Newborn

13 Agustus 2021

12 Rekomendasi Lemari Baju Bayi, Baju Si Kecil akan Tertata Rapi!

Menata lemari baju bayi akan memudahkan Moms mencari barang Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Orami

Berbicara mengenai lemari baju bayi, tentu tidak lepas dari kesan yang imut dan menggemaskan. Ibu baru biasanya akan memilih lemari baju yang menarik dan memiliki kesan tersendiri.

Sebab, adanya lemari baju bayi dapat mencerahkan kamar dan mengubahnya menjadi tempat yang menyenangkan.

Selain itu, setelah Si Kecil bertumbuh, Moms juga bisa mengajarkan anak-anak untuk melipat dan merawat pakaian sendiri, mendorong untuk mengekspresikan diri dengan memilih baju yang diinginkan, adalah hal yang luar biasa untuk dilakukan bersama.

Namun, ada beberapa hal tentang lemari baju bayi yang harus Moms tahu, yaitu cara memilih, rekomendasi, hingga cara menata lemari baju bayi. Yuk simak di bawah ini.

Baca Juga: Ingin Si Kecil Tampil Bergaya? Ini 10 Jenis Pakaian Yang Wajib Ada Di Lemari Anak

Cara Memilih Lemari Baju Bayi

lemari baju bayi.jpg

Foto: pinterest.com

Sebagai ibu yang baik, tentu Moms tidak hanya memperhatikan bentuk lemari yang lucu. Akan ada beberapa pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli lemari baju bayi. Bagaimana cara memilih lemari baju bayi? Simak di sini.

1. Memerhatikan Bentuk Lemari

Perhatikan bentuk kamar Si Kecil, dengan begitu Moms akan mendapatkan gambaran tentang bentuk lemari baju bayi yang akan cocok di simpan di sana.

Jika lemari baju bayi yang berbentuk persegi yang sederhana terlalu kuno, ada banyak ide bentuk cantik lainnya di luar sana.

Jika ingin menghemat ruang, Moms bisa memilih lemari baju bayi yang menyatu dengan tempat tidurnya. Misalnya yang dipadukan di bawah tempat tidur, dengan Si Kecil yang tidur di ranjang atas.

Moms juga bisa menambahkan tirai panjang yang menutupi lemari, atau area tidur, atau keduanya.

Bentuknya juga tidak selalu kotak atau persegi panjang. Moms memiliki banyak pilihan bentuk lemari baju bayi yang bisa disesuaikan dengan tema, nuansa, atau dekorasi kamar Si Kecil.

Dengan begitu, lemari juga akan menambah estetika dalam ruangan, bukan hanya menonjolkan fungsi.

2. Pilih Bahan Lemari

Memilih bahan untuk lemari baju bayi berkaitan dengan lama atau tidaknya lemari tersebut akan digunakan. Jika ingin menjadi yang bisa diturunkan hingga anak berikutnya, Moms bisa memilih lemari dengan bahan yang kuat.

Ada lemari baju berbahan kayu gelap yang dipoles dengan beberapa ukiran atau hiasan yang memiliki kesan klasik. Biasanya, lemari jenis ini memiliki cermin di salah satu pintunya dan terlihat menawan. Ini juga akan berguna saat Si Kecil mencoba pakaiannya atau sekadar bercermin untuk bermain.

Kayu yang lebih ringan seperti pinus (kayu lunak) dan maple (kayu keras), cenderung memiliki butiran alami yang indah dan menambah kesan lapang pada ruangan. Jati, kenari, dan rosewood memiliki biji-bijian yang lebih gelap, terkadang keunguan, sehingga terlihat lebih megah.

Atau, Moms juga bisa memilih lemari baju bayi yang modern. Biasanya lemari ini memiliki bentuk dan dekorasi dengan skema warna cerah, atau ditambahkan dengan gambar kartun atau karakter film yang akan disukai Si Kecil.

3. Cari Tahu Fitur di Dalamnya

Setelah menentukan tampilan luar dan bahannya, jangan lupakan untuk mengecek bagian dalam dari lemari baju bayi yang akan Moms pilih.

Biasanya, lemari memiliki rak atau laci sebagai ruang penyimpanan yang sangat dibutuhkan untuk kamar tidur bayi.

Ada yang bagian dalamnya luas dan hanya memiliki beberapa sekat, memiliki laci lebih dari satu, dan juga space tinggi untuk menggantung baju Si Kecil.

Ada juga rak-rak yang tertata rapi sebagai tempat untuk menyimpan sepatu, atau bahkan topi dan aksesoris bayi.

Baca Juga: 9 Benda Ajaib Ini Akan Membuat Lemari Jadi Rapi Dalam Sekejap

Rekomendasi Lemari Baju Bayi

Moms, memilih lemari baju bayi juga tidak boleh asal-asalan. Lemari pakaian harus mempunyai desain yang cocok dengan interior kamar, memiliki luas yang pas, dan fungsinya pun maksimal.

Berikut ini rekomendasi lemari baju bayi yang bisa Moms pertimbangkan:

1. Lemari Portable 6 Pintu (Rp195.000)

lemari anak portable.jpg

Foto: tokopedia.com

Produk ini sangat cocok untuk Moms yang sedang mencari lemari baju portabel, karena mudah dibongkat pasang. Meskipun terbuat dari plastik, Moms tak perlu ragu kekokohan karena rangka lemari ini terbuat dari besi.

Kelebihan produk ini adalah anti air serta anti raya. Ada banyak pilihan warna dan motif, lemari ini punya ukuran dimensi 74 x 37 x 91 cm.

2. Lemari Pakaian Bayi Bahan Plastik Also Sent (Rp1.301.600)

Lemari Baju Bayi Bahan Plastik.jpg

Foto: tokopedia.com

Rekomendasi lemari pakaian bayi selanjutnya adalah merk Also Sent.

Walau harganya cukup pricey, namun berbagai produk yang ditawarkan oleh merk Also Sent ini tak perlu diragukan lagi. Lemari ini terbuat dari plastik yang berkualitas dan kokoh.

Terdapat 5 susun laci dan roda yang mudah dicopot serta dipasangkan kembali. Dengan adanya roda, tentu memudahkan Moms untuk mendorong atau memindahkan lemari.

Lemari ini juga memiliki handle yang nyaman dan membuat Moms tidak merasa berat ketika menarik laci.

Baca Juga: 13 Cara Menghilangkan Henna di Kuku Secara Alami, Mudah!

3. Krishome Lemari Pakaian Anak 3 Laci Ace Hardware (Rp1.699.000)

Krishome Lemari Pakaian Anak 3 Laci.jpg

Foto: tokopedia.com

Gambar tokoh kartun yang terdapat di lemari pakaian bayi akan menambahkan kesan lucu dan membuat suasana kamar Si Kecil makin ceria.

Desain atasnya yang berbentuk dua pintu, di mana salah satu sisinya dapat dipakai untuk menggantung pakaian dengan hanger yang disediakan sebanyak 5 buah.

Ditambah lagi, produk ini dilengkapi dengan kunci di bagian atas. Moms dapat dengan tenang menyimpan berbagai perlengkapan bayi di dalamnya.

4. Lemari Plastik Pakaian DIY (Rp298.000)

Lemari Plastik Pakaian.jpg

Foto: tokopedia.com

Lemari baju bayi ini memiliki banyak pilihan desain, yang mana masing-masingnya terlihat sangat lucu dan estetik. Moms bisa merangkainya dengan 4 desain berbeda.

Lemari ini sudah dilengkapi dengan satu ruang khusus untuk menggantung pakaian. Material yang digunakan terbuat dari plastik resin sehingga mudah dibersihkan dan mudah kusam.

Bagian depan dari lemari ini didesain memiliki jendela yang dapat dibuka, berbahan plastik yang ringan sehingga tidak akan rusak terkena debu.

Baca Juga: Ini Manfaat Kimchi untuk Kesehatan dan Cara Mudah Membuatnya

5. Pedro Lemari Pakaian 2 Pintu Putih (Rp 1.999.000)

Pedro Lemari Pakaian 2 Pintu Putih.jpg

Foto: ruparupa.com

Lemari baju bayi yang dilengkapi dengan cermin menjadi salah satu jenis lemari yang banyak dipilih. Produk ini dianggap lebih praktis dan ekonomis, lantaran tidak perlu membeli lemari dan cermin secara terpisah.

Lemari pakaian 2 pintu ini dilengkapi dengan banyak kompartemen penyimpanan serta tiang gantung untuk menggantung baju. Lemari yang terbuat dari material olahan kayu berkualitas ini memiliki dimensi 79.6 x 49.5 x 190.5 cm.

6. Floyd Laci 4 Tingkat 31 X 29 X 99 Cm (Rp 529.000)

Floyd Laci 4 Tingkat 31 X 29 X 99 Cm.jpg

Foto: ruparupa.com

Lemari baju bayi merk Floyd terdiri dari empat tingkat sehingga dapat muat lebih banyak.

Moms dapat menyimpan sekaligus mengatur letak pakaian dengan lemari penyimpanan ini. Selain itu, Moms juga bisa meletakkan barang lainnya pada bagian atas laci pakaian ini.

Baca Juga: Kulit Sensitif? Gunakan 5 Rekomendasi Sunscreen Tanpa Alkohol Ini!

Rekomendasi Lemari Baju Bayi Minimalis

Fungsi lemari baju bayi tentunya tidak hanya sekedar ini saja, tetapi juga sebagai dekorasi yang mempercantik kamar tidur

Meskipun kamar tidur merupakan ruang paling privat di rumah, tidak semua orang bisa masuk ke dalamnya. Namun, tetap saja ruang tidur Si Kecil harus memiliki suasana yang indah dan nyaman, salah satunya dengan menaruh lemari baju yang menarik.

Berikut ini rekomendasi lemari baju bayi minimalis:

7. Skelly Chest (Rp2.499.000)

Skelly Chest.jpg

Foto: ruparupa.com

Rekomendasi lemari baju bayi yang pertama adalah skelly chest. Terdapat 6 laci dengan warna pastel yang sangat cocok sebagai lemari baju bayi. Lemari dengan bahan material particle board ini memiliki dimensi 105 cm × 40 cm × 74 cm.

Desain dan warna juga lucu sehingga cocok digunakan untuk Si Kecil.

8. Krishome Lemari Pakaian Anak (Rp1.484.100)

Krishome Lemari Pakaian Anak.jpg

Foto: ruparupa.com

Lemari baju bayi yang didesain simple ini bisa digunakan untuk anak laki-laki maupun perempuan. Terdapat 3 buah rak susun yang bisa digunakan menyimpan baju Si Kecil.

Pada bagian atas, bisa Moms gunakan sebagai penyimpanan boneka atau mainan.

Baca Juga: 5 Tanda Anak Depresi dan Cara Mengatasinya yang Sering Diabaikan, Moms Wajib Tahu!

9. Theo Bebe Furniture Perle Chest of Drawers (Rp9.292.000)

Theo Bebe Furniture Perle Chest of Drawers.jpg

Foto: shopee.co.id

Rekomendasi lemari baju bayi berikutnya adalah Theo Bebe Furniture Perle Chest of Drawers.

Kayu yang digunakan adalah kayu solid bersertifikat dengan kadar formaldehyde yang tergolong aman. Material untuk finishing-nya pun aman dan sama sekali tidak beracun.

Desainnya lemari ini sangat modern, dengan warna putih juga terdapat gambar beruang Teddy Bear pada bagian laci atas. Dimensi lemari 5 laci ini adalah 97,2 cm × 66,4 cm × 103,8 cm.

10. IKEA Lote Lemari 3 Laci (Rp449.000)

IKEA Lote Lemari 3 laci.jpg

Foto: ikea.co.id

Lemari baju bayi yang satu ini memiliki desain yang unik dan ukurannya pun kecil, hanya 55 cm ×36 cm ×62 cm.

Kelebihan lemari ini adalah bagian lacinya dilengkapi dengan penyangga sehingga tidak akan terjatuh jika ditarik terlalu jauh.  Tidak hanya itu, produk ini juga memiliki handle dari baja yang akan memudahkan Moms jika ingin memindahkannya ke ruangan lain.

Baca Juga: 9 Jenis Imunisasi yang Disarankan untuk Bayi 0-9 Bulan dan Jadwal Pemberiannya

11. Lemari Pakaian Baju Buffet (Rp5.800.000)

lemari baju bayi anak.jpg

Foto: tokopedia.com

Jika rumah Moms bergaya interior minimalis, bisa pilih lemari baju bayi ini. Desain dan warna lemari baju ini sangat simple dan cocok untuk anak laki-laki maupun perempuan.

Material kayu pada produk ini juga akan membuat tampilan kamar Si Kecil semakin modern dan elegan.

12. Lemari Pakaian Baju Kayu (Rp4.555.000)

lemari pakaian anak kayu.jpg

Foto: tokopedia.com

Berbicara tentang furnitur minimalis, produk berbahan kayu jati memang kerap menjadi pilihan. Tentu ini tak lepas dari keawetan dan juga nilai estetika yang ditawarkan.

Begitu pula dalam memilih lemari pakaian. Lemari berbahan kayu jati banyak dipilih karena dapat diaplikasikan pada aneka desain interior ruang.

Moms sedang mencari lemari baju berbahan kayu? Lemari baju bayi ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Memiliki 2 pintu di atas untuk menggantung baju bayi dan 6 rak kecil di bawahnya bisa digunakan penyimpanan perlengkapan lainnya.

Agar dapat digunakan dalam waktu lama, lemari ini memerlukan perawatan untuk memastikannya tetap bersih dan tidak lembap.

Baca Juga: 9 Manfaat Rebusan Daun Salam dari Ujung Kaki Hingga Ujung Rambut

Cara Menata Baju Bayi

3 Lemari Baju Bayi -2.jpg

Foto: Lifeasmama.com

Biasanya, jika sedang terburu-buru Moms akan mengambil baju secara acak dari lemari. Setelah disadari, ternyata hal itu membuat lemari tidur bayi terlihat berantakan.

Jika megitu, Moms juga akan kesulitan saat akan mencari barang yang sangat diperlukan.

Meski sering dianggap sepele, sebenarnya menata lemari baju bayi harus dilakukan secara teratur. banyak Moms yang bahkan menunda-nunda menata lemari bayi karena tampak begitu melelahkan dan takut tidak punya cukup waktu.

Tips berikut ini akan membantu Moms tentang cara menata lemari baju bayi dengan cepat dan mudah.

1. Keluarkan Semuanya dari Lemari

Cara pertama dalam menata lemari baju bayi adalah mengeluarkan semuanya dari lemari. Ini akan memungkinkan untuk melihat dengan tepat apa yang ada di lemari, sehingga Moms dapat menyortirnya dengan baik.

Pastikan untuk menyisihkan barang-barang yang bukan baju bayi, seperti pakaian Moms yang tidak sengaja dimasukkan, atau barang lain yang bisa lebih baik untuk disimpan di tempat lain.

Hal ini dilakukan agar lemari berfungsi sebagaimana mestinya; menyimpan baju dan aksesoris bayi.

Setelah mengosongkan lemari, Moms harus menganalisis ruang dan menetapkan area untuk barang-barang tertentu seperti sepatu, pakaian, mainan, dan keranjang.

Barang sortiran yang telah dilakukan sebelumnya kemudian dimasukkan dengan kategori yang telah ditentukan.

2. Berikan Kategori Bagi Tiap Barang

Cara termudah adalah memulai dengan setidaknya menyiapkan lima ember besar. Moms harus memberi label pada ember tersebut dengan kategori berikut:

  • Pakai Sekarang: Barang-barang ini haruslah barang-barang yang sesuai musim dengan ukuran Si Kecil saat ini.
  • Terlalu Besar: Simpan baju yang kebesaran ini di tempat berlabel ini sesuai ukurannya, agar Moms bisa menggunakannya pada Si Kecil saat dia cukup besar.
  • Untuk Penyimpanan: Moms akan menggunakan kategori ini jika memiliki anak yang lebih kecil di rumah yang akan menggunakan item ini nanti. Pastikan semua barang masih dalam kondisi baik.
  • Diberikan. Tempat ini untuk barang-barang yang sudah tidak digunakan atau sudah besar tetapi masih dalam kondisi baik. Moms dapat memberikan barang-barang itu kepada teman, anggota keluarga, atau menyumbangkannya untuk amal.
  • Sampah: Ini untuk baju atau barang yang sudah sangat rusak hingga tidak bisa digunakan. Bukan untuk diberikan atau disimpan untuk Si Kecil atau orang lain.

3. Kelompokkan Seperti Barang

Saat mengembalikan pakaian ke rak, pastikan untuk menyimpan barang-barang seperti itu bersama-sama. Misalnya, semua kemeja harus ada di satu area, semua rok di area lain, dan sebagainya.

Moms dapat membeli pembatas lemari yang juga akan membantu Si Kecil untuk mengatur lemarinya dengan memberi tahu di mana tepatnya barang-barang itu berada.

Alat bermanfaat lainnya seperti gantungan yang dapat disesuaikan yang tumbuh bersama bayi dan pengatur lemari dan unit rak yang telah dibuat sebelumnya.

Moms mungkin ingin menambahkan rak untuk barang-barang seperti mainan. Rak kanvas gantung atau meja rias kecil di dalam lemari sangat cocok untuk menyimpan barang-barang seperti piyama dan pakaian dalam.

Baca Juga: Lemari Baju Penuh? Rapikan dengan 30 Days Closet Challenge!

Nah, itu dia Moms cara memilih, rekomendasi, hingga cara menata lemari baju bayi. Semoga membantu ya!

  • http://repettilab.psych.ucla.edu/no%20place%20like%20home.pdf
  • https://link.springer.com/article/10.1007/s12671-014-0360-9
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait