk saat ini, virus Corona tersebut dinamakan novel coronavirus (2019-nCoV).

Baca Juga: Mengenal Virus Corona yang Menjangkit 200 Orang di China

Gejala Virus Corona Novel

gejala virus Corona.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Menurut Australian Government Department of Health, orang yang terinfeksi virus Corona novel biasanya mengalami beberapa gejala berikut ini:

Meskipun virus Corona novel telah menyebabkan beberapa kematian, dan kasus yang parah, tetapi sebaiknya disarankan agar ornag-orang jangan terlalu merasa khawatir.

Baca Juga: Cara Mencegah Virus Corona yang Sedang Marak Terjadi

Penyebaran Virus Corona Novel

gejala virus Corona novel

Foto: Orami Stock Photos

Pihak Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan otoritas kesehatan sedang melakukan investigasi untuk mencari tahu bentuk penyebaran virus Corona novel yang telah terjadi di beberapa negara seperti China, Korea Selatan, Jepang, Thailand, dan Amerika Serikat.

Untuk saat ini, diketahui bahwa penyebaran virus kemungkinan bisa terjadi dari orang-ke-orang.

Awalnya, kebanyakan orang yang awalnya tertular virus ini merupakan orang yang bekerja atau mengunjungi pasar makanan laut di Wuhan.

Namun, mengingat virus ini sudah tersebar hingga ke negara-negara lain, bisa disimpulkan bahwa saat ini tidak semua kasus penyebaran berkaitan dengan hal ini.

Sementara itu, dalam jurnal Methods in Molecular Biology, dijelaskan bahwa virus-virus Corona manusia yang umum lebih rentan menyerang bayi, lansia, dan individu yang sedang mengalami penyakit infeksi saluran pernapasan.

Baca Juga: Rotavirus Penyebab Diare. Apa Itu? Kenalan Yuk!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait