3-12 bulan

3 Agustus 2021

21+ Gerakan Brain Gym dan Manfaatnya untuk Bayi dan Anak, Moms Wajib Tahu!

Gerakan-gerakan ini mampu meningkatkan kemampuan otak Si Kecil
placeholder

Foto: freepik.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Melakukan brain gym secara rutin ternyata memiliki manfaat yang sangat besar untuk Si Kecil. Ternyata bukan hanya tubuh saja yang butuh olahraga, otak Si Kecil juga butuh, moms!

Brain gym sendiri ternyata merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan aktivitas yang dikenal sebagai olahraga ini bisa membantu mengoptimalkan perkembanga otak.

Berbagai gerakan seperti merangkak, berjalan hingga meloncat ternyata tak hanya penting untuk melatih kekuatan dan ketangkasannya saja. Namun aktivitas tersebut justru penting untuk perkembangan otaknya.

Untuk stimulasi otak yang maksimal, Moms harus memastikan Si Kecil mendapatkan olahraga ringan yang cukup. Dilansir dari Kids Health, balita dan anak prasekolah harus bermain aktif beberapa kali sehari, bisa di pagi atau sore hari.

Baca Juga: Suka Berolahraga, Ini 5 Cara Menghindari Cedera pada Anak

Mengenal Latihan Brain Gym

Brain Gym

Foto: Orami Photo Stock

Sama seperti latihan lain yang bisa memperkuat otot, brain gym segini berguna untuk merangsang aktivitas otak. Latihan yang dilakukan pun akan membantu telinga, mata, kepala, anggota badan dan koordinasi tubuh secara keseluruhan.

Ada beberapa hal akan akan terbantu jika melakukan latihan otak ini, di antaranya adalah:

  • Daya ingat
  • Konsentrasi
  • Koordinasi
  • Akademik
  • Kemampuan organisasi
  • Perilaku
  • Tanggungjawab
  • Hubungan

Dilansir dari Parenting First Cry, memang masih belum diketahui secara pasti bagaimana latihan otak bisa membantu anak. Meski demikian, banyak orang tua yang mengatakan bahwa gerakan sederhana bisa membuat perkembangan sangat pesat seperti yang sudah disebutkan di atas.

Berikut gerakan brain gym pada bayi yang bisa bantu kesehariannya!

Baca Juga: Si Kecil Malas Bergerak? Ini Tips Agar Anak Suka Olahraga

Gerakan Brain Gym untuk Bayi

Brain Gym

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa gerakan brain gym yang bisa Moms lakukan bersama Si Kecil di rumah. Berikut contohnya!

1. Tummy Time

Tahukah Moms kalau Si Kecil akan menghabiskan sebagian besar waktunya dengan mengandalkan otot perut ketika tummy time? Dengan melakukan gerakan ini, pengembangan otot di leher, lengan, bahu dan punggung bisa optimal.

American Academy of Pediatrics mengemukakan bahwa tummy time bisa dilakukan sejak hari pertama Si Kecil pulang dari rumah sakit, lho!

Ketika melakukan gerakan ini, Moms bisa meletakkan Si Kecil di atas selimut sambil terus mengawasi pergerakannya. Moms bisa melakukannya sebanyak 3 hingga 5 menit dalam 1 hari.

Selagi Si Kecil melakukan gerakan ini, Moms bisa melakukan interaksi dengannya. Tunjukkanlah wajah lucu, ajak bicara, atau bahkan bernyanyi bersama.

Baca Juga: 7 Tanda Bahaya Kehamilan saat Olahraga dan Senam Hamil, Waspada!

2. Gerakan Mengayuh Sepeda

Tahukah Moms kalau gerakan mengayuh sepeda juga termasuk ke dalam brain gym? Moms bisa mempraktikan ini pada Si Kecil, lho!

Caranya adalah dengan menggerakan kaki Si Kecil seakan ia sedang mengayuh sepeda. Gerakan ini pun bisa membuat Si Kecil senang lho!

Dengan melakukan hal ini, Moms membantu untuk meningkatkan kelenturan tubuhnya. Jadi, biarkanlah ia tidur terlentang dan gerakan kakinya dengan lembut seperti sedang mengayuh sepeda.

Untuk menghibur dan agar suasana lebih menyenangkan, Moms bisa menyanyi dan mengajaknya bicara. Membuat suara-suara lucu pun bisa dilakukan agar Si Kecil bisa tambah ceria.

Moms bisa ulangi gerakan ini selama 3 hingga 5 kali. Kemudian istirahatkan Si Kecil dan kemudian ulangi.

Moms bisa meneruskan hal ini hingga Si Kecil kehilangan minatnya. Cobalah untuk tersenyum, tertawa, serta melakukan kontak mata agar suasa menjadi lebih ceria.

3. Pijat Tulang Selangka

Untuk melakukan brain gym selanjutnya dikhususkan untuk bayi usia 0 - 6 bulan. Moms bisa memijat tilang lunak di bawah tulang selangka yang berada di kiri dan tilang dada.

Sementara itu, tangan yang lain bisa memegang pusar. Lakukanlah pijatan di area tulang lunak.

Fungsi dari brain gym yang satu ini adalah mengirim pesan dari bagian otak kanan ke sisi kiri tubuh dan sebaliknya. Gerakan ini juga bisa meningkatkan penerimaan oksigen.

Baca Juga: Ketahui Bahaya Olahraga Saat Menstruasi dengan Intensitas Berat

4. Tombol Bumi Memijit

Nah, gerakan brain gym yang satu ini juga bisa digunakan untuk bayi dengan usia 0 hingga 6 bulan. Caranya pun mudah, Moms!

Moms hanya perlu memijit titik di bawah bibir dengan tangan kiri dan tangan kanan di tulang kemaluan.

Gerakan ini memiliki fungsi mengaktifkan energi di otak tengah. Tak hanya itu, gerakan Tombol Bumi Memijit juga bisa menyeimbangkan emosi, mengaktifkan kemampuan melihat atas dan bawah.

5. Tombol Angkasa

Salah satu gerakan brain gym lainnya adalah Tombol Angkasa. Moms bisa meikit titik di atas bibir dan tangan lain memegang tulang ekor.

Fungsi dari gerakan ini adalah mengaktifkan energi ke otak, menyeimbangkan kemampuan melihat jauh dan dekat, serta menyeimbangkan emosi.

Baca Juga: Olahraga Berat Bisa Menyebabkan Keguguran, Mitos atau Fakta?

Gerakan Brain Gym untuk Anak-anak

Brain Gym

Foto: onedayhealing.com.au

Berbeda dengan bayi, ada banyak sekali gerakan brain gym untuk anak-anak. Dikutip dari penelitian yang berjudul Brain Gym, Brain Games, berikut penjelasannya.

6. Gerakan Silang

Gerakan ini menyilang antara gerakan tangan kanan bersama dengan kaki kiri dan juga sebaliknya. Bergeraklah je depan, ke samping, ke depan atau jalan di tempat.

Gerakan ini bertujuan untuk menggunakan otak kiri dan kanan secara bersamaan dan harmonis.

7. Angka 8 Tidur

Gerakan ini seperti membuat angka 8 yang tidur. Lakukanlah sebanyak 3 kali dengan kedua tangan.

Gerakan ini sangat berguna bagi seseorang pelupa. Seperti lupa apa yang perlu dikatakan atau yang perlu dilakukan.

8. Coretan Ganda

Buatlah coretan dengan kedua tangan di saat yang bersamaan. Gambarnya juga sesuatu yang sama ya, Moms!

Fungsi gerakan ini adalah untuk menumbuhkan bakat seni, merilaksasikan mata dan tangan serta memudahkan menulis.

9. Gerakan Gajah

Gerakan membuat belalai gajah dengan menekuk lutut sedikit pun bisa berguna. Caranya, tekuklah lutut dan kemudian letakan telinga di atas bahu kemudian rentangkan tangan lurus ke depan.

Bayangkanlah tangan menjadi belalai gajah yang menyatu pada kepala.

Fungsi dari gerakan ini adalah membuat mata dan leher manjadi nyaman. Ini pun melatih seseorang untuk menjadi pendengar yang baik.

10. Putaran Leher

Brain Gym

Foto: momsknowbest.com

Gerakan ini bisa dilakukan dengan menundukkan kepala ke depan, pelan-pelan putar leher dari satu sisi ke sisi yang lain, hebuskan napas untuk keluarkan ketegangan. Ulangi dengan bahu diturunkan. Ketika melakukan gerakan ini, bayangkan menggambar garis lengkung di sepanjang dada.

Fungsi dari gerakan ini adalah agar bisa membuat relaks, melindungi dari kemungkinan pengaruh negatif peralatan eletronik.

11. Olengan Pinggul

Gerakan brain gym selanjutnya bisa dilakukan dengan duduk di lantai, tangan di belakang, siku ditekuk, kedua kaki

diangkat sedikit, dan olengkan pinggul ke kiri dan kanan kemudian putar beberapa kali hingga terasa rileks.

12. Pernapasan Perut

Gerakan dengan meletakkan tangan di perut adalah salah satu gerakan brain gym.

Embuskan napas pendek, lalu ambil napas dalam dan hembuskan pelan-pelan seperti balon yang ditiup. Tangan mengikuti gerakan perut, naik waktu mengambil dan turun waktu membuang napas.

Bila punggung ditegakkan setelah mengambil napas, udara akan bisa masuk lebih dalam lagi.

Fungsi dari gerakan ini adalah membuat makanan lebih mudah dicerna.

Baca Juga: 5 Gerakan Senam Ketangkasan Agar Tubuh Bugar

13. Gerakan Mengisi Energi

Gerakan ini bisa dilakukan di kursi. Santailah den letakkan dahi di antara tangan di atas meja.

Setelah itu tarik napas sambil merasakan udara naik di garis tengah badan ke atas seperti air mancul sambil menegakkan kepala, tengkuh dan punggung bagian atas.

Sembari mengembuskan napas, air mancur hilang dan kepala bersentuhan dengan meja.

Fungsi dari gerakan ini adalah memberi energi untuk malam hari dan melatih refleks dasar otak untuk mengambil keputusan ketika sedang bergerak.

14. Mengaktifkan Tangan

Gerakan selanjutnya adalah mengaktifkan tangam. Si Kecil bisa melakukannya dengan meluruskan satu tangan ke atas, ke samping kuping.

Buang napas pelan, sementara otot-otot diaktifkan dengan mendorong tangan ke empat jurusan (ke depan, belakang, dalam, luar) sementara tangan yang satu menahan dorongan tersebut. Fungsi dari gerakan ini adalah untuk mengaktifkan otot tangan dan membantu menulis, mengeja serta menulis kreatif.

15. Gerakan Burung Hantu

Gerakan yang satu ini bisa menghilangkan rasa kaku yang ada pada tubuh yang disebabkan oleh duduk atau membaca.

Urutlah otot bahu kiri dan kanan. Tarik napas saat kepala berada di posisi tengah, kemudian embuskan napas ke samping atau ke otot yang tegang sambil relaks. Ulangi dengan tangan kiri.

Baca Juga: 5 Do's & Don'ts Saat Melakukan Yoga Bersama Bayi

16. Pompa Betis

Gerakan yang satu ini bisa membantu agar lebih semangat dalam belajar dan bergerak.

Gerakan ini dilakukan dengan memajukan badan ke depan dan buang napas. Kemudian pelan-pelan letakkan telapak kaki belakang ke lantai, kemudian angkat tumit ke atas sambil ambil napas dalam.

Ulangi sebanyak 3 kali untuk tiap kaki. Semakin maju, menekuk lutut depan, peregangan otot di betis belakang lebih terasa.

17. Luncuran Gravitasi

Brain Gym

Foto: vimeo.com

Agar konsentrasi Si Kecil meningkat dan bisa meningkatkan pemahaman secara optimal, gerakan brain gym yang satu ini bisa sangat ampuh.

Cara melakukannya hanya dengan duduk di kursi dan silangkan kaki. Tundukkan badan dengan tangan ke depan bawah, buang napas waktu turun dan ambil napas waktu naik. Ulangi gerakan ini sebanyak 3 kali, kemudian ganti kaki.

18. Posisi Kuda-kuda

Jika Si Kecil memiliki masalah dalam mengingat apa yang sudah dipelajari, gerakan brain gym yang satu ini bisa coba untuk dilakukan.

Gerakan mulai dengan kaki terbuka. Arahkan kaki ke kanan dan kaki kiri tetap lurus ke depan. Tekuk lutut kanan sambil buang napas, lalu ambil napas waktu lutut kanan diluruskan kembali. Jangan lupa untuk menarik pinggul ke atas. Gerakan ini perlu diulangi sebanyak 3 kali, kemudian ganti dengan kaki kiri.

19. Gerakan Imbang

Untuk mendapatkan pikiran yang tenang, gerakan imbang bisa dilakukan. Hal ini juga termasuk gerakan brain gym yang sederhana.

Cobalah untuk menyentuhkan 2 jari ke belakang kuping, dilekukan di bawah tulang belakang dan letakan tangan satunya di pusar. Kepala lurus melihat ke depan, sambil napas dengan baik selama 1 menit. Kemudian sentuh belakang kuping yang lain.

Baca Juga: Menyukai Kelenturan, Ini 4 Artis Indonesia yang Hobi Pilates

20. Pasang Telinga

Agar konsentrasi terjaga dan bisa mendengar suara sendiri ketika berbicara dan mernyanyi, gerakan brain gym pasang telinga patut dicoba.

Caranya adalah dengan memijit pelan-pelan daun telinga. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 kali dari atas ke bawah.

21. Kait Relaksasi

Dalam melakukan gerakan brain gym yang satu ini terdapat 2 tahap. Pertama, letakkan kaki kiri di atas kaki

kanan dan tangan kiri diatas tangan kanan dengan posisi jempol ke bawah, jari-jari kedua tangan saling menggenggam. Jika sudah, kemudian tarik kedua tangan ke arah pusat dan terus ke depan dada.

Setelah itu, tutuplah mata dan kemudian tempelkan lidah ke langit-langit mulut saat menarik napas. Lepaskan lidah pada saat menghembuskan napas.

Tahap kedua, buka silangan kaki dan ujung-ujung jari kedua tangan saling bersentuhan secara halus. Kemudian silangkan kembali tangan di dada atau di pangkuan. Cobalah untuk saling bernapas tenang selama 1 menit di setiap posisi.

22. Titik Positif

Agar bisa lebih tenang, mengurangi tegang, takut dan kuatir gerakan brain gym yang satu ini sangat sederhana.

Cobalah menyentuh titik positif yang berupa dua tonjolan di tengah dahi.

Baca Juga: Benarkah Yoga Meningkatkan Peluang Hamil? Ini Faktanya

Tips Agar Brain Gym Jadi Menyenangkan

Brain Gym

Foto: Orami Photo Stock

Tak bisa dipungkiri bahwa Si Kecil mungkin saja bosan ketika melakukan aktivitas latihan otak ini. Karena itu, Moms perlu membuat suasana jadi lebih menyenangkan.

Ada beberapa tips yang bisa Moms lakukan agar brain gym jadi lebih menyenangkan dan mudah untuk dilakukan oleh Si Kecil. Ini dia!

  • Menggabungkan brain gym dengan musik. Musik dengan irama yang tenang atau musik yang disukai Si Kecil bisa membuatnya jadi rileks ketika melakukan aktivitas senam otak
  • Lakukan ketika situasi ruangan nyaman dan menyenangkan
  • Berikan air putih sebelum melakukan pendahuluan
  • Pakaikan baju yang nyaman untuk Si Kecil agar gerakannya leluasa
  • Moms perlu rileksasikan diri terlebih dahulu sebelum melakukan brain gym

Nah itu dia Moms penjelasan mengenai brain gym, jenis aktivitas yang bisa dilakukan dan tips agar senam otak ini menjadi lebih menyenangkan. Yuk dicoba!

  • https://kidshealth.org/en/parents/exercise.html#:~:text=Kids%20and%20teens%20should%20get,minutes%20active%20play%20every%20day
  • https://parenting.firstcry.com/articles/10-best-brain-gym-exercises-kids/
  • https://www.aap.org/en-us/about-the-aap/aap-press-room/aap-press-room-media-center/Pages/Tummy-Time.aspx
  • http://staffnew.uny.ac.id/upload/132318571/pengabdian/Microsoft+Word+-+BRAIN+GYM+_SD+BUDI+MULIA+DUA+YOGYAKARTA_.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait