Parenting Islami

21 Oktober 2021

9 Hadits dan Ayat Alquran tentang Jodoh sebagai Bekal Menuju Pernikahan

Jangan sedih, ayat Alquran tentang jodoh ini bisa meringankan hati orang yang masih sendiri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Karena menikah adalah proses menyempurnakan agama, maka terlah ada penjelasan ayat Alquran tentang jodoh. Sebab, memilih pasangan hidup yang tepat akan membuah pernikahan berjalan dengan baik.

Penelitian Psychological Science menunjukkan bahwa pilihan pasangan hidup akan memprediksi hasil hidupnya. Dari kepuasan hubungan hingga kesuksesan karir keduanya.

Selain itu, jodoh dalam Islam adalah cerminan diri. Jika seseorang itu baik maka akan mendapatkan jodoh yang baik, dan begitu pula sebaliknya.

Baca Juga: Bacaan Ayat Kursi dan 8 Manfaatnya Bagi Kehidupan, Salah Satunya Mempermudah Jodoh

Ayat Alquran Tentang Jodoh

5+ Keutamaan Surat Al Kahfi, Salah Satunya Terhindar dari Fitnah Dajjal

Foto: Orami Photo Stock

Jodoh menurut Islam adalah salah satu misteri, sebab hanya Allah SWT yang mengetahui dan menentukan jodoh untuk hamba-Nya.

Permasalahan jodoh ini masih menjadi pembicaraan hangat di kalangan keluarga ataupun teman. Sebab, tidak peduli apakah seseorang sudah bertemu dengan jodohnya atau belum, ada rahasia Allah SWT di baliknya.

Bagi umat Islam, diyakini bahwa saat berdoa untuk mendapatkan jodoh dan berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik, maka akan datang jodoh dari Allah SWT pada waktu yang tepat.

Bagaimana jodoh tercipta dan seperti apa Allah SWT memberikan yang terbaik untuk hamba-Nya tentang pasangan hidup ini telah tercantum dalam beberapa ayat Alquran tentang jodoh, seperti:

1. Ayat Alquran Tentang Jodoh Cerminan Diri

ٱلۡخَبِيثَٰتُ لِلۡخَبِيثِينَ وَٱلۡخَبِيثُونَ لِلۡخَبِيثَٰتِۖ وَٱلطَّيِّبَٰتُ لِلطَّيِّبِينَ وَٱلطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَٰتِۚ أُوْلَٰٓئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَۖ لَهُم مَّغۡفِرَةٞ وَرِزۡقٞ كَرِيمٞ ٱلۡخَبِيثَٰتُ لِلۡخَبِيثِينَ وَٱلۡخَبِيثُونَ لِلۡخَبِيثَٰتِۖ وَٱلطَّيِّبَٰتُ لِلطَّيِّبِينَ وَٱلطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَٰتِۚ أُوْلَٰٓئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَۖ لَهُم مَّغۡفِرَةٞ وَرِزۡقٞ كَرِيمٞ

Artinya: “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga),” (QS An-Nur : 26).

2. Ayat Alquran Tentang Jodoh dan Tandanya

وَمِنۡ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنۡ خَلَقَ لَكُم مِّنۡ أَنفُسِكُمۡ أَزۡوَٰجٗا لِّتَسۡكُنُوٓاْ إِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُم مَّوَدَّةٗ وَرَحۡمَةًۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَأٓيَٰتٖ لِّقَوۡمٖ يَتَفَكَّرُونَ

وَمِنۡ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنۡ خَلَقَ لَكُم مِّنۡ أَنفُسِكُمۡ أَزۡوَٰجٗا لِّتَسۡكُنُوٓاْ إِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُم مَّوَدَّةٗ وَرَحۡمَةًۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَأٓيَٰتٖ لِّقَوۡمٖ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir,” (QS Ar-Rum: 21).

3. Ayat Alquran Tentang Jodoh dan Takdir

أَرۡسَلۡنَا أَرۡسَلۡنَا رُسُلٗا مِّن قَبۡلِكَ وَجَعَلۡنَا لَهُمۡ أَزۡوَٰجٗا وَذُرِّيَّةٗۚ

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka istri istri dan keturunan…,” (QS Ar-Rad: 38).

Baca Juga: Jodoh Harus Dijemput, 7 Cara Meluluhkan Hati Wanita Idaman

4. Ayat Alquran Tentang Jodoh dan Kebesaran Allah SWT

وَمِن كُلِّ شَيۡءٍ خَلَقۡنَا زَوۡجَيۡنِ لَعَلَّكُمۡ تَذَكَّرُونَ

Artinya: “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah,” (QS Adz-Dzariyat: 49).

5. Ayat Alquran Tentang Jodoh dan Harapan

وَزَكَرِيَّآ إِذۡ نَادَىٰ رَبَّهُۥ رَبِّ لَا تَذَرۡنِي فَرۡدٗا وَأَنتَ خَيۡرُ ٱلۡوَٰرِثِينَ

Artinya: “Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: "Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik,” (QS Al Anbiya: 89).

Baca Juga: Perjodohan Tak Selalu Berakhir Buruk

Hadits Nabi Tentang Jodoh

Cara Berdebat dengan Suami dalam Islam -3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ada berbagai pendapat tentang jodoh. Ada yang mengatakan bahwa jodoh sudah ditakdirkan dan ada yang mengatakan jodoh ditentukan oleh diri sendiri.

Namun, jodoh memang perkara gaib yang hanya Allah SWT saja yang mengetahuinya. Manusia hanya tingal berusaha dan ikhtiar saja.

Ada beberapa hadits nabi tentang jodoh yang bisa menjadi inspirasi bagi yang belum menemukannya, dan bersegera untuk berikhtiar serta memantaskan diri agar diberi pasangan sesuai dengan yang diharapkan.

6. Hadits Tentang Jodoh Pasti Bertemu

الْأَرْوَاحُ جُنُودٌ مُجَنَّدَةٌ فَمَا تَعَارَفَ مِنْهَا ائْتَلَفَ وَمَا تَنَاكَرَ مِنْهَا اخْتَلَفَ

Artinya: “Ruh-ruh itu diibaratkan seperti tentara yang saling berpasangan, yang saling mengenal sebelumnya akan menyatu dan yang saling mengingkari akan berselisih,” (HR Bukhari dan Muslim).

7. Hadits Tentang Jodoh di Tangan Allah SWT

ثُمَّ يُرْسَلُ إِلَيْهِ الْمَلَكُ فَيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ، وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ: بِكَتْبِ رِزْقِهِ وَأَجَلِهِ وَعَمَلِهِ وَشَقِيٌّ أَوْ سَعِيْدٌ

Artinya: “Kemudian diutus kepadanya seorang malaikat lalu ditiupkan padanya ruh dan dia diperintahkan untuk menetapkan empat perkara: menetapkan rizkinya, ajalnya, amalnya dan kecelakaan atau kebahagiaannya,” (HR Bukhari dan Muslim).

8. Hadits Tentang Jodoh yang Baik Agamanya

عن أبي هريرة قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : إذا أتاكم من ترضون خلقه و دينه فانكحوه إلا تفعلوا تكن فتنة في الأرض وفساد عريض . رواه الحاكم وقال هذا حديث صحيح الإسناد و لم يخرجاه

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Apabila datang kepada kalian siapa yang kalian ridhai akhlak dan agama nya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak kalian lakukan, niscaya akan menjadi fitnah dan muka bumi dan kerusakan yang luas,” (HR Al-Hakim).

9. Hadits Tentang Jodoh dan Sunnah Menikah

من أحب فطرتي فليستن بسنتي ومن سنتي النكاح . رواه أبو يعلى قال حسين سليم أسد : رجاله ثقات

Dari Ubaid bin Sa’ad, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang menyukai fitrahku hedaknya ia bersunnah dengan sunnahku, dan termasuk sunnahku adalah menikah.”

Itulah beberapa penjelasan mengenai ayat alquran tentang jodoh beserta hadisnya yang dapat menjadi panduan bagi orang yang masih sendiri untuk tetap berikhtiar, dan juga untuk yang telah menikah agar meyakini jodoh yang diberikan oleh Allah SWT itu adalah yang terbaik.

  • https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/0956797619835147
  • https://dalamislam.com/landasan-agama/al-quran/ayat-tentang-jodoh-dalam-islam
  • https://penaungu.com/hadits-tentang-jodoh/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait