Kesehatan

19 April 2021

7 Jenis Olahraga yang Aman dan Sehat selama Pandemi, Catat!

Bisa dilakukan di rumah lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Olahraga yang aman dan sehat perlu dilakukan setelah sekian lama berdiam diri di rumah karena masa pandemi yang belum juga berakhir.

Bekerja di rumah saat banyaknya kasus COVID-19 di Indonesia membuat Moms harus melakukan karantina diri dan menjauhi dari keramaian. Termasuk bila hendak berolahraga.

Agar tubuh tetap bugar bahkan saat work from home, Moms dapat berolahraga di rumah dengan gerakan-gerakan yang sederhana dan cocok untuk pemula. Cukup sediakan beberapa menit untuk aktivitas fisik saja, kok.

Dilansir dari sebuah jurnal yang berjudul Health Benefits of Physical Activity: The Evidence mengungkapkan dengan olahraga, Moms bisa mengurangi risiko kematian dini dan penurunan kesehatan tubuh.

Dalam sebuah penelitian, menunjukan bahwa partisipan yang melakukan olahraga bisa meningkatkan dan mempertahankan ketahanan dan kesehatan fisik. Mereka pun memiliki risiko kematian dini terendah.

Dalam penelitian lain menunjukkan bahwa dalam periode 5 tahun, orang yang rajin melakukan olahraga yang aman dan sehat memiliki penurunan risiko kematian sebanyak 44 persen dibandingkan dengan orang-orang dengan kehidupan tidak sehat.

Berikut ini beberapa gerakan olahraga yang praktis dan mudah dilakukan saat berada di rumah.

Baca Juga: Ini 4 Jenis Olahraga yang Tidak Disarankan untuk Penderita Penyakit Jantung

Olahraga yang Aman dan Sehat di Rumah

Gerakan olahraga berikut ini bisa dilakukan oleh tingkat pemula. Berikut ini tujuh latihan untuk berolahraga di rumah:

1. Skipping

olahraga di rumah-skipping.jpg

Foto: womenshealthmag.com

Cara olahraga yang aman dan sehat yang pertama adalah skipping atau lompat tali. Mungkin Moms ingin menghabiskan waktu di halaman sembari melakukan olahraga yang aman dan sehat. Nah skipping bisa menjadi salah satunya nih.

Ketika melakukan skipping alias lompat tali secara teratur, Moms bisa mendapatkan banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan tubuh, lho!

Terutama untuk Moms yang ingin menurunkan berat badan, nih! Jika melakukan lompat tali selama 15 menit, Moms bisa membakar kalori tubuh sebanyak 200-300 kalori. Waah lumayan membantu banget kan, Moms!

Dengan melakukan lompat tali, Moms pun bisa meningkatkan keseimbangan tubuh. Latihan ini pun akan membuat koordinasi tubuh semakin membaik.

Ambil tali skipping yang Moms miliki, lalu ambil tali di kedua ujungnya dan gunakan pergelangan tangan untuk mengayunnkan talinya di sekitar tubuh, melompat saat tali menyentuh tanah.

Skipping merupakan olahraga yang mudah dilakukan, dan gerakan ini bisa menjadi bentuk olahraga cardio yang paling efisien. Hanya 10 menit skipping sehari itu sama 30 menit jogging.

Baca Juga: Wajib Tahu Nih, Dos dan Don’ts Olahraga saat Hamil

2. Push-up

olahraga di rumah-push up.jpg

Foto: wellandgood.com

Cara olahraga yang aman dan aman nomor dua adalah push-up. Untuk gerakan olahraga di rumah ini, buat posisi tubuh seperti hendak melakukan push-up dengan meluruskan bahu, dan luruskan tangan hingga menyentuh tanah. Lalu, luruskan tubuh dari kepala hingga tumit.

Turunkan tubuh secara perlahan, lalu naikkan tubuh kembali seperti posisi awal. Moms dapat melakukan 10-12 repetisi jika sanggup.

Gerakan ini menggunakan beberapa kelompok otot sehingga dapat memperkuat sendi bahu. Selain itu, gerakan ini juga mudah dan Moms tidak perlu menggunakan alat lain.

Baca Juga: Ini 4 Jenis Olahraga yang Tidak Disarankan untuk Penderita Penyakit Jantung

3. Jumping Lunges

woman-in-green-sports-bra-and-black-leggings-doing-leg-999257.jpg

Foto: pexels.com

Jumping Lunges adalah salah satu olahraga yang aman dan sehat. Lunges dengan gerakan melompat juga dapat menjadi gerakan yang mudah untuk berolahraga ketika sedang dikarantina di rumah.

Untuk melakukannya, arahkan satu kaki ke depan, lalu tekuk hingga hampir menyentuh tanah. Lalu lompat ke udara, dan bergantian bawa kaki satu lagi ke depan. Ulangi selama beberapa repetisi.

Gerakan jumping lunges ini sempurna untuk membangun sistem kardiovaskular, tetapi juga akan membantu membuat paha depan lebih cepat dan lebih kuat.

Baca Juga: 4 Gerakan Senam Hamil yang Membantu Persalinan jadi Mudah

4. Plank

olahraga di rumah-plank.jpg

Foto: craigdailypress.com

Nah Moms, plank adalah olahraga yang aman dan sehat selanjutnya. Gerakannya sama seperti posisi push-up, tetapi lipat lengan sehingga siku tangan menyentuh tanah. Pastikan punggung lurus dan kencangkan perut. Tahan tanpa membiarkan pinggul menurun.

Gerakan plank memberi tekanan pada tulang belakang, serta sempurna untuk melatih bagian inti tubuh dengan gerakan yang bebas cedera. Diusahakan untuk melakukannya selama 30 detik.

5. Yoga

Salah satu olahraga yang aman dan sehat selanjutnya adalah yoga. Diketahui, yoga pun memiliki manfaat untuk mengurangu stres dan membuat tubuh jadi semakin rileks.

Dalam sebuah jurnal yang berjudul Association of Yoga Practice and Serum Cortisol Levels in Chronic Periodontitis Patients with Stress-related Anxiety and Depression menunjukkan bahwa yoga bisa mengurangi hormon cortisol. Hormon cortisol sendiri adalah hormon yang bisa membuat pikiran menjadi stres.

Penelitian ini menunjukkan kekuatan yoga yang bisa menghilangkan stres dengan meneliti 24 perempuan yang mengaku mengalami stres berat.

Setelah 3 bulan menjalani program yoga, partisipan perempuan ini mengalami penurunan level hormon cortisol. Penurunan hormon cortisol ssendiri berdampak pada menurunnya tingkat stres, kecemasan dan juga depresi.

6. Pilates

pilates1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Mungkin Moms ingin mengembalikan otot perut karena sudah lama berada di rumah saja. Nah, jika iya, pilates bisa membantu mewujudkan keinginan Moms.

Pilates pun bisa menjadi salah satu pilihan olahraga yang aman dan sehat nih bagi ibu rumah tangga.

Dalam sebuah penelitian yang berjudul A Qualitative Study of The Experiences and Perceptions of Sdults with Chronic Musculoskeletal Conditions Following a 12-week Pilates Exercise Programme menunjukkan bahwa melakukan pilates dalam waktu 12 minggu dengan rutin bisa meningkatkan kekuatan otot perut.

Tak hanya itu, dengan melakukan pilates Moms juga bisa menjadi lebih lentur dan memperbaiki poster tubuh.

Fokus utama dari pilates adalah mempertahankan keseimbangan yang baik saat Moms bergerak perlahan. Selain itu, bagian punggung, bokong dan perut pun bukan hanya akan menjadi lebih kuat namun juga bisa terlihat lebih bagus.

Tak heran kalau Moms bisa mendapatkan postur tubuh yang lebih baik dari sebelumnya.

7. Squat

Squat adalah salah satu olahraga yang aman dan sehat nih Moms! Banyak sekali perempuan yang ingin memperindah bentuk bokong dengan melakukan squat. Gerakan ini membuat kondisi otot dan persendian tubuh di bagian bawah bisa menjadi lebih baik.

Cara melakukan squat pun cukup mudah Moms! Cobalah berdiri dengan posisi kaki yang dibuka selebar bahu lalu turunkan tubuh secara perlahan dengan menggunakan otot perut.

Meskipun sederhana, gerakan ini sangat memiliki banyak manfaat. Selain bisa memperindah bentuk bokong, squat bisa membantu Moms untik mengecilkan perut karena gerakan ini berpusat pada otot perut.

Tak hanya itu, aliran darah pun bisa menjadi lancar dan meminimalisir munculnya selulit di tubuh. Moms juga bisa meningkatkan fleksibilitas dan yang terpenting adalah pembakaran kalori yang optimal.

Itu dia Moms, gerakan olahraga yang aman dan sehat serta bisa dilakukan dengan mudahnya di dalam rumah ataupun di halaman. Selamat mencoba ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait