2-3 tahun

2-3 TAHUN
6 Oktober 2020

5 Gerakan Olahraga untuk Balita yang Mudah Dilakukan

Ayo berolahraga bersama Si Kecil dengan kegiatan yang seru dan menyenangkan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Intan Aprilia

Daftar isi artikel

Dilansir dari Kids Health, balita usia 1-5 tahun cenderung suka berjalan dan berlari, menendang, serta melempar. Pada usia ini mereka sangat aktif bergerak dan senang melakukan kegiatan fisik.

Pastikan Moms memberikan banyak peluang bagi buah hati untuk mengeksplor banyak aktivitas fisik untuk menunjang kemampuan motorik kasar mereka.

Salah satu yang bisa Moms lakukan adalah melakukan olahraga bersama. Selain baik untuk menunjang kemampuan motorik kasar, olahraga juga baik untuk kesehatan tubuh mereka.

Berjalan, bermain, menjelajahi halaman belakang, atau menggunakan peralatan bermain di taman setempat bisa menjadi aktivitas olahraga menarik bukan hanya untuk Si Kecil tapi juga untuk seluruh keluarga.

Olahraga untuk Balita

Moms dapat mencontoh gerakan-gerakan olahraga berikut di rumah bersama balita:

1. Tiru Gerakan Hewan

olahraga untuk balita

Foto: trendmagazine.co.uk

Bentuk olahraga yang paling mudah untuk balita adalah meniru gerakan hewan. Berjalanlah seperti penguin, melompat seperti katak, atau meniru gerakan hewan lain.

Selain gerakan ini bagus untuk motorik kasar dan keseimbangan, menirukan gerakan hewan contohnya saja katak, baik untuk melatih kekuatan kaki buah hati.

Dengan menirukan gerakan melompat-lompat, balita dapat berlatih keseimbangan sekaligus membantu Moms mengeluarkan banyak kalori.

2. Lakukan Gerakan Row Your Boat

olahraga untuk balita

Foto: sleepingshouldbeeasy.com

Duduk saling berhadapan dan berpegangan tangan. Bergoyang dan nyanyikan lagu "Row, row, row your boat."

Menirukan gerakan perahu, dapat melatih lengan tangan. Si Kecil dapat melakukan olahraga sambil bermain sekaligus menyanyi bersama Moms! Pastikan Moms bernyanyi bersamanya tanpa bantuan gadget atau TV sekalipun ya!

3. Berubahlah Menjadi Ulat Bulu!

olahraga untuk balita

Foto: brighthorizons.com

Tekuk pinggang dan tangan menyentuh tanah. Kemudian gerakan tangan Moms maju sambil terus menekuk pinggang dan berjalanlah seperti ulat bulu.

Untuk melatih bagian tangan, kaki, dan pinggang sekaligus, Moms dapat melakukan gerakan olahraga ini bersama balita.

Koordinasi antara tangan dan kaki juga sangat dibutuhkan dalam gerakan ini. Jadi, selain berolahraga, ia juga dapat berlatih konsentrasi nih.

4. Buat Jembatan dengan Badan

olahraga untuk balita

Foto: sheknows.com

Buat jembatan dengan tubuh Moms kemudian biarkan Si Kecil merangkak ke bawah. Kegiatan ini, selain menyenangkan juga dapat melatih sensori vestibular pada balita.

Dorong mereka untuk mau melewati tubuh Moms, seolah-olah mereka sedang melewati jembatan.

Jika ia tidak mau atau merasa takut, Moms dapat mencoba beberapa gerakan lain terkait keseimbangan, untuk mengecek apakah anak Moms memiliki masalah dengan sensorinya satu ini atau tidak.

5. Dengarkan Musik dan Menari Bersama!

olahraga untuk balita

Foto: sheknows.com

Jika kehabisan ide, mendengarkan musik dan menari mengikuti irama musik adalah kegiatan dan olahraga terbaik untuk balita! Pilih musik yang paling buah hati sukai, dan menarilah sebebas-bebasnya!

Banyak sekali ide permainan yang bisa dijadikan kegiatan berolahraga untuk balita. Tentunya, Moms dan Dads perlu ikut serta supaya Si Kecil lebih tertarik dan lebih semangat melakukannya.

“Aktivitas fisik yang dilakukan anak terutama di outdoor, dapat meningkatkan kreativitas, keberhasilan akademik, hingga stabilitas emosional. Anak-anak yang kurang melakukan aktivitas fisik dapat memiliki begitu banyak masalah, salah satunya emosional. Mereka cenderung akan lebih gampang menangis,” ujar terapis anak, Angela Hanscom.

Batasi jumlah waktu yang dihabiskan Si Kecil untuk menonton TV atau bermain di tablet atau smartphone.

Ayo ciptakan permainan seru untuk berolahraga bersama balita setiap hari! Selain membuat badan Si Kecil sehat, kegiatan ini juga bisa bikin Moms jadi lebih langsing!

Artikel Terkait