Kesehatan

25 Mei 2021

Jangan Dibiarkan, Ini Gejala dan Cara Mengatasi Masalah Gigi Geraham Bungsu

Jika tidak dicabut, gigi bungsu yang bermasalah dapat menyebabkan masalah kesehatan pada gigi lainnya.
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Karla Farhana

Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga dan terakhir. Saat gigi geraham bungsu tumbuh, beberapa orang akan merasakan sakit atau nyeri akibat impaksi yang terjadi.

Melansir US National Library of Medicine, menunjukkan bahwa gigi geraham bungsu yang bermasalah berpotensi menyebabkan penyakit gigi inflamasi, yang dapat membahayakan gigi dan tulang rahang di sekitarnya.

Terkadang gigi geraham bungsu bisa menjadi aset berharga bagi mulut jika sehat dan sejajar dengan benar, tetapi lebih sering, gigi tersebut tidak sejajar dan perlu dicabut.

Ketika gigi bungsu tidak sejajar, mereka dapat memposisikan diri berbagai posisi, seperti secara horizontal, miring ke arah atau menjauh dari gigi geraham kedua, miring ke dalam atau ke luar.

Posisi gigi geraham bungsu yang buruk dapat membuat gigi berlubang, rusaknya tulang rahang, atau saraf di sekitarnya.

Yuk Moms simak penjelasan lebih lengkap tentang gigi geraham bungsu.

Baca Juga: Mengenal Natal Teeth, Kondisi Bayi Baru Lahir yang Sudah Tumbuh Gigi

Penyebab Gigi Geraham Bungsu

sakit gigi

Foto: Orami Photo Stock

Gigi geraham bungsu juga dapat terkena impaksi, seperti tertutup di dalam jaringan lunak. Kondisi ini memungkinkan masuknya bakteri di sekitar gigi dan menyebabkan infeksi, sehingga akan timbul rasa sakit, bengkak, rahang kaku, dan penyakit umum lainnya.

Sebuah penelitian ilmiah Nutrition and Physical Degeneration: A Comparison of Primitive and Modern menunjukkan, vitamin K2 bertanggung jawab pada perkembangan dan pertumbuhan gigi bungsu geraham. Jika Moms kekurangan vitamin K2 maka berisiko gigi geraham bungsu tidak bertumbuh dengan baik.

Selain itu, ada kemungkinan penyebab lain gigi geraham bungsu tidak berkembang, seperti penurunan tingkat menyusui dan pola makanan lunak pada usia bayi.

Baca Juga: Masih Alami Sakit Padahal Gigi Sudah Dicabut? Jangan-Jangan Anda Alami Kondisi Ini

Gejala Gigi Bungsu Geraham

gigi bungsu geraham.jpg

Foto: highlandoakdental.com

Gejala gigi geraham bungsu tumbuh sangat beragam. Meskipun nyeri ringan, nyeri tekan, dan gejala umum lainnya dapat terjadi baik ada masalah dengan gigi geraham bungsu atau tidak, Moms harus mewaspadai tanda-tanda masalah yang memerlukan konsultasi dengan dokter gigi.

Gejala umumnya, Moms akan mengalami beberapa keluhan, seperti:

1. Jaringan Gusi Lembut dan Bengkak

Salah satu tanda pertama gigi bungsu tumbuh adalah ketika Moms mengalami nyeri atau ketidaknyamanan di sekitar bagian belakang mulut. Kondisi ini bisa di salah satu sisi atau hanya satu gigi bungsu geraham.

Selain itu, nafas pada mulut Moms akan berbau busuk dan sulit berbicara.

2. Sakit Kepala

Jika gigi geraham bungsu terperangkap di bawah gusi, hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan yang dapat memicu sakit kepala.

Kondisi ini bisa menjadi tanda yang sulit untuk dideteksi jika Moms sudah sering menderita sakit kepala. Maka dari itu selalu pastikan terus mengikuti pemeriksaan rutin dengan dokter gigi yang terampil agar dapat memantau kondisi kesehatan mulut.

3. Infeksi Pada Gusi

Saat gigi geraham bungsu mulai tumbuh, akar gigi bungsu sering kali berada dalam posisi yang tidak tepat dan menyebabkan hanya sebagian dari gigi yang muncul.

Jika ini terjadi, jaringan gusi sangat rentan terhadap infeksi aktif. Bahkan dengan bukaan yang sangat kecil, makanan dapat dengan mudah tersangkut di sana, sehingga sangat sulit untuk dikeluarkan bahkan dengan menyikat dan membersihkan gigi secara menyeluruh.

Kondisi ini dapat meningkat menjadi infeksi yang berpotensi serius yang dikenal sebagai perikoronitis jika tidak terdeteksi dan segera diperbaiki.

Gigi geraham bungsu juga dapat menyebabkan penyakit gusi di bagian belakang mulut. Beberapa tanda penyakit gusi, meliputi:

  • Gusi lembut dan berdarah
  • Nyeri dan bengkak
  • Nanah yang keluar dari gusi
  • Kelenjar getah bening di bawah rahang menjadi bengkak dan nyeri
  • Sulit membuka mulut dan menelan
  • Demam

Ini adalah tanda paling serius yang harus diwaspadai saat gigi geraham bungsu tumbuh. Jadi konsultasikan selalu dengan dokter gigi sesegera mungkin.

4. Rahang Kaku

Saat gigi geraham bungsu tumbuh, gigi tersebut dapat mendorong gigi lainnya dan membuatnya bergerak. Kondisi ini pada akhirnya dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada rahang, sehingga terasa kaku, perih dan sulit untuk dibuka.

5. Terjadinya Sinus

Pertumbuhan gigi dan perkembangan akarnya dapat mendorong sinus yang terletak tepat di atas dan di belakang. Karena tekanan ini, dapat menyebabkan sakit kepala dan sakit sinus.

Baca Juga: 11 Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh, Ampuh Banget!

Cara Mengatasi Gigi Geraham Bungsu

sakit gigi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms memiliki gigi bungsu geraham, umumnya dokter akan menyarankan untuk melakukan tindakan operasi. Sambil menunggu operasi pencabutan gigi geraham bungsu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit gigi di rumah.

Berikut beberapa tips cara menghilangkan sakit gigi geraham bungsu:

1. Kompres

Moms bisa mengompres menggunakan air dingin. Cara ini dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri.

Caranya cukup mudah, yaitu Moms terapkan kompres dingin ke sisi wajah selama 20 menit.

Selain itu, menggunakan kompres air panas juga dapat meredakan nyeri untuk sementara. Jika Moms tidak memiliki hot pack di rumah, bisa membuatnya dengan mengisi kaus kaki dengan nasi dan mengikatnya. Kemudian, masukkan kaus kaki ke dalam microwave untuk menghangatkannya.

2. Obat Anti Radang

Cara mengatasi masalah pada gigi geraham bungsu selanjutnya adalah menggunakan obat anti radang.

Moms dapat membeli obat antiinflamasi atau nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen. Aturan konsumsi obat harus sesuai dengan pada kemasan ya Moms.

Moms juga bisa mengonsumsi asetaminofen. Namun, asetaminofen hanya akan membantu mengatasi nyeri, tetapi tidak memiliki sifat anti-inflamasi.

3. Air Garam

manfaat-air-garam.jpg

Kumur-kumur dengan air garam adalah cara sederhana dan alami untuk menghilangkan sakit gigi geraham bungsu. Hal ini dapat membantu meredakan nyeri sementara dan membersihkan infeksi bakteri, serta menyembuhkan luka mulut. Pastikan untuk tidak menelan air garam saat membilas.

Baca Juga: 3 Tips Merawat Gigi Anak saat Pandemi, Jangan sampai Si Kecil Sakit Gigi!

4. Kantong Teh Peppermint

Peppermint memiliki sifat mati rasa alami ringan yang mengurangi nyeri mulut untuk sementara. Kebanyakan orang merasakan manfaatnya dengan mendinginkan kantong teh di dalam freezer sebelum menggunakannya.

Moms juga bisa mengoleskan teh peppermint saat masih hangat dan menunggu hingga dingin.

5. Gel Mati Rasa

Gel gigi yang mati rasa dapat membantu mengurangi perasaan pada gusi dan menghilangkan rasa sakit. Gel ini tersedia di toko atau online dan mengandung bahan aktif benzocaine.

Kebanyakan gel gigi dapat dioleskan langsung ke gusi yang terkena sepanjang hari. Namun, penting bagi seseorang untuk mengikuti petunjuk yang disertakan dalam produk. Juga, mungkin saja sebagian orang memiliki alergi terhadap benzokain.

6. Bawang Bombay

Melansir Nutrition & Food Science, bawang bombay memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Manfaat bawang merah ini berarti dapat membantu mengurangi pembengkakan dan melawan infeksi bakteri.

Berikut cara mengatasi gigi geraham bungsu menggunakan bawang bombay:

  • Potong bawang bombay.
  • Kunyah bawang bombay di sisi mulut yang sakit.
  • Kunyah selama beberapa menit sampai rasa sakit berkurang. Lalu, keluarkan bawang bombay.

Proses ini memungkinkan sari bawang merah masuk ke dalam gusi sehingga bisa mengurangi peradangan dan bakteri.

Baca Juga: Riset Membuktikan, Berkumur dengan Air Garam Bisa Mengurangi Sakit Gigi Akibat Gusi Bengkak!

7. Cengkeh

Cengkeh mengandung antiinflamasi sehingga bisa menjadi cara mencegah nyeri pada gigi geraham bungsu.

Untuk mencoba pengobatan rumahan ini, Moms dapat menggunakan minyak cengkeh atau cengkeh utuh.

Jika menggunakan cengkeh utuh, Moms harus mengikuti cara berikut ini:

  • Letakkan cengkeh di atas gigi geraham bungsu yang menyebabkan nyeri.
  • Tahan di tempatnya dengan menutup rahang, tetapi tanpa mengunyah.
  • Biarkan di sana sampai rasa sakitnya berkurang dan kemudian keluarkan.

Sedangkan untuk mencoba pengobatan ini dengan menggunakan minyak cengkih, Moms dapat mengitu cara berikut ini:

  • Taruh beberapa tetes minyak cengkih di atas kapas.
  • Letakkan kapas pada gigi bungsu yang menyebabkan nyeri.
  • Pegang kapas di tempatnya sampai rasa sakit berkurang dan kemudian lepaskan.

Nah itu dia Moms penjelasan mengenai gigi geraham bungsu. Jika Moms mengalami gejala di atas dan sudah melakukan cara mengatasinya, tetapi belum kunjung sembuh jangan ragu untuk konsultasikan ke dokter ya.

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4148832/
  • https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/00346650710749071/full/html
  • https://books.google.ca/books?hl=en&lr=&id=-ktYCwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT8&dq=weston+a+price+1939&ots=4JR4NqkF0P&sig=FAezQzb34V_WmNtWOaS4CxS1bO0&redir_esc=y#v=onepage&q=weston%20a%20price%201939&f=false
  • https://familydentistottawa.com/signs-your-wisdom-teeth-are-coming-in/
  • medicalnewstoday.com/articles/319461#home-treatment
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait