Gratis Ongkir minimum Rp 300.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Childcare | Dec 14, 2017

Gendongan Kain vs Gendongan Modern, Mana yang Lebih Baik Untuk Bayi?

Bagikan


Sebagai seorang ibu, Moms mungkin merasakan kebingungan tentang pilihan menggunakan gendongan kain atau gendongan modern untuk menggendong Si Kecil. Terlebih lagi saat ini semakin banyak pilihan gendongan modern yang ada di pasaran. Sebenarnya lebih baik menggunakan gendongan kain atau gendongan modern untuk bayi?

Gendongan Modern/Baby Carrier

gendongan bayi, baby carrier

Moms bisa menggunakan gendongan modern seperti misalnya front carrier saat Si Kecil berusia sekitar satu bulan. Baby carrier dengan model “drop-in” merupakan yang paling populer digunakan.

Moms bisa mengadapkannya ke dalam saat menggendong bayi baru lahir dan menghadapkannya keluar jika usia Si Kecil sudah sedikit lebih tua. Jangan lupa menopang kepala dan leher bayi dengan sandaran empuk. Jenis gendongan ini umumnya bisa digunakan hingga bayi berusia sembilan bulan.

Gendongan kain

gendongan kain, gendongan bayi kain

Terbuat dari kain, Moms bisa menggunakan gendongan ini dalam posisi yang berbeda saat menggendong Si Kecil, tergantung usianya. Beban saat menggendong Si Kecil menggunakan gendongan kain bertumpu pada bahu Moms. Gendongan kain memungkinkan Moms untuk memeluk Si Kecil selama berada dalam gendongan.

Menggendong bayi baru lahir menggunakan gendongan kain bisa diposisikan di depan tubuh Moms, sedangkan bayi yang usianya lebih tua dan balita bisa digendong dengan posisi tubuhnya di pinggul atau punggung Moms.

Baca Juga : Cara Menggendong Bayi yang Tepat Sesuai Usianya

Memilih Gendongan yang Tepat untuk Bayi

memilih gendongan bayi, gendongan bayi yang tepat

Perhatikan beberapa pertanyaan penting di bawah ini untuk mengetahui pilihan gendongan terbaik bagi Moms dan Si Kecil:

1. Berapa usia bayi?

Jika Moms memilih gendongan modern atau gendongan kain untuk bayi baru lahir, Moms mungkin menyadari bahwa gendongan untuk bayi seusia ini tidak akan bertahan hingga mereka balita.

Sebaiknya pilih gendongan yang bisa membuat Moms dan Si Kecil nyaman, jangan hanya tergiur harga diskon. Sesuaikan pilihan dengan berat badan Si Kecil, seiring dengan bertambahnya usia mereka.

2. Berapa lama digunakan?

Berencana untuk menggendong Si Kecil beberapa jam sehari, gendongan kain yang hanya bertumpu pada satu bahu mungkin kurang nyaman. Mengingat Moms harus menopang berat badan Si Kecil yang tidak bisa dikatakan ringan.

Menggendong bayi juga tergantung pada usia dan berat badan bayi. Moms mungkin juga perlu memikirkan tentang rentang waktu menurunkan Si Kecil dari gendongan, khususnya jika Moms akan menggunakan gendongan dalam waktu yang singkat.

3. Siapa yang akan menggunakan?

Apakah gendongan yang Moms beli akan digunakan sendiri atau digunakan juga oleh Papa maupun pengasuh Si Kecil?

Jika memang gendongan tersebut akan digunakan oleh orang lain yang akan menggendong Si Kecil, pastikan bahwa gendongan tersebut mudah digunakan oleh siapa pun, meskipun memiliki bentuk dan ukuran yang sama tidak semua orang bisa langsung menggunakannya dengan mudah.

4. Seberapa mudah digunakan?

Seberapa mudah gendongan digunakan? Apakah Moms senang sedikit berlatih menggunakan gendongan kain atau gendongan modern, atau Moms menginginkan sesuatu yang bisa digunakan secara langsung?

Bagaimana dengan Dads Si Kecil atau orang lain yang mungkin akan menggunakannya? Bagaimana perasaan Moms saat harus berhadapan dengan sulitnya membuat simpul saat menggendong atau menyesuaikan diri dengan gesper gendongan?

Jadi, gendongan mana yang Moms pilih untuk Si Kecil? Punya pengalaman menarik seputar gendongan kain dan gendongan modern? Jangan lupa untuk berbagi dengan Moms lainnya melalui kolom komentar, ya Moms.

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.